27-10-2025

 Senin, 27 Oktober 2025

   Matematika dan Bahasa Indonesia

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  Matematika dan Bahasa Indonesia

MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran   : Murid dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Metode pembelajaran : Demontrasi

Media Pembelajaran   : LCD

Pengurangan Pecahan Campuran

Pecahan campuran adalah gabungan antara bilangan bulat dan pecahan.

Cara1.

  • Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
  • Samakan penyebut jika perlu.
  • Lakukan pengurangan.
  • Ubah kembali menjadi pecahan campuran jika bisa
  • Pengurangan pecahan campuran dengan pecahan biasa.


  • Pengurangan Pecahan Campuran dengan pecahan campuran

  • Cara 2: Kelompokkan bilangan bulat dan pecahan

    1. Kelompokkan bilangan bulat dan pecahan: dari kedua pecahan campuran tersebut. 
    1. Kurangkan bilangan bulatnya . 
    1. Kurangkan pecahannya. Jika penyebutnya berbeda, samakan penyebutnya terlebih dahulu menggunakan KPK. 
    1. Gabungkan hasil pengurangan: bilangan bulat dan pecahannya. 
  1. Menghitung nilai bulat


Perhatikan.video.pembelajaran dibawah ini


Latihan

MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran   : Murid dapat memahami kalimat langsung dan tak langsung.

Metode pembelajaran : Demontrasi

Media Pembelajaran   : LCD 

    • Kalimat Langsung
      • DefinisiUcapan yang disampaikan langsung oleh pembicara tanpa perantara atau perubahan. 
    • Ciri-ciri:
      • Menggunakan tanda petik ("..."). 

    • Ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat kutipan.
    • Tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) digunakan di dalam tanda petik. 

    • Contoh"Saya akan pergi ke pasar sekarang," kata Ibu.
    Kalimat Tidak Langsung
    • DefinisiKalimat yang menyampaikan kembali ucapan orang lain secara tidak langsung, seperti melaporkannya. 
Ciri-ciri:
  •  Tidak menggunakan tanda petik. 
  • Menggunakan kata hubung seperti "bahwa", "agar", "supaya", dan lainnya.
  • Terjadi perubahan kata ganti orang (misalnya, 'saya' menjadi 'dia'). 
  • Intonasinya cenderung datar.

  • ContohIbu berkata bahwa beliau akan pergi ke pasar sekarang.
Tabel Perbandingan
Ciri
Kalimat Langsung
Kalimat Tidak Langsung
Tanda Baca
Menggunakan tanda petik ("...")
Tidak menggunakan tanda petik
Kata Hubung
Tidak ada
Menggunakan "bahwa", "agar", dll.
Perubahan Kata Ganti
Tidak ada
Terjadi perubahan kata ganti (misalnya, 'saya' menjadi 'dia')
Intonasi
Sesuai dengan ucapan asli

  1. Refleksi Pembelajaran Hari ini

  2. Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran namun masih ada beberapa murid yang masih belum memahami materi.Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini








Komentar

Postingan Populer