Materi Ajar Kelas VI F Hari Rabu 18 September 2019

Materi Hari Rabu
Menunjukkan Sikap Tanggung Jawab terhadap Hak dan Kewajiban

Hak adalah sesuatu yang diperoleh setiap orang sejak lahir.Sementara kewajiban adalah sesuatu yang dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab
Contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab.

.Memahami Pengertian Hak, Kewajiban dan Warga Negara


1.Pengertian Hak

Hak adalah segala sesuatu yang memang harus didapatkan (mutlak) oleh setiap manusia sejak ia diciptakan. Adapun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Hak adalah sesuatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh aturan, undang-undang, dan sebagainya), kekuasaan yang benar atas sesuatu/menuntut sesuatu, derajat atau martabat.

Hak menurut Prof. Dr. Notonagoro adalah kuasa untuk menerima atau melakuakan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan smata-mata (ansih) oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.

Pada umumnya, hak didapatkan dengan cara memperjuangkannya. Bagaimana memperjuangkannya ? Caranya adalah dengan melakukan pertanggungjawaban atas kewajiban.

Contoh dari pengakuan hak yaitu : hak mengemukakan pendapat, hak memperoleh pendidikan yang layak, hak beragama, hak untuk hidup, hak mengembangkan kebudayaan, hak mendapatkan nilai dari guru, hak tidak diperbudak, dan lain-lain.
.Pengertian Kewajiban

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan/dilaksanakan oleh masing-masing individu sehingga bisa mendapatkan haknya secara layak. Suatu kewajiban dapat dikatakan sebagai hutang yang harus dilunasi untuk memperoleh apa yang harus seseorang miliki.

Menurut Prof. Dr. Notonagoro, wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan semata-mata (ansih) oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepntingan.

Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Contohnya yaitu : mentaati peraturaturan lalu lintas, melaksanakan tata tertib di sekolah, membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan, sebagai pelajar harus rajin belajar, melaksanakan tugas yang diberikan bapak/ibu guru dengan sebaik-baiknya, dan masih banyak lagi.

Alasan kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab adalah 
1. Agar tidak ada yang di rugikan
2.Agar hak dan kewajiban kita tetap seimbang
3. Hidup menjadi lebih baik dan teratur
4. Dengan belajar sungguh-sungguh sehingga mendapat nilai bagus, kita juga dapat meraih cita-cita yang kita inginkan.

Tugas Siswa mendiskusikan  contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab yang ada pada buku Bupena halaman 198.

Materi SBdP
Memahami Interval Nada pada Tangga Nada Mayor
Dalam teori musikskala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.
Sebagai contoh, tangga nada C mayor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'

Ciri-ciri tangga nada mayorSunting

Ciri-cirinya adalah:
  • Bersifat riang gembira
  • Bersemangat
  • Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do
  • Mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½
Tangga nada dan Kunci Diatonik
Circle of fifths
molkres
mayorminormayorminor
0CaCa
1FdGe
2BgDb
3EcAf
4AfEc
5DbBg
6GeFd
7CaCa
                    huruf kecil adalah minor                      
angka menunjukkan jumlah mol atau kres pada tangga nada (F = 1 mol, f = 4 mol, dst)

Tugas : siswa menyanyikan lagu Apuse dan berdiskusi untuk menemukan nada nada yang berjarak 1, 1/2, 2, dan 1 1/2 pada lagu Apuse.

Komentar

Postingan Populer