PEMBAHASAN SAOL-SOAL TEMA 5
JUMAT, 24 November 2023
PEMBAHASAN SOAL-SOAL TEMA 5
Good morning my student....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi Latihan soal tema 5 subtema 3 Setelah membaca silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.
KompeKomoetrnsi Dasar |
Materi |
Stimulus/ Indikator soal |
||
Mata PePPKN |
||||
3.2 |
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari |
Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari |
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu |
|
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan
dampak positif dari kegiatan gotong royong |
||||
Disajikan sebuah pernyataan, siswa mampu |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
||||
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menentukan
perilaku yang tidak sesuai dengan butir Pancasila |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
||||
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
||||
Disajikan sebuah teks bacaan, siswa mampu |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
||||
Mata P BAHASA INDONESIA |
||||
3.1 |
ntukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis |
Ide pokok |
Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu |
|
Wawancara |
Disajikan dalam bentuk percakapan, siswa mampu |
|||
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu |
||||
Paragraf |
Disajikan sebuah paragraf, siswa mampu |
|||
Gambar seri |
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu mengemukakan
langkah-langkah dalam menyusun gambar seri |
|||
Ide pokok |
Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu |
|||
Paragraf |
Disajikan sebuah teks bacaan, siswa mampu |
|||
Paragraf |
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu |
|||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menentukan |
||||
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM |
||||
3.1 |
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia |
Alat gerak hewan dan fungsinya |
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu |
|
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa dapat membedakan
hewan berdasarkan jenisnya |
||||
Alat gerak manusia dan fungsinya |
Disajikan dalam bentuk pernyataan, |
|||
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan
ciri-ciri otot lurik |
||||
Alat gerak hewan dan fungsinya |
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu |
|||
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu |
||||
Alat gerak manusia dan fungsinya |
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu |
|||
Alat gerak hewan dan fungsinya |
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu |
|||
Cara memelihara organ |
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu |
|||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
|
||||
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
||||
3.2 |
Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekoniomi, sosial, budaya, |
Karakteristik geografis |
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu menganalisis
|
|
Disajikan sebuah, siswa mampu menelaah proses
penangkapan ikan yang baik |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu mengemukkan
|
||||
Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu menentukan
jenis dari kenampakan alam |
||||
Disajikan dalam bentuk deskrispi,siswa mampu menentukan
daerah terkenal penghasil kain ulos |
||||
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu
menentukan aktivitas ekonomi berdasarkan tempatnya |
||||
Disajikan dalam bentuk tabel, siswa mampu menentukan
jenis hewan berdasrkan pembagian wilayahnya |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menentukan
jenis pekerjaan berdasarkan temapatnya |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menyebutkan
kemaritiman negara Indonesia |
||||
Disajikan dalam bentuk deskrispi, siswa mampu menjelaskan
unsur-unsur yang menyebabkan perubahan cuaca |
||||
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA DAN PRAKARYA |
||||
3.1 |
Memahami gambar cerita |
Gambar ilustrasi |
Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa mampu merincikan
urutan ilustrasi dalam gambar cerita |
|
Disajikan sebuah deskripsi, siswa mampu mengungkapkan
desain cover yang sesuai pernyataan |
||||
Disajikan dalam bentuk pernyataan, siswa dapat menentukan
ciri-ciri dari komik |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
|
||||
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu mengemukankan
|
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu menjelaskan
arti dari cover |
||||
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu mengkategorikan |
||||
Disajikan dalam bentuk deskripsi, siswa mampu
menjelaskan |
||||
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu menentukan
jenis komik berdasarkan narasi |
||||
Disajikan dalam bentuk narasi, siswa mampu mengemukakan
tahapan-tahapan dalam pembuatan gambar ilustrasi |
a. Tiga Serangkai
b. Tri Koro Darmo
c. Budi Utomo
d. Jong Java
2. Pelajar dapat berperan dalam rangka menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan cara ….
a. ikut bergabung dalam organisasi masyarakat
b. tidak terlibat dalam aksi tawuran pelajar
c. mengikuti bimbingan belajar mandiri
d. berangkat sekolah tepat waktu
3. Peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah ....
a. Kongres Pemuda l
b. Kongres Pemuda II
c. Rapat Raksasa di Lapangan Ikada
d. Agresi Militer
4. Kami putra dan putri indonesia, menjunjung bahasa .... bahasa Indonesia. Bagian yang hilang dari teks bersejarah di atas adalah ....
a. daerah
b. nasional
c. persatuan
d. satu
5. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab ....
a. pemerintah
b. TNI dan Polri
c. tokoh agama
d. seluruh rakyat Indonesia
2. Hutan adalah salah satu kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon dan beragam binatang. Hutan biasanya berada di daerah pinggiran kota dan berhawa sejuk.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Hutan berhawa sejuk
b. Hutan adalah kawasan yang tumbuh alami, berisi ribuan jenis pohon, dan beragam binatang.
c. Hutan adalah kawasan yang alami.
d. Hutan berisi ribuan jenis pohon dan beragam tumbuhan.
3. Sebuah teks memiliki judul "Pengaruh Penebangan Liar terhadap Kehidupan Hewan". Jika dicermati dengan saksama, teks tersebut termasuk kategori ....
a. fabel
b. novel
c. anekdot
d. teks nonfiksi
4. Kerusakan ekosistem laut disebabkan oleh penangkapan ikan dengan bahan peledak. Informasi di atas dapat diketahui dengan kata tanya….
a. siapa
b. kapanc. di mana
d. mengapa
а. pikiran penjelas
b. pikiran pokok
c. tema
d. kalimat tanya
15. Perhatikan teks berikut ini!
Nelayan sudah mengetahui ikan mati sebenarnya sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap normal. Tapi hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, sehingga membuat resah. Apa lagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan berkurang keluh para nelayan.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
a. Semula nelayan masih menganggapnya wajar.
b. Jumlah ikan yang mati makin banyak dan warna kemerah-merahan bertambah luas.
c. Nelayan sudah mengetahui ikan mati sejak hari Kamis
d. Banyaknya ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
a. komunitas
b. simbiosis
c. ekosistem
d. populasi
2. Hubungan simbiosis parasitisme dapat kita lihat pada contoh ....
a. bunga dengan kupu-kupu
b. burung jalak dengan kerbau
c. ikan hiu dengan remora
d. bunga bangkai dengan tumbuhan inangnya
3. Padi - belalang - katak - ular
Pada rantai makanan di atas belalang berperan sebagai konsumen tingkat ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Perhatikan jenis makhluk hidup berikut
(1) Ular
(2) Bakteri
(3) Burung elang
(4) Tikus
(5) Padi
Bila membentuk suatu rantai makanan, maka urutan yang benar adalah ....
a. (5) - (4) - (1) - (3) -(2)
b. (5) - (4) - (3) - (2) - (1)
c. (5) - (3) - (4) - (2) - (1)
d. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
5. Hewan yang mati akan membusuk dan menjadi sumber makanan bagi bakteri, Contoh tersebut menunjukkan peran bakteri sebagai ….
a. konsumen
b. produsen
c. pengurai
d. kosumen
adalah ....
a properti
b. panah
c. rias
d. selendang
2. Keris merupakan properti yang digunakan untuk tarian dengan tema ....
a. peperangan
b. kesedihan
c. persahabatan
d. percintaan
3. Tarian di bawah ini yang menggunakan perlengkapan berupa payung dan selendang adalah tari ....
a. pulau pinang
b. serimpi
c. jathilan
d. legong
4.. Tarian yang berasal dari daerah Sumatra Barat adalah tari ....
a. cakalele
b. seudati
c. jaipong
d. piring
5. Tari yang menggunakan kendi sebagai alatnya adalah tari ....
a. jaipong
b. bondan
c. batik
d. serimpi
Komentar
Posting Komentar