TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 1 & 2
RABU, 15 November 2023
TEMA 5 SUBTEMA 2 Pembelajaran 1 & 2
Good morning my student....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi tema 5 subtema 2 Pembelajaran 1 & 2. Setelah membaca silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 2 : Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
Pembelajaran : 1 dan 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mencermati teks nonfiksi yang dibagikan pada blogger, peserta didik dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.
2. Melalui gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.
Bahasa Indonesia
Mengembangkan Ide Pokok
Menjadi Kalimat Utama
Setiap teks mempunyai gagasan dasar dalam pembuatannya. Gagasan dasar yang terkandung dalam teks disebut juga ide pokok. Ide pokok biasanya terdapat pada setiap paragraf dalam teks yang disajikan. Ide pokok berisi gagasan dasar mengenai suatu hal atau kejadian yang ingin disampaikan pembuat teks.ide pokok tersebut dijadikan dasar dalam pembuatan teks, termasuk pada teks non fiksi.
Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut:
1. Membaca teks non fiksi dengan saksama.
2. Menentukan ide pokok dari teks non fiksi.
3. Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri.
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama.
Ayo kita baca!
Setelah kalian membaca teks non fiksi di atas, sekarang kita dapat mengetahui kalimat utama dalam teks tersebut yaitu pada kalimat pertama:
“Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia”
Dari kalimat itu baru ide pokok dapat ditentukan yaitu:
“Belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”
untuk mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama, kalian bisa membuat sebuah kalimat baru yang berisi ide pokok. Pastikan kalimatmu berbeda dengan kalimat ada teks non fiksi yang asli. Misalnya:
“Belalang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”
Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.
Setiap mahluk hidup dalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing.
Secara umum terdapat tiga peran mahluk hidup dalam rantai
makanan, yaitu sebagai berikut:
1. Produsen
· Produsen adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya: rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.
· Produsen mampu mengubah energi dari energi cahaya matahari menjadi energi kimia.
2. Konsumen
· Konsumen adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari mahluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan.
· Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokan menjadi:
a. Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan (produsen). Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivora.Contoh: rusa, kelinci, belalang.
b. Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain (konsumen I). Konsumen II merupakan kelompok hewan karnivora atau omnivor. Contoh: katak, ular, tikus, dan ayam
c. Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada pemamgsanya.
Contohnya : singa , elang, harimau
3. Pengurai
Pengurai adalah mahluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh mahluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen.
Contoh pengurai : cacing tanah, jamur, dan bakteri
Untuk lebih memahami rantai makanan, perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini:
Gambar di atas menunjukan rantai makanan pada ekosistem sawah. Rantai makanan tersebut dimulai dari padi. Tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular di makan elang, dan elang mati tubuh elang akan diuraikan oleh pengurai seperti jamur untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan.
BAHAN AJAR SBDP
Tari Tradisional Caping Nganca
Tari Tradisional Caping Ngancak yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Seperti petani sebenarnya, para penari juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.
TARI ALANG BABEGA
Tari Alang Babega dari Minangkabau, Sumatera Barat, merupakan sebuah tarian khas daerah yang menggambarkan burung elang yang melayanglayang di udara. Burung
Elang ini mengepakkan sayapnya, mencari mangsa, kemudian menukik dan menyambar mangsa tersebut.
Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Nganca
TUGAS
1.Tari yang menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi disebut …
2. Mengapa dalam sebuah teks bacaan pembaca harus mengetahui pokok pikiran?
3. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?
4. Jelaskan mengenai rantai makanan berdasarkan gambar berikut!
5. Apa fungsi pengurai bagi tanah?
Komentar
Posting Komentar