TEMA 4 SUBTEMA 3 PB 3 & 4

 

Rabu, 01 November  2023


TEMA 4 SUBTEMA 3 PB 3 & 4


 
                                            MUATAN TEMATIK V.A
GURU KELAS : FITRI DARYANI,S.Pd

Good morning my student....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi tema 4 subtema 3 Pembelajaran 3 & 4. Setelah membaca silahkan  ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.

Pembelajaran 3 dan 4

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)

 

Tujuan Pembelajaran ;

1.   peserta didik dapat menjelaskan pantun yang disajikan secara lisan dan runtut

2.    peserta didik dapat menjelaskan pengertian gotong royong, unsur-unsur dan manfaaat gotong royong yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat.

3.   peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi social budaya yang dipengaruh oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

4.  Peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, social, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

 

Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)

Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasujenis pantun tua. Pantun tuadalah pantun yang berhubungan dengan orang tua. Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah, pantun tersebut berjenis pantun tua.

 

IPS (KD 3.2, 4.2)

       

Unsur unsur bergotonroyong:

a.    Usaha kegiatan kerja bersama-sama

b.    Berpartisipas sesuadengan kemampuan masingmasing

c.    Ikhlas tanpa pamrih

d.   Kerjasama yang bermanfaat bersama

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan oranlain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanykepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang seperti berikut:

a.    Bidang ekonomi: Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpadi pasar atau tempaperbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi. Semua produk jasa juga termasudalam interaksi ekonomiSecara umum, interaksi ekonomi ditandai dengaadanya hubungaantara duindividu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang.

b.    Bidang politik, Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan daanggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan danpertahanan. Kepentin gan ini, secarumum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara

c.    Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan in teraksdalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi. Kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilakubahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun darleluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akaikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadpengaruh bu daya yang satu ke budaya yang lain.

d.   Bidang moral; Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinaakan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu . Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah 

tersebut timbul untuk maju bersama dengan masyarakat di wilayah lain dalam membangun

 bangsa

Interaksi sosial adalah suatu hubungaantarsesama manusiayahg saling memengaruhi saatu sama lain baik dalam hubungaantaraindividu, antarkelompok, maupun antarindividu dakelompok.Proses interaksi sosial apabila terpenuhi dua syarat yatu: kontak sosial (kontalangsung) dan komunikasi

Interaksi antarwarga masyarakat dapat meningkatkan pembangunan di segala bidang. Dalam bidang budaya, masyarakat dapat mengenal budaya daerah yang satu dengan budaya daerayang lain sehingga memperkaya wawasan nusantara dan kebudayaan nasional. Dalam bidansosial, dengan interaksi masyarakat dapat memenuhi kodratnya sebagai makhluk sosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi hidupnyaDalam kegiatan ekonomi, masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan taraf hidupnysehingga tercapai kesejahteraan sosial

Interaksi antarwarga masyarakat terjadkarena beberapa faktor seperti berikut.

a.    Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah. Daerah dengakandungan sumber daya alam cukup tinggi ,akan dapat memproduksi barang -barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memilikkandungan sumber daya alam lebih rendah

b.    Perbedaan Kondisi Demografis (perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kependudukan, perbedaan tingkatpendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagakerjaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan). Daerah dengan kondisi demografis yang baik akacen-derung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mendoronpeningkatan investasi yang selanjutnya akan meningkatkan penyediaan lapangan kerjdan pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan.

c.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa. Apabila mobilitas tersebut kurang lancamaka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual kedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membu- tuhkannya. Akibatnya,ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggkarena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membu- tuhkannya sehingga daerah terbelakansulit mendorong proses pembangunanya.

d.   Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akacenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukubesar.

e.    Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah. Jika sistem pemerintahan yang dianut adalah otonomi atau federal, maka dana pemerintah akan lebih b anyak dialokasikake daerah sehingga ketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.

 

PKn (KD 3.2, 4.2)

Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yaknimelekat bersama kelahiran manusiaHak dan kewajibatersebuharus dilaksanakan sec ara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketiganymempunyai hubungan yang erat

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mendapatkan perlindungan hukum.

b.    Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c.    Menikmatlingkungan bersih.

d.   Hidup tenang dan damai.

e.    Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f.     Berpendapat dan berorganisasi.

g.    Mengembangkan kebudayaan daerah.

Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mematuhaturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

b.    Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

c.    Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT , RW, atau Desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti,

d.   gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.

e.    Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.

f.     Membantu tetangga yang terkena musibah.

g.    Menjaga kebersihalingkungan tempat tinggal.

Komentar

Postingan Populer