TEMA 5 SUBTEMA 3 Pembelajaran 3 & 4
RABU, 22 November 2023
TEMA 5 SUBTEMA 3 Pembelajaran 3 & 4
Good morning my student....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5 A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami isinya, shalat dhuha dan membaca Al Qur'an.HAri ini kita akan belajar materi tema 5 subtema 3 Pembelajaran 3 & 4, Setelah membaca silahkan ananda beri tanggapan dikolom komentar.Terima kasih.
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 3 : Keseimbangan Ekosistem
Pembelajaran : 3 dan 4
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS, dan PPKn
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan mencermati gambar kegiatan gotong royong dengan saksama, peserta diddik mampu menjelaskan hal-hal yang memengaruhi peristiwa serupa secara tepat.
2. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, peserta didik mampu menentukan pikiran utama dari setiap paragraf berikut kosakata barunya dan siswa mampu menyimpulkan hasil diskusi ke dalam bentuk peta pikiran secara tepat.
3. Dengan memahami manfaat kegiatan gotong royong yang merupakan salah satu bentuk pengaruh letak geografis terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat, peserta didik mampu mengolah informasi yang mereka dapatkan mengenai kegiatan sosial masyarakat budaya daerah di sekitar tempat tinggal mereka secara benar.
Pengaruh Letak Geografis Indonesia
terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat
Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua.Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia.Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia.Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik.Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam.Perhatikanlah gambar di bawah ini.
Pikiran Utama dan Informasi Penting
Kesimpulan
Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?
2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!
Masyarakat Bali yang Bersatu
Banyak bangsa mengagumi kehidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai.Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada.Setiap suku yang yang hidup di suatu daerah mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik.Belum lagi banyaknya bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut.Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia.Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?
Komentar
Posting Komentar