21-08-2024

 

Rabu, 20 Agustus 2024

P.5

IPAS




                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A


Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Alquran 

MATERI P5


MODUL
PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA


MAKANAN TRADISIONAL NUSANTARA”
Tema : Bhineka Tunggal Ika
Kelas 5 Fase C
SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG
TP. 2024/2025
Deskripsi Projek
Maraknya globalisasi dunia serta kecanggihan teknologi saat ini, membuka hampir semua aspek kehidupan di seluruh dunia. generasi saat ini cenderung lebih mengikuti tren yang ada, serta menirukan kebudayaan asing yang popular. Salah satu contohnya dapat dilihat pada kenyataan bahwa banyak masyarakat, termasuk anak-anak, lebih mengenal jenis makanan yang berasal dari negara lain seperti Korea atau Jepang dibandingkan dengan makanan tradisional khas Indonesia.
Untuk memperkenalkan makanan khas tradisional, projek ini diawali dengan tahap temukan yang ditujukan untuk memperkenalkan beberapa jenis-jenis makanan ringan/jajanan seperti kue tradisional. Selanjutnya, pada tahap bayangkan peserta didik akan diajak untuk membedakan antara makanan ringan kekinian dengan kue tradisional. 
Peserta didik juga akan diminta melakukan survei yang berkaitan dengan makanan ringan yang disukai oleh mereka untuk memperoleh gambaran keberagaman preferensi mereka. Setelah itu, pada tahap lakukan, peserta didik akan diminta untuk membuat kue tradisional sesuai dengan kreativitas kelompok agar dapat lebih mengenal setiap kue tradisional yang nantinya akan disajikan. Pada tahap bagikan, peserta didik melakukan pameran dengan  menyajikan kue tradisional yang telah dibuat dan mempopulerkannya melalui media sosial.
Mengapa projek ini relevan untuk satuan pendidikan?
Dengan adanya projek ini, diharapkan peserta didik dapat kembali mengingat, mengakui, dan menghargai keanekaragaman makanan tradisional Indonesia yang patut dibanggakan. Dengan kegiatan projek ini dapat membangun kerjasama antar warga satuan pendidikan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya pada makanan tradisional.Satuan pendidikan menjadi wadah yang memfasilitasi peserta didik mengenal lebih jauh mengenai budayanya

Contoh makanan tradisional 



Latihan Soal IPAS  Bunyi dan Sifatnya

Untuk Menambah wawasan adik adik berikut ini akan kami bagikan contoh soal tentang bunyi dan jawabannya.

1. Bunyi dapat didengarkan melalui indra pendengaran yaitu ….
a. telinga
b. lidah
c. mata
d. kulit

2. Hasil peristiwa getaran merupakan gelombang longitudinal yang merambat di dalam medium (perantara) padat, cair dan gas disebut ….
a. bunyi
b. nada
c. birama
d. getaran

3. Cepat rambatnya bunyi diudara dapat dipengaruhi oleh ….
a. suhu bunyi
b. letak sumber bunyi
c. massa udara
d. zat perantara

4. Bunyi berasal dari benda yang bergetar, jika makin kuat benda bergetar maka makin …. bunyi yang dihasilkan.
a. lemah
b. sama
c. kuat
d. kecil

5. Setiap bunyi mempunyai frekuensi masing masing tergantung pada …. yang dimiliki.
a. massa bunyi
b. zat perantara
c. sumber energi bunyi
d. mediumnya

6. Keras dan lemahnya bunyi tergantung pada ….
a. intensitasnya
b. indera pendengarannya
c. medium perantaranya
d. warna bunyinya

7. Berikut ini yang bukan termasuk jenis jenis bunyi berdasarkan frekwensinya adalah….
a. infrasonik
b. audiosonik
c. supersonik
d. ultrasonik

8. Besar frekuensi pada bunyi infrasonik adalah ….
a. kurang dari 20 hz
b. antara 20 hz sampai 20.000 hz
c. di atas 20.000 hz
d. di atas 200.000 hz

9. Hewan di bawah ini yang mampu mendengar bunyi infrasonik, kecuali….
a. kelelawar
b. jangkrik
c. angsa
d. gajah

10. Manusia hanya bisa mendengar bunyi yang getarannya antara 20 hz sampai 20.000 hz. Bunyi tersebut disebut bunyi….
a. infrasonik
b. supersonik
c. audiosonik
d. ultrasonik

11. Di bawah ini, hewan yang mampu mendengar bunyi ultrasonik, kecuali….
a. kelelawar
b. lumba lumba
c. sapi
d. anjing

12. Untuk mengukur kedalaman suatau daerah perairan dengan menggunakan bunyi pantul disebut teknologi….
a. sonar
b. geologi
c. geografi
d. astronomi

13. Bunyi merupakan getaran yang merambat melalui…
a. Ruang hampa
b. Cairan saja
c. Zat padat, cair, dan gas
d. Zat padat saja

14. Bunyi yang terlalu keras dapat merusak organ pendengaran. Alat yang membantu melindungi telinga dari bunyi keras disebut…
a. Mikroskop
b. Kamera
c. Teleskop
d. Telinga dalam

15. Suara yang dihasilkan oleh benda yang bergetar cepat memiliki frekuensi…
a. Rendah
b. Tinggi
c. Sedang
d. Tergantung ukuran

16. Suara yang merambat melalui udara, air, dan benda padat disebut…
a. Bunyi keras
b. Bunyi lemah
c. Gelombang bunyi
d. Bunyi rendah

17. Komponen di bawah ini yang bukan merupakan sifat dari bunyi adalah….
a. Frekuensi
b. Amplitudo
c. Panjang gelombang
d. Warna

18. Cahaya merambat dengan cepat, sedangkan suara merambat dengan…
a. Lebih cepat dari cahaya
b. Cepat seperti cahaya
c. Lebih lambat dari cahaya
d. Tergantung temperatur

19. Gelombang suara dapat dibiaskan oleh permukaan benda. Fenomena ini dikenal dengan nama…
a. Pantulan suara
b. Pembiasan suara
c. Refraksi suara
d. Perambatan suara

20. Ketika kita memukul benda keras, mengapa terkadang kita mendengar suara yang berbeda-beda?
a. Karena benda yang dipukul memiliki warna yang berbeda
b. Karena bentuk benda yang dipukul berbeda
c. Karena benda memiliki massa yang berbeda
d. Karena benda memiliki frekuensi yang berbeda

Komentar

Postingan Populer