28-8-2024

 

Selasa, 27 Agustus 2024


RABU, 28 Agustus 2024
P-5 dan IPAS


                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran.

Kegiatan P5

Snack Favoritku)

Dimensi : Kreatif

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu mengenal makanan khas daerah di Indonesia

Media Pembelajaran :

Snack

https://youtu.be/fTOyJFjx-n8

https://youtu.be/FWh0klZ oAh0


Kegiatan Pembuka 

Pertanyaan pemantik yang dapat diberikan untuk jenis makanan atau jajanan apa yang kamu sukai?” “adakah jenis makanan khas daerah yang kamu sukai? Apakah itu?”

Kegiatan Inti

Peserta didik menyimak video yang telah disediakan (referensi tautan terlampir)

Peserta didik dan guru berdiskusi tentang jenis-jenis makanan yang mereka ketahui (makanan kekinian ataupun makanan khas daerah).

Peserta didik menuliskan salah satu makanan khas daerah yang disukai pada stickey notes (kertas kecil) beserta asal daerah makanan tersebut. Catatan tersebut kemudian dapat ditempelkan pada tempat yang telah disediakan agar dapat dilihat secara seksama oleh semua peserta didik.

Kegiatan Penutup

Peserta didik menyebutkan kembali beberapa jenis makanan khas daerah yang telah ditulis dan menggambar atau menuliskannya pada lembar kerja yang terdapat pada halaman selanjutnya.


Materi IPA

Pembahasan SOAL tentang Energi Bunyi, Sumber Energi Bunyi dan Sifat-sifat Bunyi

Latihan soal

Berilah tanda silang pasada jawaban yang benar !

1.Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....

a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi

2.. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
3. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat

4. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa

5. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi 
 
Isilah titik-titik di bawah ini
6. Jelaskam  yang dimaksud dengan Gaung !
7.Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah …
8.Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi 
9.Jelaskan yang maksud dengan Gema !

10. Jumlah getaran Bunyi Audio sonik adalah .

SELAMAT BELAJAR

Refleksi atau kesimpulan Pembelajaran P-5 hari ini 
 Sebagian besar peserta didik dapat mengenal makanan khas Indonesia dan modern dalam bentuk mading dan kliping.
Ucapkan Alhamdulillah untuk Pembelajaran IPAS sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal tentang gelombang  dan bunyi.
Dokumentasi Kegiatan hari ini.
















Komentar

Postingan Populer