13-02-2025

    Kamis, 13 Februari 2025

  Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat selanjutnya kita akan  melanjutkan  mapel  Bahasa Indonesia materi pengumuman, dan MTK materi menghitung sudut

Mapel : B. Indonesia 

Tujuan pembelajaran : menjelaskan bagian-bagian teks pengumuman dan instruksi di dalamnya. 

Media pembelajaran :  gambar pengumuman, ppt, buku cetak B. Indonesia 

Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok 

A. Memahami Instruksi Pengumuman 

Pengumuman merupakan alat yang digunakan untuk memberikan informasi kepada orang lain pengumuman biasanya berisi tentang instruksi agar orang lain melakukan suatu tindakan

Satu instruksi dari pengumuman resmi pengumuman berfungsi sebagai pemberitahuan informasi kepada orang banyak informasi berisi kejadian yang sudah terjadi atau akan terjadi pengumuman dapat dibuat resmi atau tidak resmi pengumuman resmi biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau instansi bagian-bagian pengumuman resmi adalah sebagai berikut 

1 kepala surat berisi kop surat tulisan pengumuman dan nomor pengumuman 

2. badan surat berisi pembuka isi penutup pengumuman

3 kaki surat berisi tanggal nama dan jabatan .

Dalam pengumuman juga dapat terdapat lampiran biasanya berisi informasi tambahan juga denah lokasi denah terdiri atas gambar & tulisan dengan lokasi bermanfaat untuk menunjukkan suatu lokasi atau tempat

  • Gambar peta kota Tua Jakarta 

  • Tugas : peserta didik dapat menemukan instruksi dari pengumuman 
  • .

  • MATEMATIKA 🍄
    Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaiakan soal-soal yang berhubungan dengan  menghitung sudut.
    Media Pembelajaran    : LCD
    Metode Pembelajaran  : Tanya Jawab (tertulis) 
     
      LATIHAN SOAL - SOAL 

    Nama sudut berikut ini adalah ....
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1
    a. sudut OA
    b. sudut OB
    c. sudut AOB
    d. sudut ABO

    2. Titik sudut dari ABC adalah titik ….
    a. A
    b. B
    c. C
    d. A dan C

    3. 

    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2
    Kaki sudut-kaki sudut dari QRS adalah ....
    a. QR dan QS
    b. RQ dan QS
    c. QS dan RS
    d. RQ dan RS

    4. Besar sudut setengah putaran adalah ....
    a. 0⁰
    b. 90⁰
    c. 180° 
    d. 360°

    5. Salah satu sudut dari bangun persegi besarnya ….
    a. 30⁰
    b. 45⁰
    c. 60⁰
    d. 90⁰

    6. Segitiga yang besar salah satu sudutnya ∠ PQR = 128°, maka PQR termasuk jenis segitiga ....
    a. lancip
    b. tumpul
    c. sembarang
    d. siku-siku

    7. Besar sudut yang dibentuk oleh dua jam yang menunjukkan pukul 3 adalah ....
    a. 40°
    b. 60°
    c. 90°
    d. 180°

    8. Jika ∠ KLM merupakan sudut siku-siku, maka ....
    a. ∠ KLM lebih dari 90°
    b. ∠ KLM sama dengan 90°
    c. ∠ KLM kurang dari 90°
    d. ∠ KLM sama dengan 180°

    9. Jenis sudut PQR pada gambar di bawah adalah sudut ....
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 3
    a. tumpul
    b. lancip
    c. siku-siku
    d. sembarang

    10.
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 4
    Jika diketahui sudut KLN = 48°, maka besar sudut NLM adalah ....
    a. 60°
    b. 90°
    c. 42°
    d. 52°

    11. Bangun yang memiliki dua diagonal sama panjang dan dua pasang sudut yang berbeda adalah ....
    a. persegi
    b. peregi panjang
    c. Jajar genjang
    d. trapesium

    12. Salah satu sifat bangun jajargenjang yang dimiliki persegi panjang adalah .... 
    a. mempunyai sisi berhadapan yang sama panjang dan sejajar
    b. besar sudutnya 90°
    c. sudut-sudut yang berhadapan tidak sama besar 
    d. mempunyai sepasang sisi yang tidak sama panjang 

    13. 
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 5
    Sudut tumpul pada gambar di atas adalah ….
    a. ∠ SPQ
    b. ∠ QRS
    c. ∠ PSR
    d. ∠ PQR

    14. Jajargenjang bila kedua sisi miringnya dihimpitkan dengan sisi miring segitiga siku-siku akan membentuk bangun ....
    a. segitiga sama kaki
    b. persegi panjang
    c. trapesium
    d. layang-layang

    15. Masing-masing sudut pada segitiga sama kaki berupa sudut ....
    a. lancip
    b. tumpul
    c. siku-siku
    d. lurus

    16. Besar ketiga sudut pada bangun segitiga adalah ....
    a. 90°
    b. 180°
    c. 270°
    d. 360°

    17. Ciri-ciri bangun segitiga sama kaki adalah ....
    a. kedua sisinya sama panjang dan memiliki 3 sudut lancip
    b. ketiga sisinya sama panjang dan memiliki 3 sudut tumpul
    c. memiliki 3 sisi, satu sudut siku-siku, dan 2 sudut lancip
    d. memiliki 3 sisi, satu sudut tumpul, dan 2 sudut lancip

    18. 
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 6
    Kedua bangun di atas bila dihimpitkan menjadi satu akan membentuk bangun ….
    a. trapesium
    b. belah ketupat
    c. jajargenjang
    d. layang-layang

    19. Layang-layang yang semua diagonalnya merupakan sumbu simetri disebut ….
    a. persegi
    b. persegi Panjang
    c. belah ketupat
    d. trapesium

    20. Jika A = (segitiga sama sisi) dan B = {segitiga sama kaki), maka pernyataan berikut yang benar adalah ....
    a. A ∈ B
    b. A = B
    c. A ⊂ B
    d. B ≠ A

    21. Ciri-ciri jajargenjang yang tidak dimiliki belah ketupat adalah ....
    a. Merupakan bangun segi empat.
    b. Sisi-sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
    c. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
    d. Tidak memiliki sumbu simetri.

    22. Persegi panjang adalah jajargenjang yang salah satu sudutnya ....
    a. siku-siku
    b. tumpul
    c. lancip
    d. lurus

    23. Belah ketupat adalah jajargenjang dengan sisi-sisi ....
    a. berurutan tidak sama panjang
    b. berurutan sama panjang dan sudutnya
    c. berurutan sama sudutnya
    d. berurutan sama panjang

    24. Jumlah sudut pada segitiga sama kaki adalah ....
    a. 90 derajat
    b. 180 derajat
    c. 360 derajat
    d. 270 derajat

    25. Perhatikan gambar berikut ini!
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 7
    Banyak sudut yang terdapat dalam gambar tersebut adalah ....
    a. empat
    b. enam
    c. delapan
    d. sepuluh

    26. Berikut ini bukan merupakan sifat dari persegi panjang yang dimiliki persegi adalah ....
    a. mempunyai 4 buah sudut siku-siku
    b. mempunyai 4 sudut yang sama besar
    c. mempunyai 2 diagonal yang berpotongan di satu titik
    d. mempunyai 4 sisi yang ukurannya sama panjang

    27. Perhatikan gambar berikut!
    Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 8
    Jika sudut P = 65°, maka besar sudut R adalah ….
    a. 40°
    b. 50°
    c. 60°
    d. 65°

    28. Trapesium memiliki jumlah sudut yang berdekatan di antara dua garis sejajar yang besarnya ….
    a. 60°
    b. 90°
    c. 180°
    d. 360°

    29. Perhatikan sifat-sifat bangun di bawah!
    (1) Mempunyai 4 titik sudut.
    (2) Mempunyal 2 pasang sisi sama panjang.
    (3) Mempunyai 2 pasang sudut yang berhadapan sama besarnya.
    (4) Mempunyal 4 buah sisi.
    Sifat yang dimiliki oleh bangun layang-layang dan belah ketupat ditunjukan nomor ....
    a. (1) dan (3)
    b. (2), (3) dan (4)
    c. (1), (2) dan (3)
    d. (1), (3) dan (4)

    30. Bangun datar yang mempunyal empat simetri lipat adalah....
    a. persegi
    b. persegi panjang
    c. belah ketupat
    d. jajargenjang

    Mapel : Seni Rupa 

    Tujuan pembelajaran : peserta didik mempraktikan tehnik menggambar tumbuhan  cara kreatif 

    Media pembelajaran : gambar bunga 🌺🌻🌹🌷

    Metode pembelajaran : praktek tehnik menggambar bunga 

    Mengenal objek gambar tumbuhan 

    Tumbuhan merupakan jenis makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manfaat yang paling mendasar adalah sebagai penyedia oksigen untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. 


    Setiap bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi dan manfaat bagi kehidupan diantaranya untuk sumber bahan makanan bahan baku industri kesehatan dan sebagainya dalam bidang seni rupa tumbuhan menjadi salah satu objek yang sering dijadikan inspirasi dalam membuat karya bagian-bagian tumbuhan dapat dijadikan sebagai objek gambar misalnya bagian daun kelopak bunga dan buahnya bagian-bagian tumbuhan ini dapat digambar secara terpisah ataupun digabung menjadi satu rangkaian sebelum menggambar tumbuhan ada baiknya kita mengenal bagian-bagian tumbuhan tersebut bagian-bagian tumbuhan terdiri dari akar daun batang bunga dan buah. 

    1.Akar

    Akar merupakan bagian tumbuhan yang umumnya terdapat pada bagian bawah tumbuhan Bagian ini biasanya terkubur di dalam tanah atau media tanam lainnya akar tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua akar tunggang dan akar serabut beberapa fungsi akar pada tanaman yaitu menyerap air dan mineral dari tanah dan meneruskannya ke Batang sebagai penopang Agar tanaman dapat diberi kokoh menyimpan cadangan makanan seperti pada tumbuhan kentang wortel juga sebagai media pernapasan respirasi pada akar jenis tertentu contohnya pada tumbuhan bakau. 


    2. Daun 

    daun merupakan bagian tumbuhan yang merupakan peranan penting dan berwarna hijau biasanya mengandung zat klorofil yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis beberapa fungsi daun bagi tumbuhan yaitu sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis alat pernapasan tumbuhan dan tempat terjadinya penguapan daun juga dapat digunakan sebagai alat perkembangbiakan vegetatif


    3 Batang 

    Batang pada tanaman merupakan tempat tumbuhnya ranting batang memiliki fungsi yaitu sebagai alat transportasi yang Mengangkut air dan mineral dari akar menuju daun menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh dan tempat penyimpanan cadangan makanan juga sebagai penyokong bagi daun bunga dan buah untuk tumbuh beberapa jenis batang tanaman memiliki kambium kambium dalam batang berperan dalam proses pertumbuhan tanaman

    4. Bunga

    Tidak semua jenis tumbuhan memiliki bunga bunga merupakan tempat terjadinya perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan bunga memiliki bentuk yang sangat variatif dan berwarna-warni memberikan daya tarik yang menarik perhatian kupu-kupu dan serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan beberapa fungsi bunga diantaranya yaitu sebagai tempat terjadinya penyerbukan alat perkembangbiakan tumbuhan penghasil biji dan perhiasan yang membuat tumbuhan menjadi indah


    5. Buah 

    Buah merupakan cadangan makanan yang dihasilkan oleh sebuah tanaman yang dapat dinikmati oleh makhluk hidup lain fungsi buah yaitu untuk melindungi biji membantu dalam penyebaran biji-bijian sebagai penyedia cadangan makanan ketika melakukan perkecambahan dan sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia


    Tugas : siswa membuat tehnik menggambar tumbuhan bunga

    Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini 

    WAALAIKUMSALAM Alhamdulillah Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat memahami bagian bagian teks pengumuman  dan dapat menyelesaikan soal soal tentang sudut  benar, serta  mempraktekkan membuat gambar  bagian bagian  tumbuhan(bunga,buah.pohon) 

    Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini 












    Komentar

    Postingan Populer