06-02-2025

  Kamis, 06 Februari 2025

  Bahasa Indonesia, Matematika, dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas V A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat selanjutnya kita akan  melanjutkan pembelajaran Bahasa Indonesia, SUMATIF 1.

Kisi-Kisi SUMATIF 1 Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran  (CP):

  1. Menyimak : Peserta didik mampu menganalisis informasi fakta dan urutan proses kejadian dari teks tersebut
  2. Membaca dan Memirsa : Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf, memahami informasi dan kosakata baru bermakna denotatif untuk mengidentifikasi fenomena. Mengidentifikasi ide pokok dari teks/audiovisual 

Tujuan pembelajaran :

  1. Menjelaskan kembali ide pokok dan ide pendukung teks yang dibacakan. eksplanasi.
  2. Menjelaskan makna kosa kata baru pada teks eksplanasi .
  3. Membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya.
  4. Menyimpulkan informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi.

Media pembelajaran    : LCD

Metode pembelajaran  : tanya jawab dan tes tertulis

MATEMATIKA 
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Media Pembelajaran     : Busur
Modek Pembelajaran    : Demontrasi  

Sudut:

  • Pengertian Sudut: Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis lurus yang bertemu pada satu titik (titik sudut).
  • Unsur-unsur Sudut:
    • Kaki sudut: Dua garis lurus yang membentuk sudut.
    • Titik sudut: Titik pertemuan kedua kaki sudut.
  • Jenis-jenis Sudut:
    • Sudut lancip: Sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat.
    • Sudut siku-siku: Sudut yang besarnya tepat 90 derajat.
    • Sudut tumpul: Sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat dan kurang dari 180 derajat.
    • Sudut lurus: Sudut yang besarnya tepat 180 derajat.  

Sudut Lancip

Sudut lancip adalah sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat. Contohnya seperti sudut pada ujung pensil yang diraut.

Sudut Siku-siku

Sudut siku-siku adalah sudut yang besarnya tepat 90 derajat. Contohnya seperti sudut pada pojok buku atau bingkai foto.

Sudut Tumpul

Sudut tumpul adalah sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat, namun kurang dari 180 derajat. Contohnya seperti sudut pada kursi malas yang sandarannya direbahkan.

Sudut Lurus

Sudut lurus adalah sudut yang besarnya tepat 180 derajat. Contohnya seperti sudut pada garis lurus.

Sudut Refleks

Sudut refleks adalah sudut yang besarnya lebih dari 180 derajat, namun kurang dari 360 derajat. Untuk membayangkannya, sudut ini seperti sudut pada jam yang menunjukkan pukul 7 malam

Contoh gambar sudut siku-siku.

Sudut Lurus: Sudut yang besarnya tepat 180 derajat.

Gambar Sudut Lurus

Gambar Sudut Sikusiku 

Latihan soal 

1. Nama sudut berikut ini adalah ....

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 1
a. sudut OA
b. sudut OB
c. sudut AOB
d. sudut ABO

2. Titik sudut dari ABC adalah titik ….
a. A
b. B
c. C
d. A dan C

3. 

Contoh Soal PTS/STS Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka Gambar 2
Kaki sudut-kaki sudut dari QRS adalah ....
a. QR dan QS
b. RQ dan QS
c. QS dan RS
d. RQ dan RS

4. Besar sudut setengah putaran adalah ....
a. 0⁰
b. 90⁰
c. 180° 
d. 360°

5. Salah satu sudut dari bangun persegi besarnya ….
a. 30⁰
b. 45⁰
c. 60⁰
d. 90⁰

MAPEL SENI RUPA


Tujuan Pembelajara :peserta didik dapat menjelaskan prinsip proposi, peserta didik dapat  menjelaskan pengertian gambar tumbuhan 

 Media pembelajaran : Buku cetak seni rupa, ppt dan gambar bunga 

 Metode pembelajaran : ceramah, praktek langsung membuat gambar bunga 

 Memahami prinsip proporsi Apa yang kamu ketahui tentang prinsip koperasi Bagaimana penerapannya dalam karya seni rupa khususnya dalam menggambar seni rupa memiliki sembilan prinsip yang terdiri dari kesatuan keseimbangan Irama komposisi proporsi keselarasan gradasi kontras dan penekanan nah kali ini kita akan membahas prinsip proporsi dalam menggambar. 

1. Pengertian proporsi istilah proporsi seringkali digunakn dalam kehidupan sehari-hari dan sangat akrab di telinga kita kata proporsi mengandung arti seimbang atau keseimbangan.

menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI properti memiliki tiga pengertian yaitu perbandingan bagian dan perimbangan.

 Di dalam seni rupa proporsi adalah hubungan antar bagian dari suatu benda atau hubungan antara satu bagian dengan benda secara keseluruhan sebuah karya seni sangat membutuhkan proporsi agar karya itu memiliki nilai estetika yang tinggi dan kesan yang seimbang. Hal ini karena setiap hal yang mengandung proporsi berarti akan memiliki keseimbangan yang ideal (pantas) dan sesuai diantara setiap unsurnya.

 Prinsip ini juga lebih menekankan pada variasi atau keragaman ukuran unsur yang satu dengan lainnya dalam satu kesatuan yang utuh 

  2 . Proporsi dalam menggambar setiap proporsi dalam menggambar merupakan perbandingan harmonis dan ideal antara objek gambar.

Pada prinsipnya sebagai upaya pengaturan objek gambar yang berhubungan dengan ukuran antar bagian proporsi berhubungan dengan panjang lebar tinggi luas dan ukuran bidang gambar kertas atau kanvas proporsi digunakan untuk mempertimbangkan perbandingan bidang gambar dengan objek


 
  •  dengan menerapkan prinsip proporsi ini objek gambar yang satu dengan yang lain akan tampak wajar jika suatu gambar tidak memiliki proporsi maka gambar itu akan jadi kurang seimbang baik dan pewarnaan maupun bentuknya misalnya gambar cangkir dengan gambar poci tentu lebih besar kuacinya dan akan tampak tidak wajar jika cangkir digambar besar daripada poci Selain itu melukis wajah manusia juga merupakan salah satu contoh penerapan proporsi dalam seni rupa karena ketika melukis wajah ukuran antara alis mata hidung serta mulut harus seimbang. 
  • Tugas : Siswa membuat gambar tumbuhan sesuai proporsinya.
  • Refleksi kegiatan pembelajaran hari inii Alhamdulillah peserta didik sebagian besar dapat mengerjakan soal sematif 1 bahasa Indonesia dan dapat menyelesaikan  soal-soal matematika tentang materi sudut dan menggambar proporsional tema tumbuhan . 
  • Dokumentasi kegiatan hari ini









  • Komentar

    Postingan Populer