18-2-2025

 Selasa, 18 Februari 2025

  MATEMATIKA,Pend.PANCASILA  dan IPAS

 


Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat selanjutnya kita akan  melanjutkan materi Matematika mengukur dan menghitung sudut

MATEMATIKA🌼

  •  Materi sudut

  • Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat mengukur dan menghitung besar sudut

  • Media Pembelajaran PPT

     

    Metode Pembelajaran : Demonstrasi dan latihan soal

    Pengertian Sudut

    Sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua garis lurus yang bertemu pada satu titik. Titik pertemuan dua garis lurus disebut titik sudut. 

     Bagian-bagian sudut: kaki sudut, titik sudut, dan daerah sudut atau besar sudut.

    Lalu, apa yang dimaksud titik sudut? 

    • Titik sudut adalah perpotongan antara dua kaki sudut.gambar sudut

    Kalau pada gambar segitiga AOB di atas, bisa kita definisikan bahwa titik sudut adalah O, yaitu pertemuan antara garis OA dan OB.

    • Kaki sudut adalah garis atau ruas yang membentuk sudut.

    Pada gambar segitiga ABC di atas, kaki sudutnya adalah garis AB dan BC.

    Jenis-Jenis Sudut

    • Sudut Lancip: Sudut yang besarnya kurang dari 90 derajat.
    • Sudut Siku-siku: Sudut yang besarnya tepat 90 derajat.
    • Sudut Tumpul: Sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat dan kurang dari 180 derajat.
    • Sudut Lurus: Sudut yang besarnya tepat 180 derajat. 
     
    👉 Mengukur Sudut

    Besar sudut diukur dengan menggunakan busur derajat. Cara mengukur sudut adalah sebagai berikut:

  • Letakkan titik pusat busur derajat pada titik sudut yang akan diukur.
  • Impitkan salah satu kaki sudut dengan garis 0 derajat pada busur derajat.
  • Lihatlah angka pada busur derajat yang bertepatan dengan kaki sudut yang lain. Angka tersebut menunjukkan besar sudut yang diukur.

💗Melalui materi ini kita belajar tentang cara menentukan besar sudut pada jarum jam, menentukan bilangan terbesar dan bilangan terkecil, dan menghitung perbandingan.

👉Cara

 1.Menentukan Sudut pada Jarum Jam

Satu putaran memiliki sudut 360 derajat

Pada jam, terdapat 12 angka yang bisa menjadi ruas untuk petunjuk menghitung sudut.

Untuk mengetahui besar derajat di setiap ruasnya, maka kita bisa membagi 360 : 12 = 30 derajat.

Jadi, besar derajat setiap ruas pada jam adalah 30 derajat.atau 1 jam nilainya sama demgan 30 derajat

Coba perhatikan contoh soal berikut:

  1. Besar sudut terkecil pada pukul 16.00 adalah?

👉Penyelesaiannya, pukul 16.00 artinya posisi jarum panjang ada di angka 12 dan jarum pendek ada di angka 4. Artinya ada empat ruas dari angka 12 hingga angka 4.

Maka, besar sudutnya adalah 4 x 30 derajat = 120 derajat.

👉 Cara 2.

Untuk menghitung sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam, kita dapat menggunakan rumus:

Sudut terkecil = |30H - 5.5M|

di mana:

  • H adalah angka jam
  • M adalah angka menit

Contoh:

  1. Pada pukul 10.10, sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam adalah:
Sudut terkecil = |30(10) - 5.5(10)| = |300 - 55| = 245 derajat

"Karena sudut terkecil tidak boleh lebih dari 180 derajat, maka sudut terkecilnya adalah:

360 - 245 = 115 derajat
 2.Pada pukul 14.30, sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam adalah:
sudut terkecil = |30(14) - 5.5(30)|
               = |420 - 165|
               = |255|
               = 255 derajat

"Karena sudut terkecil tidak boleh lebih dari 180 derajat, maka kita perlu mencari sudut yang lebih kecil dari 255 derajat dan memiliki selisih 360 derajat dengan 255 derajat.

360 - 255 = 105 derajat

Jadi, sudut terkecil yang dibentuk oleh kedua jarum jam pada pukul 14.30 adalah 105 derajat.

Latihan  Soal

  1. Sudut terkecil yang terbentuk pada pukul 09.00 adalah ...
  2. Tentukan besar sudut terkecil  yang dibentuk pada pukul 04.30
  3. Tentukan besar sudut terkecil  yang dibentuk pada pukul 12.30
  4. Gambar 3 buah sudut yang kamu ketahui dan tuliskan besar sudutnya 
  5. Tentukan jenis sudut berikut:  

     a. 45°   

     b. 120°

Mapel : Pendidikan Pancasila 

Tujuan pembelajaran : mengenal karakteristik tempat tinggal yang merupakan bagian dari Kabupaten /kota dan menerapkan praktik gotong royong sekitar 
Media pembelajaran : buku cetak pendidikan Pancasila, video kampanye 
Metode pembelajaran : diskusi menentukan bentuk kampanye 

Kampanye kotaku bersih 
Pada kegiatan ini kalian akan melakukan kampanye kotaku bersih di luar kelas dipimpin oleh Bapak Ibu Guru kampanye ini ditujukan kepada teman-teman lain di sekolah agar menjaga kebersihan di manapun berada dengan membiasakan diri dari gaya hidup sehat dan tidak membuang sampah sembarangan kalian dapat menghargai lingkungan kota atau Kabupaten kalian sebelum melakukan kampanye tersebut secara berkelompok kalian akan merancang untuk menentukan bentuk kampanye yang akan dilakukan baik menggunakan media poster menyampaikan secara lisan puisi yel-yel ataupun yang lainnya. 

Jika  kalian sudah menentukan produk yang akan dibuat secara berkelompok sekarang saja kalian melakukan kampanye tersebut dilakukan sekolah kalian selamat berkampanye

Tugas : peserta didik berdiskusi menentukan bentuk kampanye masing² kelompok. 

Mapel : Ipas 
Tujuan pembelajaran :peserta didik dapat melestarikan warisan dan keragaman budaya 
Media pembelajaran : ppt, buku cetak ipas 
Metode pembelajaran : ceramah, tanya jawab 

C. Melestarikan warisan dan keragaman budaya 
Warisan budaya nenek moyang lama-kelamaan akan rusak warisan budaya bahkan dapat hilang tidak tersisa Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian warisan budaya supaya dapat diturunkan kepada anak cucu nanti Bagaimana cara melestarikan berikut akan kita pelajari cara menjelaskan warisan dan keragaman budaya. 
1. Pemugaran situs sejarah 
Pemugaran situs sejarah pada zaman dahulu banyak berdiri kerajaan di wilayah Indonesia banyak peninggalan dari kerajaan-kerajaan tersebut salah satunya yang terkenal adalah candi Prambanan Candi Prambanan bercorak Hindu Prambanan merupakan bagian percandian yang mendapat predikat warisan budaya dunia setelah ditemukan Candi Prambanan dipugar sebab banyak Arca dan batu yang hilang pemugaran ini dilakukan supaya Candi dapat berdiri kokoh tidak rusak Selain itu supaya arca-arca di dalamnya tidak hilang. 


2. Mempelajari budaya setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda sebagai generasi muda kita harus mempelajari budaya tersebut supaya di kemudian hari budaya tersebut dapat dinikmati generasi selanjutnya contohnya mempelajari Ludruk merupakan kesenian teater rakyat Jawa Timur kesenian ludruk Mulai punah tergantikanlah oleh hiburan di media sosial Oleh karena itu dengan mempelajari kesenian untuk tidak akan punah
3. Menggunakan produk lokal
Cara menjaga kebudayaan selanjutnya dalam menggunakan produk lokal menggunakan produk lokal seperti batik merupakan cara memperkenalkan budaya kita Selain itu menjadi ajang promosi produk-produk lokal bahkan membuka peluang ekspor produk-produk lokal ke luar negeri dengan ciri khas yang dimiliki produk lokal akan laku di pasar luar negeri. 


Cara-cara Melestarikan Budaya Daerah
Cara-cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya daerah sekitar kita, diantaranya:

    1. Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. Contohnya dengan mempelajari tarian dan juga alat musik daerah sekitarmu.
    2. Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.
    3. Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga.
   4. Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar

Cara Menghargai Keberagaman Budaya Daerah
Banyaknya budaya yang kita miliki tidak hanya cukup untuk dilestarikan, namun budaya daerah juga perlu kita hargai. Beberapa cara untuk menghargai keberagaman budaya di sekitar kita adalah:

Tidak menjelek-jelekan atau menghina suku dan ras bangsa lain .
Menghormati adat istiadat daerah lain.
Senantiasa untuk mau mengenal adat istiadat dari berbagai budaya suku yang ada di Indonesia 

Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat memahami cara menghitung besar sudut pada jarum jam dan dapat mengenal karakteristik tempat tinggal yang merupakan bagian dari Kabupaten /kota dan menerapkan praktik gotong royong sekitar serta  memahami  cara melestarikan warisan dan keragaman budaya  di Indonesia

Dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini







Komentar

Postingan Populer