30-1-2025

 Kamis, 30 Januari  2025

 Bahasa Indonesia,Matematika dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas V A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

 Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi pembelajaran kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat selanjut nya,  kita akan masuk pembelajaran bahasa Indonesia menuliskan  teks eksplanasi dengan proses riset

Mapel bahasa Indonesia 

Tujuan pembelajaran : Menuliskan sebuah teks Ekplanasi yang baik dengan proses riset 

Media pembelajaran : ppt, cerita teks Ekplanasi, buku B. Indonesia 

Metode pembelajaran : diskusi kelompok dan tugas mandiri 

D. Menulis Teks Eksplanasi 

Teks eksplanasi memuat dan menjelaskan rangkaian fenomena yang terjadi fenomena tersebut disajikan dalam bentuk paragraf 

1 memahami contoh penulisan teks eksplanasi di bawah ini disajikan contoh teks eksplanasi baca dan pahami isinya Untuk menambah pemahamanmu. 


 Proses Terjadinya Hujan

Pernyataan Umum

Hujan adalah bagian penting dari siklus air dan memiliki peranan besar dalam mendukung kehidupan di bumi.

Deretan Penjelasan

Proses terjadinya hujan dimulai dengan penguapan air dari permukaan bumi, seperti lautan, sungai, dan danau. Air yang menguap ini menjadi uap air yang ringan dan naik ke atmosfer.

Setelah uap air naik ke atmosfer, ia akan mengalami proses kondensasi. Pada ketinggian tertentu, suhu udara menjadi cukup dingin sehingga uap air berubah menjadi tetesan-tetesan kecil air yang membentuk awan. Awan terdiri dari jutaan tetesan air yang sangat kecil, dan karena adanya gerakan udara yang terus-menerus, tetesan-tetesan ini bergabung dan membesar.

Ketika tetesan air dalam awan menjadi cukup berat, mereka tidak lagi dapat ditahan oleh aliran udara di sekitar awan. Akibatnya, tetesan-tetesan ini jatuh ke bumi sebagai hujan. Selain hujan, bentuk presipitasi lainnya seperti salju atau hujan es juga bisa terjadi tergantung pada suhu atmosfer saat itu.

Penutup

Setelah hujan turun, air yang jatuh akan mengalir kembali ke sungai, danau, dan lautan. Proses ini melengkapi siklus air dan memulai kembali proses penguapan. Dengan cara ini, hujan berfungsi untuk mendistribusikan air di seluruh bumi dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Latihan 


MATEMATIKA 🍄

Luas Trapesium: Konsep Dasar

Tujuan Pembelajaran :Siswa dapat menjelaskan dan membuktikan rumus luas trapesium, serta menerapkannya dalam berbagai soal.

Media Pembelajaran : PPT 

Metode pembelajaran : Demonstrasi 

Trapesium adalah bangun datar segi empat yang memiliki sepasang sisi sejajar, namun tidak sama panjang. Bayangkan bentuk meja yang memiliki satu sisi lebih panjang dari sisi di seberangnya.

Luas trapesium adalah ukuran daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi trapesium. Untuk menghitungnya, kita membutuhkan beberapa informasi, yaitu:

  • Sisi sejajar: Dua sisi yang berhadapan dan sejajar. Biasanya dilambangkan dengan a dan b.
  • Tinggi: Jarak tegak lurus antara kedua sisi sejajar. Biasanya dilambangkan dengan t.



Jenis-Jenis Trapesium

Ada beberapa jenis trapesium berdasarkan sifat-sifat sisinya dan sudutnya, antara lain:

  • Trapesium sama kaki: Kedua sisi tidak sejajar sama panjang, dan kedua sudut yang berhadapan sama besar.
  • Trapesium siku-siku: Salah satu sudutnya siku-siku (90 derajat).
  • Trapesium sembarang: Tidak memiliki sifat khusus selain memiliki sepasang sisi sejajar.


Luas Trapesium: Konsep Dasar

Trapesium adalah bangun datar segi empat yang memiliki sepasang sisi sejajar, namun tidak sama panjang. Bayangkan bentuk meja yang memiliki satu sisi lebih panjang dari sisi di seberangnya.

Luas trapesium adalah ukuran daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi trapesium. Untuk menghitungnya, kita membutuhkan beberapa informasi, yaitu:

  • Sisi sejajar: Dua sisi yang berhadapan dan sejajar. Biasanya dilambangkan dengan a dan b.
  • Tinggi: Jarak tegak lurus antara kedua sisi sejajar. Biasanya dilambangkan dengan t.

Rumus Luas Trapesium

Rumus untuk menghitung luas trapesium adalah:

Luas Trapesium = 1/2 x (a + b) x t

Artinya: Luas trapesium sama dengan setengah kali jumlah panjang sisi sejajar dikali tinggi trapesium.

Jenis-Jenis Trapesium

Ada beberapa jenis trapesium berdasarkan sifat-sifat sisinya dan sudutnya, antara lain:

  • Trapesium sama kaki: Kedua sisi tidak sejajar sama panjang, dan kedua sudut yang berhadapan sama besar.
  • Trapesium siku-siku: Salah satu sudutnya siku-siku (90 derajat).
  • Trapesium sembarang: Tidak memiliki sifat khusus selain memiliki sepasang sisi sejajar.

Gambar Berbagai jenis trapesium: sama kaki, sikusiku, dan sembarang

Catatan: Rumus luas trapesium berlaku untuk semua jenis trapesium.

Luas Trapesium dalam Kehidupan Sehari-hari

Konsep luas trapesium banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

  • Menghitung luas lahan yang berbentuk trapesium.
  • Merancang bentuk atap rumah yang menyerupai trapesium.
  • Membuat desain perabotan rumah tangga dengan bentuk trapesium.

Ringkasan

  • Trapesium adalah bangun datar segi empat dengan sepasang sisi sejajar.
  • Luas trapesium adalah ukuran daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi trapesium.
  • Rumus luas trapesium: Luas = 1/2 x (a + b) x t
  • Ada berbagai jenis trapesium dengan sifat-sifat yang berbeda.
  • Konsep luas trapesium berguna dalam berbagai bidang, termasuk arsitektur dan teknik sipil.

Semoga penjelasan ini bermanfaat ya!

Latihan Soal

Soal 1:

Sebuah trapesium memiliki sisi sejajar sepanjang 10 cm dan 14 cm. Jika tingginya 8 cm, berapakah luas trapesium tersebut?

Soal 2:

Diketahui luas sebuah trapesium adalah 120 cm². Jika panjang sisi sejajarnya 12 cm dan 18 cm, berapakah tinggi trapesium tersebut?

Soal 3:

Sebuah taman berbentuk trapesium sama kaki. Panjang sisi sejajarnya 20 meter dan 30 meter. Jika jarak antara kedua sisi sejajar adalah 15 meter, berapakah luas taman tersebut?

Soal 4:

Sebuah trapesium siku-siku memiliki alas 12 cm, sisi miring 13 cm, dan tinggi 5 cm. Hitunglah luas trapesium tersebut. (Petunjuk: Untuk trapesium siku-siku, salah satu sisi tegaknya juga merupakan tinggi trapesium.)

Soal 5:

Sebuah bangun datar terdiri dari sebuah persegi panjang dan sebuah trapesium siku-siku. Persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan lebar 8 cm. Trapesium siku-siku memiliki alas 6 cm, tinggi 4 cm, dan sisi miring 5 cm. Hitunglah luas bangun datar tersebut secara keseluruhan.

Mapel : Seni Rupa 

Tujuan pembelajaran : peserta didik melaksanakan sumatif penilaian harian 1.

Media pembelajaran : soal ulangan harian 1 . 

Metode pembelajaran : tertulis secara langsung. 


KISI-KISI SOAL

1.Capaian Pembelajaran : Pesertadidik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya yang diciptakan atau dilihatnya serta pengalaman dan perasaannya mengenai karya tersebut.

Pesertadidik mulai mengenal alternatif bahan,alat atau prosedur dasar dalam menggambar, mewarnai , memotong dan merekat.

2. Tujuan Pembelajaran: 

   - Pesertadidik dapat menjelaskan prinsip keseimbangan  

   - Peserta didk dapat menjelaskan gambar ekspresif dan ciri-ciri gambar ekspresif 

  - Pesertadidik dapatmenguraikan manfaat gambar ekspresif

3. Bentuk Soal: Pilihan ganda dan uraian.


 SOAL PILIHAN GANDA

Pilih jawaban yang benar! Beri tanda silang (x) pada huruf A,B,C dan D

SOAL URAIAN

1. Menggambar ekspresif adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan melalui seni. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan ...

a. keindahan objek secara realistis

b. perasaan atau emosi yang mendalam

c. aturan seni yang sudah baku

d. bentuk simetris yang sempurna 

2. Keseimbangan antara ruang sebelah kiri dan ruang sebelah kanan yang sama persis, baik bentuk, ukuran, raut, maupun teksturnya disebut …

a. keseimbangan simestris                           c. Keseimbangan radial

b. keseimbangan asimetris                          d. Keseimbangan sederajat

3. berikut ini yang merupakan contoh keseimbangan memancar adalah ...

a.        b.       c.               d. 

4. perhatikan ciri-ciri berikut ini 

1. serba dinamis  2, serba statis  3. Menekankan aspek suasana 4.unsur kehidupan sosial

Ciri-ciri menggambar ekspresif ditunjukan oleh nomor .......

1, 2 dan 3     b. 1,2 dan 4    c. 1,3 dan 4     d. 2,3 dan 4

5. Unsur seni rupa yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dengan cara menggambarkan perbedaan cahaya dan gelap disebut ...

   a. Warna                      c. tekstur

   b. bentuk                     d. Nilai (Value)  

6. Alat utama yang digunakan dalam menggambar ekspresif adalah…

   a. Pensil dan kertas  

   b. Cat minyak dan kuas  

   c. Spidol dan penghapus  

   d. Pensil warna dan kertas  

  7. Warna-warna yang sering digunakan dalam menggambar ekspresif untuk menciptakan kontras dan emosi kuat biasanya adalah ...

   a. Datar dan netral  

   b. Cerah dan kontras  

   c. Lembut dan pastel  

   d. Hanya satu warna saja  

8. Tujuan utama dari menggambar ekspresif adalah ...

   a. Meniru objek dengan seakurat mungkin  

   b. Menyampaikan perasaan atau emosi lewat gambar  

   c. Menggambar dengan bentuk yang sempurna  

   d. Menggambar benda-benda yang ada di sekitar  

  9. Warna apa yang sering digunakan      untuk menggambarkan perasaan marah atau semangat dalam menggambar ekspresif adalah …

   a. Biru  

   b. Merah  

   c. Kuning  

   d. Hijau  

10. Berikut media menggambar ekspresif yang termasuk teknik kering adalah …

    a. cat akrilik  

    b. crayon

    c. cat air 

d. cat minyak

SOAL ESSAY
1.Jelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar ekspresif dan bagaimana cara menggambar ekspresif yang baik!
2. Sebutkan dan jelaskan tehnik menggambar ekspresif!
3.Tuliskan bagaimana langkah-langkah  menggambar ekspresif?    
Sifat gambar ekspresif tergantung kepada sudut pandang seseorang dalam menggambar ide atau hasil pengamatannya, tuliskan ciri-ciri gambar ekspresif ?
Ceritakan pengalamanmu ketika menggambar ekspresif! Bagaimana perasaan yang kamu coba sampaikan melalui gambar tersebut

Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini

 Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat meringkas teks eksplanasi dan mengerjakan soal luas trapesium serta mapel seni rupa peserta didik  mengerjakan sumatif 1 ipas materi gambar ekspresif.Tetapi masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami luas trapesium 

Dokumentasi kegiatan hari ini









Komentar

Postingan Populer