MATERI AJAR KELAS VI F HARI KAMIS 15 AGUSTUS 2019

Materi  Bahasa Indonesia
Melengkapi Peta Pikiran Dari Teks Sejarah

Informasi penting yang terdapat dalam suatu teks dapat disajikan dalam bemtuk peta pikiran.Peta pikiran dapat memudahkan mengingat informasi penting.
Berikut langkah membuat peta pikiran dari teks sejarah
1.membaca teks dengan cermat
2.membuat kerangka pikiran menggunakan kata tanya apa d mana kapan siapa mengapa dan bagaimana
3.menulis informasi setiap bagian teks berdasarkan  kerangka yang dibuat.

Materi PPKn
Sikap rela berkorban sebagai penerapan nilai persatuan dan kesatuan
Berikut contoh sikap rela berkorban di sekolah
1) mematuhi tata tertib yang    ada disekolah
2) Mau mengakui kesalahan apabila berbuat salah
3) Rela meluangkan waktu untuk membantu teman yang terkena musibah
4) Saling menghargai dan menghormati agar tercipta kerukunan disekolah
5) Menyisihkan uang saku untuk membantu korban bencana alam
6 ) Membersihkan ruang kelas setelah pulang sekolah.

Materi IPS
Kerjasama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
Manfaat kerjasama dalam mempertahankan kemerdekaan diantaranya adalah : 


1. memperkuat tali silaturahmi, adanya rasa saling menghargai satu sama lain walaupun beda negara dan suku bangsa, tidak akan terjadi perpecahan antar negara dan bangsa.
2. Dengan adanya kerja sama satu sama lain, usaha untuk mempertahankan kemerdekaan akan menjadi lebih terarah, berpotensi lebih baik, dan memperkuat tali persaudaraan negara.
Materi SBdP
Mempraktikkan pola lantai tari daerah
Pola lantai dalam menari adalah garis-garis yang terbentuk di lantai oleh penari. Pola lantai tersebut bisa berupa bentuk garis yang dilalui penari maupun bentuk garis yang digunakan dalam formasi menari. Kesesuaian antara pola lantai dengan gerakan, ruangan, dan jumlah penari dapat meningkatkan keindahan dalam tarian.

Tari Sajojo oleh Diva, Thalita, Nova, dll.

Pada hari ini beberapa siswa kelas V I (enam)telah memperagakan ragam tarian daerah di kelas. Tarian yang sudah diperagakan adalah tari Manuk Dadali dari Jawa Barat dan tari Sajojo dari Papua. Mereka terlihat antusias memperagakannya di depan kelas yang digunakan sebagai panggung.


Usai memperagakan tarian daerah tersebut mereka berusaha mengidentifikasi pola lantai tarian yang sudah mereka peragakan. Demikan hasil laporan mereka:
  1. Nama tari daerah: Manuk Dadali (Jawa Barat).
  2. Pola lantai:
    • Bentuk garis yang dilalui: lurus
    • Bentuk formasi dalam menari: zig-zag & lingkaran
  1. Nama tari daerah: Sajojo (Papua).
  2. Pola lantai:
    • Bentuk garis yang dilalui: lurus
    • Bentuk formasi dalam menari: zig-zag
Setelah mempelajari dan mempraktikkan pola lantai berbagai tarian daerah di atas. Identifikasilah pola lantai beberapa jenis tarian daerah berikut ini:
  1. Tari Saman (Aceh)
  2. Tari Jaipong (Jawa Barat)
  3. Tari Piring (Sumatra Barat)
  4. Tari Kecak (Bali)
  5. Tari Serimpi (Jawa Tengah)
Materi Matematika

Soal Matematika Operasi Hitung Campuran


Contoh soal 1

38 × (-26) – (-1.120) : 32 + 125 = ....

Pembahasan :
38 × (-26) – (-1.120) : 32 + 125 = ....
38 × (-26) – {(-1.120) : 32} + 125 = (-988) - (-35) + 125
                                                        = (-988) + 35 + 125
                                                        = -953 + 125
                                                        = -828

Contoh soal 2
896 : (-28) × 26 + (-213) – 372 = ....

Pembahasan :
896 : (-28) × 26 + (-213) – 372 = ....
{896 : (-28)) × 26 + {(-213) – 372} = (-32) x 26 + (-585)
                                                          = (-832) + (-585)
                                                          = (-1.417)

Contoh soal 3
138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = ....

Pembahasan :
138 + (-38) × 45 : (-15) – 258 = ....
138 + ((-38) × 45} : (-15) – 258 =  138 + {(-1.710) : (-15)} - 258
                                                    = 138 + 114 - 258
                                                    = (-6)
Contoh soal 4                                 
625 – (-1.768) : 34 × 17 + (-180) = ....

Pembahasan :
625 – (-1.768) : 34 × 17 + (-180) = ....
625 – {(-1.768) : 34} × 17 + (-180) = 625 - {(-52) x 17} + (-180)
                                                         = 625 - (-884) + (-180)
                                                         = 625 + 884 + (-180)
                                                         = 1.509 + (-180)
                                                         = 1.329

Contoh soal 5
(-68) × 35 + 624 : (-13) – (-732) = ....

Pembahasan :
(-68) × 35 + 624 : (-13) – (-732) = ....
{(-68) × 35} + {624 : (-13)} – (-732) = (-2.380) + (-48) – (-732)
                                                            = (-2.428) + 732
                                                            = (-1.696)


Komentar

Postingan Populer