Materi Ajar Kelas VI F Hari Rabu 28 Agustus 2019

Materi Ajar Rabu, 28-8-2019
Materi PPKN
Manfaat Persatuan  Kesatuan Bagi Bangsa Indonesia

  1. Bisa mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran.
  2. Pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik.
  3. Bangsa Indonesia lebih mudah untuk maju
  4. Mempermudah untuk mencapai tujuan nasional, yaitu tujuan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke 
  5. Menciptakan suasana yang aman, damai, dan tenteram dalam negara karena setiap orang menunjukkan sikap solidaritas, setia kawan, dan toleran yang tinggi
  6. Agar tidak terjadi perbedaan yang menonjol antar manusia
  7. Supaya tidak terjadi perpecahan bangsa dan keutuhan terus terjaga.
  8. Supaya keutuhan dan keamanan NKRI tetap terjaga
  9. Pergaulan antar sesama akan lebih akrab dan rukun.
  10. Memperkuat jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesi
  11. MATERI SBDP
  12. Pola lantai tari Merak adalah panduan yang dilakukan oleh penari saat latihan dan tampil dipentas atau panggung. Dengan adanya pola pantai, maka para penari tidak salah dalam melakukan gerakan tari. Inilah yang membedakan tari Merak dengan tari daerah lainnya sekaligus mencerminkan ciri khas.
  13. Tari Merak merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat dan sudah go internasional. Kabarnya pernah ikut pameran seni di Amerika Serikat. Momentum pertama yang begitu menarik perhatian adalah, tari merak tampil pada acara Konferensi Asia Afrika pertama yang berlokasi di Bandung.
    Sejarah tari merak memang begitu luar biasa. Kini tari merak menjadi ikon dari Jawa Barat sehingga tidak bisa di klaim oleh negara lain. Tak cuma itu, tari merak kabarnya memberikan inspirasi kepada seniman Bali yang akhirnya membuat tarian Bali hampir mirip tari merak
    Pada pola garis melengkung yaitu membenruk lengkungan ular, membentuk bidang lingkaran, angka delapan, atau spiral.Pola lantai tari merak tidak satu macam, ada beberapa yaitu: Pola garis melengkung dan pola garis lurus.
    Sedangkan pada pola garis lurus  yaitu segitiga, segi empat, zig-zag, huruf v, atau huruf v terbalik.
    Pola lantai tari Merak beda dengan pola lantai dari tarian lain.

    Gambar Pola Lantai Tari Merak







    Dari penjabaran diatas, kira – kira diilustrasikan seperti inilah gambar dari pola lantai tari Merak. Hanya saja perlu ditambahkan, maksud dari melengkung sama dengan melingkar.

    Kesimpulan

    Sama seperti tarian lainnya, tari Merak juga memiliki pola lantai yang tidak sedikiti. Ada beberapa pola lantai yang diterapkan pada tarian yang berasal dari Jawa Barat ini. Masing – masing pola lantai memiliki makna tersendiri.
    MATERI IPA
  14.  Indonesia memiliki keanekaragaman hayati berupa berbagai hewan dan tanaman yang ada. Kelestarian hewan dan tumbuhan ini sangat penting bagi kita. Dengan melestarikannya maka kita dapat:
  15. 1.Menjaga sumber makanan dan kebutuhan pokok bagi manusia. Misalnya berbagai jenis tanaman pangan seperti buah-buahan dan ikan yang bila spesies ini punah akan menyebabkan sulit mendapatkan sumber makan
    • 2. Menjaga kesuburan tanah. Berbagai spesies menjaga tanah tetap subur, misalnya cacing tanah  dengan membuat pori-pori tanah dan berbagai bakteri dan jamur yang mengikat unsur hara.
      3. Mencegah terjadinya bencana. Dengan adanya hutan yang lestari maka resapan dan aliran air dapat terjaga, sehingga bencana seperti longsor dapat terhindar.
      4. Menjaga keseimbangan ekosistem. Bila satu spesies punah, maka kelangsungan ekosistem dapat terancam dan spesies lain akan ikut punah. Misalnya punahnya serangga penyerbuk dapat menyebabkn punahnya tanaman yang bergantung apda serangga ini.
      5. Menjaga kualitas udara dan air. Adanya tanaman yang lestari menjadi kadar oksigen di udaratetap tinggi, dan mengurangi kadar karbon diosida yng menyebabkan pemanasan global dan kekeringan.
      6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata. Hewan dan tanaman yang lestari menjadi obyek wisata yang menghasilkan pendapatan bagi masyarakat setempat. Misalnya banyak wisatawan yang mengunjungi Kalimantan untuk melihat bekantan dan orangutan, atau berkunjung ke Raja Ampat untuk melihat biota bawah laut di terumbu karang.
      Upaya melestarikan hewan dan tumbuhan ini dilakukan dengan membuat taman nasional dan suaka margasatwa, melarang eksploitasi yang membahayakan kelestarian dan menindak pelanggar yang melakukan kegiatan seperti pembalakan hutan dan perburuan liar.penelitian dan ilmu pengetahuan.

Komentar

Postingan Populer