Materi Ajar Kelas VI F Hari Jumat 1 November 2019

Materi Ajar Hari Jumat 1 - 11 - 2019

Muatan PPkn

Sikap Tanggung Jawab dalam Wirausaha

Tanggung jawab pasti akan ada pada setiap manusia dalam melakukan pekerjaan, baik itu tanggung jawab yang besar maupun kecil. Begitu pula dalam berwirausaha. Tanggung jawab dalam berwirausaha cukup besar. Tanggung jawab di sini bisa terhadap lingkungan, pelanggan, tenaga kerja, sosial dan lainnya.
  1. Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan
Salah satu faktor yang harus di perhatikan adalah lingkungan. Apabila seorang wirausahawan yang baik pasti akan memperhatikan lingkungan di sekitarnya. Contohnya jika seseorang membuka usaha cuci motor dan mobil orang tersebut harus memikirkan dampak dari limbah yang di keluarkan mengganggu lingkungan di sekitarnya atau tidak.
2.TanggungJawab Terhadap Pelanggan
“Pelanggan adalah raja” mungkin kutipan itu sering terdengar. Terhadap pelanggan wirausahawan harus dapat memberikan fasilitas yang terbaik, dengan mendengarkan permintaan yang di minta oleh pelanggan. Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan untuk memajukan usaha. Dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan dengan membersihkan dan menghias tempat usaha.
3. TanggungJawab Terhadap Tenaga Kerja
Jika seorang wirausahawan yang mempunyai pegawai sebaiknya harus dapat bertanggung jawab terhadap pegawainya. Contohnya adalah dengan memberikan upah yang sesuai dengan kerja pegawainya dan memberikan hak untuk pegawai mengapresiasikan pendapat terhadap atasannya.
4. TanggungJawab Terhadap Sosial
Wirausahawan juga mempunyai tanggung jawab terhadap sosial atau masyarakat. Karena tanpa masyarakat usaha seseorang tidak akan pernah maju. Salah satu tanggung jawab yang dapat di berikan adalah memberikan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan.
Muatan Bahasa Indonesia
Menceritakan Riwayat Hidup
Riwayat hidup merupakan tulisan yang berisi informasi detail mengenai diri sendiri.Tulisan itu untuk membantu orang lain agar lebih mudah mengenal jati diri pembuat riwayat hidup.
Adapun informasi yang umum ditulis dalam riwayat hidup adalah
1.data diri
2.riwayat pendidikan
3.riwayat pekerjaan
4.pengalaman organisasi/kepanitiaan
5.keterampilan atau kemahiran
6.prestasi yang pernah diraih
Tugas siswa menjelaskan Riwayat hidupnya di depan kelas

Komentar

Postingan Populer