Materi Ajar Kelas VI F Hari Jumat 25 Oktober 2019

Materi Ajar Hari Jumat 25 - 10 - 2019

Muatan IPA

Sifat-Sifat Magnet
magnet secara umum adalah suatu objek yang mempunyai suatu medan magnet yang dapat menarik benda-benda logam tertentu seperti besi dan baja. Benda logam yang dapat ditarik oleh magnet disebut sebagai benda magnetik.

Sifat-Sifat Magnet

Magnet memiliki beberapa sifat-sifat dan karakteristik tertentu. Berikut ini adalah beberapa sifat-sifat magnet beserta penjelasannya.
1. Magnet Dapat Menarik Benda Magnetik
Sifat magnet yang utama adalah dapat menarik benda yang berasal dari bahan logam. Meski begitu tidak semua jenis logam dapat ditarik magnet, melainkan besi, baja, nikel, kobalt, dan sebagainya. Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda magnetik.
2. Mempunyai Dua Kutub
Magnet memiliki dua kutub, yakni kutub utara dan kutub selatan yang pada kedua ujung-ujungnya. Kutub utara pada magnet disingkat U, atau dalam bahasa Inggris disingkat N yang berarti North. Sedangkan kutub selatan pada magnet disingkat S, dalam bahasa Inggris juga disingkat S yang berarti South.
3. Medan Magnet Membentuk Gaya Magnet
Sifat magnet berikutnya adalah dapat membentuk gaya magnet. Artinya gaya magnet tidak hanya berada pada ujung-ujungnya saja, tapi juga berada pada sekitar magnet. Daerah di sekitar magnet ini lah yang disebut sebagai medan magnet.
4. Dua Kutub yang Sama Akan Saling Tolak, Sedangkan Dua Kutub Berbeda Akan Saling Tarik
Sifat magnet yang cukup unik adalah jika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan saling tolak menolak. Sementara jika dua kutub magnet yang berbeda didekatkan, maka akan saling tarik menarik. Artinya dua magnet yang didekatkan hanya akan saling menarik jika ujung kutub utara bertemu ujung kutub selatan.

elektromagnet-4
kutub tak senama tarik-menarik
elektromagnet-5
kutub senama tolak-menolak
5. Sifat Magnet Dapat Hilang
Magnet tidak selalu permanen karena sifat kemagnetannya itu juga dapat hilang karena beberapa penyebab. Jika sebuah magnet dipukul-pukul, jatuh terus menerus, dibanting-banting, dipanaskan, atau bahkan dibakar, maka lama-lama sifat kemagnetan pada sebuah magnet akan hilang

MUATAN BAHASA INDONESIA
Petunjuk mengisi formulir

Untuk menjadi anggota sebuah organisasi atau ekstrakurikuler,maka harus mengisi formulir keanggotaan terlebih dahulu. Formulir diisi dengan menuliskan data diri yang sebenarnya dan sesuai dengan kolom yang harus diisi. Umumnya,formulir dilengkapi dengan petunjuk pengisian formulir. Tujuannya untuk memudahkan pengisi formulir dalam mengisi formulir.

Berikut ini petunjuk mengenai pengisian formulir pengiriman barang.
Data Penerima
  1. Isilah data penerima dengan huruf besar
  2. Isilah nama awal penerima dengan jelas dan benar
  3. Isilah nama akhir penerima dengan jelas dan benar
  4. Isilah alamat lengkap penerima: nama jalan, nomor rumah, RT dan RW, Kelurahan, dan kecamatan.
  5. Isilah kota/kabupaten dimana penerima berdomisili.
  6. Isilah provinsi di mana penerima berdomisili.
  7. Isilah kode pos wilayah di mana penerima berdomisili.
  8. Isilah nomor telepon penerima

Formulir

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer