Materi Ajar Kelas VI F Hari Kamis Tanggal 17 Oktober 2019

Materi Ajar Kelas VI Hari Kamis, 17-10- 2019

Muatan Bahasa Indonesia

 Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya.Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah suatu paragraf atau teks yang isinya menjelaskan informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, serta kehidupan sosial dan budaya. Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah.Setiap peristiwa di sekitar kita tentunya ada proses dan hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya. Di dalam explanatory text terdapat penjelasan tentang hubungan sebab-akibat tersebut dengan menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi.Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan tentang “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena atau peristiwa terjadi. Misalnya, artikel tentang dampak global warming, peristiwa meletusnya gunung merapi, dan lain sebagainya
Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Explanatory text memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
1.Semua informasi yang disampaikan di dalam teks adalah berdasarkan fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
2.Topik yang dibahas di dalamnya adalah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
3.Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
4.Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yaitu; pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi
Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya Struktur Teks Eksplanasi Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di dalam explanatory text terdapat 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut:
1.Pernyataan Umum
Pada bagian pernyataan umum memuat tentang penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang dibahas. Pernyataan umum ini bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa/ fenomena. 
2.Deretan PenjelasPada bagian deretan penjelas terdapat informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa atau fenomena. Bagian deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa secara berurutan dari awal hingga akhir.
3. Interpretasi
Interpretasi merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan. Pada bagian interpretasi ini menjelaskan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahasi
Tugas Bupena hal 61
Muatan IPA 
Menjelasan sumber energi alternatif penghasil energi listrik)
Sumber Energi Alternatif
Energi alternatif adalah jenis energi yang digunakan untuk menggunakan energi yang berasal dari minyak bumi. Energi alternatif ini berasal dari alam dan memiliki banyak manfaatnya untuk manusia. Ada beberapa contoh dari energi alternatif diantaranya yaitu energi yang berasal dari matahari, angin, air, dan juga panas bumi.Seiring dengan semakin berkembangnya pengetahuan manusia tentang sumber energi alternatif, maka semakin banyak juga jenis sumber alternatif yang tersedia di alam. Ke semua jenis energi alternatif tersebut memiliki manfaatnya masing-masing untuk manusia. Bahkan setiap manusia dan makhluk hidup, memerlukan energi tersebut untuk mengganti sumber energi lain yang mulai habis
sejumlah ahli mengembangkan energi  untuk menghasilkan listrik. Mengutip dari berbagai sumber, berikut empat energi alternatif yang dapat menghasilkan listrik.
1.Matahari
Energi matahari menjadi sumber energi yang dapat diperbarui dan diperoleh secara cuma-cuma. Matahari merupakan reaktor nuklir yang besar dan di dalam inti matahari, reaksi fusi nuklir menghasilkan jumlah energi yang besar yang memancar keluar dari permukaan matahari dan ke luar angkasa dalam bentuk cahaya dan panas.
Mengutip Energysage, ada dua cara untuk memanfaatkan energi matahari. Pertama, photovoltaics yang bertujuan untuk proyek tenaga listrik dalam skala kecil, seperti menggunakan instalasi panel surya perumahan). Dan kedua, solar thermal capture yang digunakan untuk produksi tenaga listrik dalam skala besar.

2.Biomasa
merupakan energi organik yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan sampah sisa makanan yang bisa diperbarui. Energi ini juga tersimpan dari matahari, termasuk tanaman yang menyerap energi matahari melalui proses fotosintesis.

Dilansir Badan informasi Energi AS, biomassa bisa berbentuk padat seperti kayu dan sampah, bisa dibakar dan langsung menghasilkan panas.

3.Angin
Seperti halnya matahari, angin juga menjadi sumber energi yang sedang gencar dikembangkan di beberapa negara. Proses pembentukan energi angin berasal dari turbin angin yang mengubah energi kinetik yang terdapat dalam angin menjadi energi mekanik.
Energi mekanik tersebut dapat digunakan untuk menggiling biji-bijian atau memompa air. Generator untuk energi angin dapat mengubah energi mekanik menjadi listrik yang disalurkan ke rumah-rumah, sekolah, perkantoran, dan sebagai

4.Geotermal
Pembangkit listrik
Tenaga panas(geotermal) menggunakan uap yang dihasilkan waduk air panas yang terletak beberapa mil di bawah permukaan bumi, untuk menghasilkan listrik.Uap tersebut membantu untuk memutar turbin dan dapat mengaktifkan generator yang menghasilkan listrik.

Muatan Matematika
Mengidentifikasi Rumus Lingkaran

Berikut ini rumus untuk mencari luas, keliling, dan diamater lingkaran :
MenghitungRumus
Luas (L)L = π.r.r
Keliling (K)K = 2.π.r
Diamter (d)d = 2 x r

Rumus Luas Lingkaran

Cara Menghitung Luas Lingkaran bisa anda cari dengan :
L = π.r.r
Dan penjelasan dari r ialah jari – jari lingkaran yang biasanya ada disetiap soal – soal yang membahas tentang materi diatas serta π sudah pasti menggunakan angka 3,14 .

Rumus Keliling Lingkaran

Sedangkan untuk cara menghitung keliling lingkaranhampir sama dengan rumus luas lingkaran, Berikut rumus keliling lingkaran :
K = 2.π.r
Dan perbedaannya terdapat pada jumlah kali r yang dua. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dDan perbedaannya terdapat pada jumlah kali r yang dua. Untuk lebih jelasnya lihatlah gambar dibawah ini :

Rumus Diameter Lingkaran

Sedangkan untuk cara menghitung rumus diameter lingkaran malah terlihat lebih sederhana, rumusnya adalah :
d = 2 x r

Dan penjelasan lebih lengkapnya bisa anda lihat dibawah ini.

Contoh Soal Lingkaran

Contoh Soal 1
1. Diket Roda berbentuk Lingkaran mempunyai Diameter sebesar 30 cm maka tentukan jumlah Luas Lingkaran dan Keliling Lingkaran yang ada ?
Jawaban Mencari Luas LingkaranLuas = π.r.r
Luas = 3,14 x 15 x 15 — > ( jari-jari 15 diperoleh dari d = 30/2 = 15)
Luas = 3,14 x 225 = 707 cm²
Jawaban Mencari Keliling LingkaranKeliling = 2.π.r
K = 2. 22/7.15
K = 30 x 22/7
K= 660 / 7 = 95 cm
Contoh Soal 2
2. Budi memiliki sebuah velg mobil, di ketahui velg mobil tersebut mempunyai diameter 42 cm. Maka tentukan berapa luas dari velg mobil tersebut ?
Diketahui :
d = 42 cm
Karena d = 2 kali r maka jari-jarinya,
r = d/2 = 42/2 = 21 cm
Jawaban :
Luas = π x r x r
Luas = 22/7 x 21 x 21
maka Luasnya = 1386 cm²

Berikut ini soal latihannya :
1. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki jari-jari sebesar 10 cm ?
2. Hitunglah keliling dari lingkaran yang mempunyai diameter 20 cm ?
3. Panjang jari-jari sebuah sepeda motor adalah 30 cm. Tentukanlah nilai diameter ban sepeda motor tersebut ?
4. Sebuah ban motor memiliki panjang jari-jari 20 cm. Ketika motor berjalan, ban motor tersebut berputar sebanyak 100 kali. Maka, tentukan diameter ban motor, keliling ban motor, dan jarak yang ditempuh oleh motor tersebut ?
5. Sebuah lingkaran mempunyai nilai keliling sebesar 99 cm. Berapakah jari-jari dari lingkaran tersebut ?

Komentar

Postingan Populer