Materi Ajar Kelas VI F Hari Selasa 29 Oktober 2019

Materi Ajar Hari Selasa, 28 Oktober 2019

Muatan IPS Tentang Komoditaa Ekspor dan Impor di Indonesia

Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean. Daerah pabean  merupakan suatu bagian wilayah dari Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, wilayah perairan dan juga ruang udara di atasnya, juga meliputi tempat-tempat tertentu yang ada dalam Zona Ekonomi Eksklusif serta landas kontinen.
Secara sederhana, ekspor diartikan sebagai kegiatan mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.Kegiatan ekspor biasanya dilakukan suatu negara apabila negara menghasilkan produksi barang dalam jumlah besar dan kebutuhan akan barang tersebut sudah terpenuhi di dalam negerinya sehingga dikirimkanlah produksi barang tersebut ke negara yang tidak bisa memproduksi barang tersebut ataupun dikarenakan jumlah produksi barang di negara tujuan tidak terpenuhi.
Eksportir merupakan orang perseorangan atau badan hukum yang melakukan ekspor. Apabila kegiatan ekspor dalam skala yang besar, maka pengirimannya melibatkan Bea Cukai yang bertugas sebagai pengawas lalu lintas barang dalam suatu negara.
Tujuan dan Manfaat Ekspor

 

Tujuan dan manfaat kegiatan ekspor barang dari dalam ke luar negeri adalah :

1.menumbuhkan industri dalam negeri
2.mengendalikan harga produk
3.menambah devisa negara

Indonesia mempunyai banyak komoditas ekspor, namun setidaknya terdapat 5 komoditas ekspor terbesar Indonesia, diantaranya adalah:
1. Komoditas Karet
Indonesia merupakan negara produsen karet terbesar kedua di dunia sehingga tidak heran apabila karet dijadikan sebagai komoditas ekspor utama Indonesia. Ekspor karet Indonesia banyak dikirimkan ke Amerika Serikat, China dan Jepang
2. Produk Tekstil
Industri tekstil di Indonesia sangat banyak dan berhasil menambah devisa negara.
3. Kelapa Sawit
Komoditas ini sebagian kecil dijadikan bahan baku minyak goreng, mentega, sabun dan produk kecantikan.Sedangkan sebagian besarnya diekspor dalam bentuk minyak sawit (CPO) dan minyak inti sawit atau Palm Kernel Oil(PKO). Kelapa sawit ini banyak diekspor ke India, Cina dan Pakistan.
4. Produk Hasil Hutan
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak hutan sehingga industri kayu di Indonesia pun sangat berkembang. Hasil hutan yang diekspor berupa kayu dan pulp kertas.
5. Kakao
Tahukah anda bahwa Indonesia menjadi negara produsen kakao ketiga terbesar di dunia. Biji kakao ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat dan bahan makanan lainnya. Biasanya kakao yang diekspor berupa kakao bubuk yang telah memenuhi Standar Nasional IndonesiaPengeretian ImporImpor merupakan kegiatan memasukan barang ke Daerah Pabean atau juga merupakan kegiatan pembelian barang atau jasa dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri

Pengertian Impor
Impor merupakan kegiatan memasukan barang ke Daerah Pabean atau juga merupakan kegiatan pembelian barang atau jasa dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Tujuan dan Manfaat Impor
Tujuan paling utama dari kegiatan impor adalah memenuhi kebutuhan dalam negeri. Aktivitas ekspor dan impor merupakan salah satu wujud dari inter-konektivitas setiap negara. Tidak ada negara yang mampu hidup mandiri.
Dalam memenuhi kebutuhannya, setidaknya pasti 
Contoh Produk yang Diimpor oleh Indonesia
Berikut ini adalah beberapa contoh produk yang banyak diimpor ke Indonesia, yang diantaranya adalah
1. Bahan Baku
Dalam kategori bahan baku, komoditas impor terbesar Indonesia adalah peralatan helikopter dan mesin pesawat mekanik, peralatan elektronik, besi dan baja. Suplai peralatan pesawat dan helikopter memang hingga saat ini masih impor dari negara lain karena PT Dirgantara Indonesia sendiri masih belum mampu memproduksi helikopter dan pesawat sendiri.
2. Sektor Pangan
Sedangkan dalam sektor pangan, komoditas impor terbesar Indonesia adalah daging hewan beku, buah-buahan, beras hingga kedelai. Mengejutkan memang, walaupun Indonesia memiliki banyak ladang padi, namun ternyata kebutuhan beras di Indonesia masih belum mencukupi sehingga perlu impor dari negara lain, seperti Vietnam, Thailand dan India.

Muatan IPA Tentang Benda Magnet dan Benda Magnetis

Apa yang dimaksud dengan Benda Magnetis dan Benda Nonmagnetis? ?
Yang dimaksud dengan benda magnetis adalah benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet.Benda ini biasanya terbuat dari logam besi atau baja.Contoh benda magnetis yang biasa kita temukan sehari-hari adalah pisau, paku, gunting, palu dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang dimaksud dengan benda nonmagnetis adalah benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet.Biasanya benda nonmagnetis ini tidak mengandung logam.Contohnya seperti kertas, kayu, plastik dan buku.Banyak sekali di sekitar kita ini benda-benda yang termasuk benda magnetis dan non magnetis.
Muatan Bahasa Indonesia
Tentang Menulis Riwayat Hidup


Curriculum vitae atau yang biasa disingkat dengan CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi dengan informasi mengenai calon pelamar. Biasanya didalam contoh daftar riwayat hidup akan berisi dengan informasi pendidikan, keahlian, biodata, riwayat pekerjaan dan hal lainnya. Pada umumnya, ketika a akan mendaftar pekerjaan, perusahaan yang akan dilamar akan meminta sejumlah berkas persyaratan untuk melamar di perusahaan. Salah satu berkas yang wajib ada saat melamar pekerjaan adalah daftar riwayat hidup.
Setiap perusahaan, memiliki aturan masing-masing mengenai bagaimana surat lamaran kerja itu dibuat, kebanyakan perusahaan memperbolehkan calon karyawannya untuk mengirimkan daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja dalam bentuk cetak atau print, tetapi ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan setiap calon karyawan yang akan melamar untuk menulis dengan sendiri surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.

Membuat daftar riwayat hidup sebenarnya merupakan hal yang mudah, namun bagi mereka yang belum pernah melamar pekerjaan atau bagi mereka lulusan baru (fresh graduate) tentunya akan bingung dengan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Untuk itu kami akan memberikan panduan dan contoh cara buat CV tulis tangan dengan baik.
Dalam proses seleksi calon karyawan, biasanya daftar riwayat hidup atau curriculium vitae adalah dokumen yang akan pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu daftar riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan hal yang sangat penting dan paling berpengaruh dalam menentukan apakah calon karyawan cocok untuk dipanggil interview atau tidak. Itu sebabnya anda harus melihat contoh daftar riwayat hidup yang benar agar dapat diterima kerja.

Ada banyak jenis contoh surat daftar riwayat hidup tulis tangan, isi didalam contoh daftar riwayat hidup juga beragam, ada yang menuliskan daftar riwayat hidup dengan disetiap bagian dengan detail, ada yang menulis informasi pribadi dengan singkat dan padat, ada juga yang menulis daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja karena pelamar adalah fresh graduate.
Membuat surat daftar riwayat hidup tulis tangan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara buat daftar riwayat hidup dalam bentuk cetak atau print. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis daftar riwayat hidup tulis tangan karena proses pembuatannya yang berbeda. Berikut ini adalah syarat dan cara buat daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar.

Cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan yang benar




  • Siapkan kertas yang bersih saat akan membuat daftar riwayat hidup, pastikan kertas yang anda gunakan tidak robek atau terlipat.
  • Tulislah daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan anda sendiri, usahakan tidak membuat coretan yang tidak perlu karena akan membuat daftar riwayat hidup terlihat tidak rapi, gunakanlah tinta biru atau hitam pada saat menulisnya.
  • Isi daftar riwayat hidup secara terurut, mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat lalu riwayat pendidikan yang berurutan mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.
  • Jujurlah dalam mengisi informasi yang ada didalam daftar riwayat hidup. Pastikan informasi yang anda buat merupakan asli dan berdasarkan keadaan anda sekarang.
  • Anda juga dapat mengisi pendidikan informal kedalam daftar riwayat hidup.
  • Tulis juga pengalaman yang pernah dilakukan, namun jika anda adalah fresh graduate maka tidak perlu untuk menulisnya.
  • Jika perusahaan meminta untuk disertakan pasfoto, maka anda dapat menempelkannya dibagian kanan atas surat daftar riwayat hidup.
  • Di akhir daftar riwayat hidup, anda dapat menyertakan tanda tangan dibagian kanan bawah surat daftar riwayat hidup.

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk fresh graduate


DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
  1. Nama: Catur Nugroho
  2. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  3. Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1983
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 2233 4455
  9. Email: catur@gmail.com
Pendidikan:
  1. SD Alwashliyah 19 Jakarta 1991 – 1997
  2. SMP Negeri 1 Jakarta 1997 – 2000
  3. SMA Pelita Harapan 2000 – 2003
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2003 – 2007
Pengalaman Organisiasi:
  1. Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2003 – 2006.
Minat dan keahlian:
  1. Mampu berbicara dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis


Komentar

Postingan Populer