Materi Ajar Kelas VI F Hari Kamis 27 Februari 2020

Materi Ajar Kelas VI F Kamis, 27-2-2020
Tema 9 Sub Tema 3 PB 1,2, dan 3
MUATAN IPA
PENGELOMPOKAN PLANET BERDASARKAN GARIS EDAR BUMI


Ada tiga cara pengelompokan planet-planet, yaitu :

Pertama, planet-planet dikelomokkan dengan bumi sebagai pembatas, yaitu planet inferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet-planet yang orbtnya terletak di dalam orbit bimi mengitari matahri. Yang termasuk planet inferior hanya dua planet: merkurius dan venus. Planet superior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di luar orbit bumi mengitari matahri. Yang termasuk planet superior adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kedua, planet-planet dikelompokkan dengan lintasa Asteroid sebagai pembatas, yaitu planet dalam (inner planets) dan planet luar (outer planets). Planet dalam adlah planet-planet yang orbitnya di sebelah dalam lintasan asteroid. Yang termasuk planet dalam adlaah : Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet luar adalah planet-planet yang orbitnya disebelah luar lintasan asteroid. Yang termasuk planet luar adalah: Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto.

Ketiga, planet-planet dikelompokkan berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya, yaitu: planet Terrestrial dan planet Jovian. Planet Terrestrial atau planet Kebumian adalah planet-planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya (batuan) mirip dengan bumi. Yang termasuk planet terrestrial adalah merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet Jovian atau planet raksasa adalah planet-palnet yang ukurannya besar dan komposisi peyusunnya mirip dengan Juiter yang terdiri dari sebagian es dan gas hydrogen. Yang termasuk planet Jovian adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
r frekuensi bunyi yang lebih tinggi, dan jika pengamat bergerak menjauhi sumber bunyi, maka pengamat akan mendengar frekuensi bunyi yang lebih rendah.

Pada spectrum cahaya tamapak warna biru memiliki frekuensi lebih tinggi dan warna merah memiliki frekuensi lebih rendah. Efek Doppler adlah gejala umum yang terjadi untuk semua jenis gelombang termasuk gelombamg chaya. Efek Doppler ini dapat digunakan untuk meengamati gerakan galaksi. Ketika cahaya yang datang dari galaksi menunjukkan pergeseran merah (frekuensi cahaya bergeser menuju sisi merah spectrum bintang), maka itu berarti galaksi tersebut sedang bergerak menjauhi kita. Sebaliknya ketika cahaya yang datang dari galaksi menunjukkan pergeseran biru, berarti galaksi tersebut sedang mendekati kita di bumi.

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENULISKAN PENGALAMAN PRIBADI YANG MIRIP DENGAN CERITA FIKSI

Cerita dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang yang belum tentu terjadi di dunia nyata , namun sering kali tetdapat kemiripan cerita dengan pengalaman pribadi seperti jalan cerita ataupun watak tokoh yang diceritakan. 
TUGAS : Buatlah cerita pengalamanmu berdasarkan judul " Tertib dibTempat Wisata "

MUATAN IPA
PENEMUAN BIDANG ASTRONOMI SERTA PERBEDAAN PLANET DALAM DAN PLANET LUAR

Cabang ilmu yang mempelajari berbagai benda langit dengan sifat dan gejalanya disebut ilmu astronomi.salah satu penemuan perintis dibidang astronomi adalah penemun teleskop oleh galileo galileo , kemudian dikembangkan lagi oleh sir isaac newton.

PL
Perbedaan planet dalam dan luar :
  1. Planet dalam adalah mereka yang lebih dekat dengan Matahari (Merkurius, Venus, Bumi dan Mars) dan planet luar adalah mereka yang jauh dari Matahari (Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus)
  2. Planet-planet dalam memiliki diameter rata-rata 13000km, mereka bergerak perlahan-lahan karena mereka lebih berat-yang terdiri dari logam dan batu; planet luar memiliki diameter rata-rata km 48000 dan terbuat dari gas hidrogen dan helium, karena itu mereka bergerak lebih cepat karena berat yang lebih rendah
  3. Planet dalam hangat karena jaraknya yang lebih rendah dari Matahari
  4. Planet-planet dalam memiliki bulan yang lebih sedikit, kecil, permukaan silikat, inti nikel-besi, kepadatan tinggi dan memutar perlahan dibandingkan dengan planet-planet luar yang memiliki jumlah yang lebih besar dari bulan, rotasi lebih cepat, tidak ada bagian yang padat, kepadatan rendah dan cincin (dalam kasus Jupiter dan Saturnus)
  5. Planet luar secara signifikan lebih besar dari planet-planet dalam; Jupiter terukur dengan diameter 88.846 mil dan Merkurius terukur dengan diameter 3031 mil
  6. Planet luar berputar lebih cepat dari planet-planet dalam yang berputar perlahan-lahan
  7. Untuk planet-planet dalam dibutuhkan waktu yang lebih kecil untuk menyelesaikan orbit sekitar Matahari sedangkan planet luar mengambil waktu yang lebih besar karena jarak yang lebih besar dari Matahari
MUATAN BAHASA INDONESIA
MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI YANG MIRIP DENGAN CERITA FIKSI

Cerita biasanya berisi tentang imajinasi pengarang, selain unsur tokoh, watak tokoh, dan jalan cerita, cerita juga mengandung pesan moral atau amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang. Pesan moral disampaikan melalui watak tokoh dalam cerita. Pesan moral tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.bahkan kemungkinan pesan moral tersebut pernah menjadi bagian dalam pengalaman pribadi atau orang lain di sekitar kita. 

MUATAN SBDP
MENGENAL SENI PATUNG DAN CONTOHNYA

patung adalah karya seni rupa yang bentuknya tiga dimensi, artinya hasil karyanya memiliki volume atau isi. Seni patung dapat disebut juga sebagai karya seni plastik, seni bertujuan plastik. Seni patung juga dikenal sebagai seni rupa yang mengandung nilai keindahan pada hasil karyanya.
Patung sebagai salah satu bentuk seni modern memiliki luas, karena hasil karyanya tidak hanya bentuk manusia dan hewan saja, tetapi bisa juga dalam bentuk apa saja selama tiga dimensi 
Jenis-jenis patung berdasarkan fungsinya, sebagai berikut :
  • Patung Religi, merupakan patung yang memiliki unsur religius dan makna, biasanya digunakan untuk sarana beribadah sesuai keyakinan tertentu.
  • Patung monumen, dibuat dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah atau untuk mengenang jasa seseorang / kelompok.
  • Patung arsitektur, dibuat untuk menunjang arsitektur atau konstruksi bangunan sehingga perlu juga untuk estetika atau keindahan.
  • Patung dekorasi, dibuat untuk menghias bangunan atau memperindah Lingkungan.
  • Patung Kerajinan, merupakan patung yang dibuat dari hasil kerajinan, hasil untuk memperoleh keindahannya.
  • Patung seni, dibuat hanya untuk dinikmati keindahannya saja
  • MUATAN MATEMATIKA

    Latihan Soal

    1. Nilai ulangan matematika anak kelas 4 adalah sebagai berikut : 8 5 7 8 9 10 7 8 . Rata-rata ulangan mereka adalah

    2. Dalam sebuah tim basket yang terdiri dari 12 orang, data umur mereka adalah sebagai berikut : 25 26 26 28 27 28 28 29 28 29 25 26. Modus dari data tersebut adalah ..... tahun

    3. Diketahui suhu di kota Bandung dalam seminggu adalah sebagai berikut :
    hari senin 18 0C, hari selasa 20 0C, hari rabu 19 0C, hari kamis 21 0C, hari jumat 21 0C, hari sabtu 200C,hari minggu 190C.
    Nilai rata-rata suhu kota Bandung selama satu minggu adalah ....
    4. Data tinggi bibit pohon Mahoni hasil pengamatan siswa adalah sebagi berikut :
    45 cm, 30 cm, 35 cm, 32 cm, 43 cm, 46 cm, 35 cm, 30 cm, 35 cm, 40 cm
    Tentukan :
    a. Nilai modus;
    b. Nilai median;
    c. Rata-rata tinggi bibit mahoni !

    5. Perhatikan gambar diagram batang yang menunjukan data tinggi siswa dalam satu kelas berikut ini !


    Tentukan
    a. Nilai modus;
    b. Nilai median;
    c. Nilai rata-rata tinggi siswa dalam kelas tersebut !
  • Modernisasi dalam bidang Transportasi Darat
  • Transportasi
    Transportasi adalah sarana perhubungan. Sarana ini mempermudah untuk sampai ke tempat tujuan. Baik mengangkut orang maupun barang.Perkembangan sarana transportasi mengalami kemajuan. Dahulu daya angkut terbatas.Selain itu, kecepatannya juga sangat terbatas. Akan tetapi, sekarang mengalami peningkatan dan perubahan yang lebih modern.
    Alat transportasi modern adalah sarana angkutan yang digunakan masyarakat dalam melakukan aktifitas perjalanan, angkutan dengan menggunakan teknologi modern. Teknologi modern tersebut bias berupa motor penggerak, bahan bakar dan teknologi lainnya yang lebih baik. Ada banyak jenis alat transportasi modern, jenis-jenisnya dapat dibagi dalam berbagai kategori misalnya, berdasar kebutuhan, berdasar kondisi tempat, berdasar kepemilikan.
    Jenis alat transportasi modern berdasar kebutuhan, meliputi angkutan untuk manusia yang dikenal dengan angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal dan lain-lain dan angkutan untuk barang seperti kapal barang, kereta barang dan lain-lain. Jenis alat transportasi berdasar kondisi tempat, meliputi angkutan darat, angkutan udara dan angkutan laut.

    Jenis alat transportasi berdasar kepemilikan, meliputi kendaraan pribadi dan kendaraan umum, biasanya kendaraan pribadi berjenis mobil yang daya tampungnya tidak seberapa banyak seperti sejenis kendaraan roda dua yang banyak dijumpai dijalan raya.

     
    Berikut ini adalah beberapa alat transportasi modern :
    Sepeda Motor
    Sepeda Motor adalah sebuah kendaraan beroda dua yang terdiri dari kerangka, roda, tangki bahan bakar, tangkai kemudi atau setir dan digerakkan oleh mesin

    Mobil
    Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (selalu genap), biasanya menggunakan bahan bakar minyak.

    Kereta Api
    Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau orang.

    Teknologi Informasi
    Transportasi yang aman, nyaman, dan cepat sudah menjadi kebutuhan masyarakat, terutama di kota besar. Para pengguna pun tidak ingin direpotkan dengan berbagai layanan konvensional yang serba tidak pasti atau bahkan merugikan. Di tengah fenomena itu, layanan transportasi berbasis aplikasi muncul sebagai jawaban.

  • Tidak dapat dipungkiri, kehadiran berbagai aplikasi ini semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah orang yang mengunduh aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi GrabTaxi dan Uber sudah sukses di berbagai negara. Hadirnya aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat untuk menggunakan berbagai moda transportasi. Para penggunanya juga tidak perlu pergi ke pangkalan untuk memesan taksi atau ojek, cukup dengan memesannya melaluismartphone mereka. Selain itu, layanan transportasi ini juga seringkali menawarkan tarif yang lebih murah.
  • Muatan bahasa Indonesia
  • Menuliskan Persamaan dan Perbedaan Cerita dengan Pengalaman Pribadi
  • Bupena halaman 158
  • Muatan PPKn
  • Pengaruh Persatuan dan Kesatuan Terhadap Diri Sendiri
  • Persatuan dan kesatuan penting bagi masyarakat dan diri sendiri.Kegiatan apapun yang berlandaskan persatuan dan kesatuan akan memberikan pengaruh positif seperti menumbuhkan sikap tenggang rasa toleransi,rela berkorban demi kepentingan bersama,menghargai dan menghormati orang lain.Sikap tersebut dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri yaitu dihargai dan disayang banyak orang, memiliki hubungan yang baik dengan orang lain,orang lain bersedia membantu saat kita membutuhkan pertolongan,dan perasaan senang karena telah  berbuat baik.

Komentar

Postingan Populer