Materi Ajar Kelas VI F Hari Rabu 26 Februari 2020

Materi Ajar Kelas VI F Rabu 26 - 2 - 2020
Tema 9 Sub Tema 2 PB 4, 5 dan 6
Muatan IPS
Dampak positif dan negatif modernisasi terhadap kehidupan manusia
Dampak positif modernisasi:
1. Memberikan kemudahan hidup
2. Teratasinya berbagai macam penyakit
3. Meningkatnya produksi makanan
4. Terbukanya berbagai lapangan kerja baru
Dampak negatif modernisasi:
1. Rusaknya alam akibat pencemaran
2. Timbulnya masalah kesehatan baru
3. Terkikisnya nilai budaya lokal
Jawaban panjang:
Moderniasi merubah suatu masyarakat sehingga menggunakan teknologi, proses dan kebiasaan baru. Modernisasi memiliki dampak positif maupun negatif, seperti:
Dampak positif modernisasi:
1. Memberikan kemudahan hidup
Dengan modernisasi kita bisa menikmati kemudahan dalam transportasi dengan adanya kendaraan bermotor, kemudahan dalam memasak dengan berbagai alat elektronik dan kemudahan telekomunikasi dan hiburan dengan adanya teknologi informasi.
2. Teratasinya berbagai macam penyakit
Modernisasi menghasilkan teknologi kesehatan seperti vaksin dan antibiotik yang membantu mengatasi berbagai penyakit seperti, cacar, polio dan TBC. Diatasinya penyakit ini berdampak pada meningkatnya angka harapan hidup dan kualitas hidup manisa di masa sekarang.
3. Meningkatnya produksi makanan
Modernisasi menghasilkan pupukuntuk meningkatkan kesuburan tanah dan pestisida untuk pembasmi hama seperti serangga dan jamur. Meningkatnya produksi makanan dengan penerapan teknologi ini disebut Revolusi Hijau. Modernisasi berperan meningkatkan jumlah hasil produksi makanan pokok seperti gandum dan padi, sehingga meningkatkan pula jumlah penduduk di dunia.
4. Terbukanya berbagai lapangan kerja baru
Jenis pekerjaan baru di Industri seperti perakitan elektornik dan kendaraan bermotor, serta pengolahan makanan kalengan tidak mungkin ada tanpa modernisasi.
Dampak negatif modernisasi:
1. Rusaknya alam akibat pencemaran
Jumlah penduduk yang meningkat membuat tekanan terhadap lingkungan hidup meningkat. Akibatnya semakin banyak wilayah hutan dan pepohonan yang dibabat untuk lahan pertanian dan perkebunan. Semakin banyak kendaraan bermotor juga meningkatkan polusi berupa gas karbon dioksida dan gas berbahaya lain di udara.
2. Timbulnya masalah kesehatan baru
Banyaknya polusi dan limbah pabrik membuat munculnya penyakit baru seperti kanker. Makanan cepat saji dan penuh pengawet juga mengakibatkan penyakit seperti hipertensi dan diabetes.
3. Terkikisnya nilai budaya lokal
Dengan mudahnya komunikasi karrena moderniasai, nilai budaya lokal semakin terkikis oleh budaya Barat yang dominan. Misalnya adalah meningkatnya individualisme dan pergaulan bebas di wilayah perkotaan. Contoh lain adalah mulai dilupakannya bahasa lokal akibat digerus oleh pengaruh bahasa asing.
Latihan soal halaman 129
Muatan bahasa Indonesia
Cerita fiksi sesuai pengalaman pribadi
Bupena hal 131
Menang kalah tidak masalah
Bupena hal. 132
Muatan PPKn
Musyawarah sebagai bentuk persatuan dan kesatuan
Pada era globalisasi seperti sekarang ini perlu diadakannya musyawarah dalam memecahkan masalah ataupun persoalan. Seperti bunyi yang terdapat dalam Pancasila sila keempat yang berbunyi "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan", dalam sila keempat Pancasila terkandung nilai bahwa pentingnya mengutamakan musyawarah untuk mengambil keputusan, musyawarah untuk mufakat. Karena setiap warga negara memiliki kedudukan, hak, serta kewajiban yang sama, termasuk mengeluarkan pendapat dan suaranya dalam bermusyawarah.
Mengapa musyawarah itu penting? Musyawarah memiliki peranan penting karena selain untuk mencapai suatu keputusan tertentu, musyawarah juga untuk menghindarkan dari yang namanya "mau menang sendiri" alias memaksakan kehendak kita kepada orang lain. 
Dalam bermusyawarah yang diutamakan adalah kepentingan bersama, suara yang lebih banyak atau mayoritas bukan minoritas. Karena berdasarkan hasil pemilihan suara terbanyaklah yang menentukan keputusan yang akan diambil, maka dari itu suara yang sedikit atau biasa disebut minoritas diharuskan untuk menerima keputusan yang telah diambil karena keputusan tersebut memang untuk kepentingan bersama. 
Pembelajaran 5 
Muatan IPA 
Bulan sebagai satelit alami bumi 
Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya[d][7] dan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya,[e] dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa ​181 (1.23%) dari Bumi. Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit Jupiter.

BulanSimbol Bulan
Full moon in the darkness of the night sky. It is patterned with a mix of light-tone regions and darker, irregular blotches, and scattered with varying sizes of impact craters, circles surrounded by out-thrown rays of bright ejecta.
Bulan purnama terlihat dari belahan utara Bumi
Penamaan
Lunar atau selenic
Kata sifat Bahasa Inggrislunarselenic
Karakteristik orbit
Perigee363.295 km
(0,0024 AU)
Apogee405.503 km
(0,0027 AU)
384.399 km
(0,00257 AU)[1]
Eksentrisitas0,0549[1]
27,321582 h (27 d 7 h 43,1 min[1])
29,530589 h (29 d 12 h 44 min 2,9 s)
Kecepatan orbit rata-rata
1,022 km/s
Inklinasi5,145° ke ekliptika[2](antara 18,29° dan 28,58° ke khatulistiwaBumi)[1]
Mundur satu revolusidalam 18,6 tahun
Maju satu revolusi dalam 8,85 tahun
Satelit dariBumi
Karakteristik fisik
Radius rata-rata
1.737,10 km (0,273 Bumi)[1][3]
Radius khatulistiwa
1.738,14 km (0,273 Bumi)[3]
Radius kutub
1.735,97 km (0,273 Bumi)[3]
Kepepatan0,00125
Keliling10.921 km (khatulistiwa)
3,793×107 km2(0,074 Bumi)
Volume2,1958×1010 km3(0,020 Bumi)
Massa7,3477×1022 kg(0,012300 Bumi[1])
Massa jenis rata-rata
3,3464 g/cm3[1]
1,622 m/s2 (0,1654 g)
2,38 km/s
Periode rotasi sideris
27,321582 h (sinkron)
Kecepatan rotasi ekuator
4,627 m/s
1,5424° (ke ekliptika)
6,687° (ke bidang orbit)[2]
Albedo0,136[4]
Suhu permukaanmin.rata-ratamaks.
Khatulistiwa-173º C-53º C116º C
85°N[5]-203 °C-143º C-43º C
−2,5 sampai −12,9[a]
−12,74 (rata-rata bulan purnama)[3]
29,3 sampai 34,1 menit busur[3][b]
Atmosfer[6]
Tekanan permukaan
10−7 Pa (siang)
10−10 Pa (malam)[c]
Komposisi per volumeArHeNaKHRn
Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol. Bulan adalah benda langit yang paling terang setelah Matahari. Meskipun Bulan tampak sangat putih dan terang, permukaan Bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahanyang sedikit lebih tinggi dari aspal cair. Sejak zaman kuno, posisinya yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasapenanggalanseni, dan mitologi. Pengaruh gravitasi Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan dan pemanjangan waktu pada hari di Bumi. Jarak orbit Bulan dari Bumi saat ini adalah sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi, yang menyebabkan ukuran Bulan yang muncul di langit hampir sama besar dengan ukuran Matahari, sehingga memungkinkan Bulan untuk menutupi Matahari dan mengakibatkan terjadinya gerhana matahari total. Jarak linear Bulan dari Bumi saat ini meningkat dengan laju 3.82±0.07 cm per tahun, meskipun laju ini tidak konstan.[8]
Bulan diperkirakan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, tak lama setelah pembentukan Bumi. Meskipun terdapat sejumlah hipotesis mengenai asal usul Bulan, hipotesis yang paling diterima saat ini menjelaskan bahwa Bulan terbentuk dari serpihan-serpihan yang terlepas setelah sebuah benda langit seukuran Marsbertubrukan dengan Bumi.
Bulan adalah satu-satunya benda langit selain Bumi yang telah didarati oleh manusiaProgram Luna Uni Soviet adalah wahana pertama yang mencapai Bulan dengan pesawat ruang angkasa nirawak pada tahun 1959; program Apollo NASA Amerika Serikatmerupakan misi luar angkasa berawak satu-satunya yang telah mencapai Bulan hingga saat ini, dimulai dengan peluncuran misi berawak Apollo 8 yang mengorbit Bulan pada tahun 1968, dan diikuti oleh enam misi pendaratan berawak antara tahun 1969 dan 1972, yang pertama adalah Apollo 11. Misi ini kembali ke Bumi dengan membawa 380 kg batuan Bulan, yang digunakan untuk mengembangkan pemahaman geologimengenai asal usul, pembentukan struktur dalam, dan sejarah geologi Bulan.
Setelah misi Apollo 17 pada 1972, Bulan hanya disinggahi oleh pesawat ruang angkasa nirawak. Misi-misi tersebut pada umumnya merupakan misi orbit; sejak tahun 2004, JepangTiongkokIndiaAmerika Serikat, dan Badan Luar Angkasa Eropa telah meluncurkan wahana pengorbit Bulan, yang turut bersumbangsih terhadap penemuan es air di kawah kutub Bulan. Pasca Apollo, dua negara juga telah mengirimkan misi rover ke Bulan, yakni misi Lunokhod Soviet terakhir pada tahun 1973, dan misi berkelanjutan Chang'e 3RRC, yang meluncurkan rover Yutu pada tanggal 14 Desember 2013.
Misi berawak ke Bulan pada masa depan telah direncakan oleh berbagai negara, baik yang didanai oleh pemerintah atau swasta. Di bawah Perjanjian Luar Angkasa, Bulan tetap bebas dijelajahi oleh semua negara untuk tujuan damai.
Muatan SBdP
Upaya melestarikan tari kreasi  daerah 
Tari kreasi daerah adalah tari daerah yang telah diberikan inovasi dalam gerakan tari , musik pengiring maupun properti yang digunakan oleh penari. Tujuannya agar tari daerah dapat diterima oleh masyarakat seiring dengan perkembangan zaman. 
Mengetahui persamaan dan perbedaan antara tari kreasi daerah dengan tari daerah 
Berbagai Daerah - Secara umum tari kreasi dari berbagai daerah memiliki persamaan-persamaan dalam hal:
a. fungsi yang sama sebagai sarana upacara, hiburan, dan pertunjukan
b. gerakan-gerakan yang berpusat pada gerakan badan, tangan, dan kaki
c. iringan tari yang menggunakan alat musik dan nyanyi-nyanyian.
Namun, secara khusus tari kreasi dari berbagai daerah memiliki perbedaan-perbedaan sebagai berikut:
1) Gerak-gerakan yang berbeda (baca pada bagian "Keunikan Gerak Tari" di bawah ini).
2) Alat musik yang digunakan secara khusus berbeda (baca pada bagian "keunikan iringan musik" di bawah).
3) Busananya juga berbeda, sesuai dengan latar belakang tradisi daerah setempat.
Itulah sedikit tentang Persamaan dan Perbedaan Tari Kreasi dari Berbagai Daerah.
Muatan Bahasa Indonesia indonesia 
Menuliskan cerita fiksi berdasarkan gambar berseri ...
Cita - citaku
Bupena halaman 138

Komentar

Postingan Populer