09-10-2024

 Rabu, 09  Oktober 2024 

  P- 5 dan IPAS




                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah da pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an. 


KEGIATAN P-5 
Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat mincintai makanan tradisional Indonesia



PERSIAPAN ALAT dan BAHAN PEMBUATAN KUE TRADISIONAL INDONESIA ( KLEPON)
1. Peserta didik diajak untuk menuliskan persiapan memasak (alat, bahan, dan langkah pembuatan)
2. Peserta didik diminta untuk berkumpul bersama kelompok untuk berdiskusi tentang persiapan memasak makanan khas daerah. 
3. Setiap kelompok menuliskan alat, bahan, langkah pembuatan memasak makanan khas daerah 
4. peserta didik diberikan pengarahan oleh guru tentang cara pemakaian alat masak seperti blender, mesin oven, mixer dan lain-lain dan mengimbau untuk tetap berhati-hati saat menggunakan alat masak khususnya yang bersifat benda tajam seperti, pisau, parutan serbaguna, gunting, dan lain sebagainya. 
4. Peserta didik berbagi tugas dan peran dalam kelompoknya .

IPAS

Tujuan Pembelajaran : peserta didik dapat memahami materi yang telah dipelajari.

Model Belajar                        : Tanya Jawab


 Alat Perga /Sumber Belajar : LCD dan Modul LKS Cerdas

LATIHAN SOAL MATERI EKOSISTEM

  1. Produsen dalam suatu ekosistem adalah organisme yang….

     a. Memangsa hewan lain                  \

     b. Mengurai sisa-sisa organisme

               c. Menghasilkan makanan sendiri    

               d. Dimakan oleh konsumen

  1. Konsumen tingkat I dalam rantai makanan adalah organisme yang...

  a. Menghasilkan makanan sendiri          

 b. Memangsa produsen

  c. Mengurai organisme mati                

   d. Dimakan oleh konsumen tingkat III

  1. Peran pengurai dalam ekosistem adalah..

           a. Menghasilkan oksigen         

          b. Mengubah zat organik menjadi zat anorganik

           c. Memangsa hewan lain               

         d. Menyerap air dari tanah

  1. Rantai makanan yang benar adalah...

         a. Rumput - belalang - burung - ular - elang

         b. Ular - burung - belalang - rumput

         c. Elang - ular - burung - belalang – rumput

        d. Rumput - ular - burung - belalang

  1. Apa yang dimaksud dengan tingkat trofik dalam rantai makanan?

            a. Posisi organisme dalam rantai makanan 

            b. Jumlah organisme dalam suatu ekosistem

            c. Ukuran organisme dalam suatu ekosistem     

          d. Jenis makanan yang dikonsumsi organisme

6.   6.   Hewan herbivora menempati tingkat trofik sebagai..

a. Produsen b. Konsumen tingkat I c. Konsumen tingkat II d. Pengurai

7.    7.  Jika populasi produsen dalam suatu ekosistem menurun drastis, maka yang         akan terjadi   adalah... 

   a. Populasi konsumen akan meningkat       

   b. Populasi pengurai akan menurun

             c. Keseimbangan ekosistem akan terjaga    

             d. Populasi semua organisme akan meningkat

     8. Contoh rantai makanan di ekosistem sawah adalah... 

          a. Padi - tikus - ular - elang                       

         b. Ikan - serangga air - katak – ular

          c. Rumput - belalang - burung - kucing     

        d. Fitoplankton - zooplankton - ikan kecil - ikan besar

  1. Apa yang terjadi jika salah satu mata rantai dalam rantai makanan putus?

    a. Tidak akan berpengaruh pada organisme lain

    b. Hanya mempengaruhi organisme pada tingkat trofik di atasnya

    c. Dapat mengganggu keseimbangan ekosistem

   d. Hanya mempengaruhi organisme pada tingkat trofik di bawahnya

10.Mengapa produsen selalu menjadi awal dari rantai makanan?

           a. Karena produsen jumlahnya paling banyak

          b. Karena produsen dapat menghasilkan makanan sendiri

    c. Karena produsen ukurannya paling besar

    d. Karena produsen hidup di darat

    11. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang...

         a. Salah satu untung, yang lain rugi

         b. Salah satu untung, yang lain tidak untung dan tidak rugi

         c. Kedua-duanya untung   

         d. Kedua-duanya rugi

12. Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua organisme yang...

                a. Salah satu untung, yang lain rugi                             

                b. Salah satu untung, yang lain tidak untung dan tidak rugi

               c. Kedua-duanya untung

                d. Kedua-duanya rugi

13.  Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara...

                a. Ikan remora dan hiu               b. Bunga dan kupu-kupu

                c. Benalu dan pohon inang         d. Harimau dan rusa

          14. Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara dua organisme yang... 

              a. Salah satu untung, yang lain rugi

              b. Salah satu untung, yang lain tidak untung dan tidak rugi

              c. Kedua-duanya untung

              d. Kedua-duanya rugi

15. Contoh simbiosis parasitisme adalah hubungan antara..  a. Bunga dan kupu-kupu     b. Ikan remora dan hiu  c. Benalu dan pohon inang          d. Cacing tanah dan tumbuhan

16.        Hewan yang hidup di dalam usus manusia dan menyerap sari makanan adalah contoh simbiosis... 

     a. Mutualisme b. Komensalisme 

    c. Parasitisme d. Predasi

17.        Hubungan antara bunga dan lebah merupakan contoh simbiosis...

   a. Mutualisme b. Komensalisme 

   c. Parasitisme d. Predasi

19.        Manakah dari berikut ini yang bukan merupakan contoh simbiosis? 

     a. Burung jalak memakan kutu pada kerbau

     b. Anggrek menempel pada batang pohon

     c. Singa memangsa zebra

     d. Bakteri Rhizobium hidup pada akar kacang-kacangan

20.Simbiosis mutualisme sangat penting bagi kelangsungan hidup organisme karena...

 a. Membantu organisme mendapatkan makanan

 b. Membantu organisme melindungi diri

 c. Membantu organisme berkembang biak

                 d. Semua jawaban benar

Refleksi pembelajaran  hari ini 

Alhamdulillah sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal IPAS materi ekosistem dengan baik

Dokumentasi kegiatan hari ini















Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer