8-10-2024



 Selasa, 08  Oktober 2024 

 MATEMATIKA, PEND. PANCASILA dan IPAS



                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah da pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an. Kemari kita mempelajari perbandingan pecahan sekarang kita lanjutkan mempelajari  operasi penjumlah dan pengurang pecahan campuran.

MATEMATIKA

 Pecahan Campuran 


Tujuan Pembelajaran :Peserta didik melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran


Model belajar :Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)

 

Alat Peraga /Sumber belajarr :gambar, video Pembelajaran pecahan campuran


Pecahan Campuran adalah bentuk pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Misalnya, 2 1/2 adalah pecahan campuran, di mana 2 adalah bilangan bulat dan 1/2 adalah pecahan biasa.

Mengapa Kita Perlu Mengubahnya?

Sebelum melakukan penjumlahan atau pengurangan, biasanya kita mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Ini memudahkan kita dalam melakukan operasi hitung.

Cara Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa:

  1. Kalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan.
  2. Tambahkan hasil perkalian dengan pembilang pecahan.
  3. Hasil penjumlahan menjadi pembilang pecahan biasa.
  4. Penyebut tetap sama.

Contoh: Ubah 2 1/2 menjadi pecahan biasa.

  • (2 x 2) + 1 = 5
  • Jadi, 2 1/2 = 5/2

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran:

  1. Ubah semua pecahan campuran menjadi pecahan biasa.
  2. Samakan penyebut jika berbeda.
  3. Jumlahkan atau kurangkan pembilang.
  4. Penyebut tetap sama.
  5. Ubah kembali hasilnya ke pecahan campuran (jika perlu).

Contoh: Hitung 2 1/2 + 1 3/4

  • Ubah menjadi pecahan biasa: 5/2 + 7/4
  • Samakan penyebut: (5/2 x 2/2) + 7/4 = 10/4 + 7/4
  • Jumlahkan: 10/4 + 7/4 = 17/4
  • Ubah ke pecahan campuran: 17/4 = 4 1/4

Jadi, 2 1/2 + 1 3/4 = 4 1/4

Tips:

  • Latihan: Semakin banyak berlatih, semakin mahir kamu.
  • Visualisasi: Kamu bisa menggunakan gambar atau benda untuk membantu memahami konsep.
  • Perhatikan tanda: Jangan lupa tanda positif dan negatif saat mengoperasikan bilangan. 
 Berikut beberapa  contoh soal penjumlahan pecahan campuran beserta pembahasannya:                     
 
Contoh 1:
  • Hitunglah: 3 ½ + 2 ¼

  • Langkah 1: Ubah ke pecahan biasa
    • 3 ½ = (3 x 2 + 1) / 2 = 7/2
    • 2 ¼ = (2 x 4 + 1) / 4 = 9/4
  • Langkah 2: Samakan penyebut (cari KPK dari 2 dan 4)
    • KPK dari 2 dan 4 adalah 4
    • 7/2 = (7 x 2) / (2 x 2) = 14/4
  • Langkah 3: Jumlahkan pembilang
    • 14/4 + 9/4 = 23/4
  • Langkah 4: Ubah kembali ke pecahan campuran
    • 23/4 = 5 ¾

Jadi, 3 ½ + 2 ¼ = 5 ¾

Contoh 2:

Hitunglah: 1 ⅔ + 2 ⅕

  • Langkah 1: Ubah ke pecahan biasa
    • 1 ⅔ = (1 x 3 + 2) / 3 = 5/3
    • 2 ⅕ = (2 x 5 + 1) / 5 = 11/5
  • Langkah 2: Samakan penyebut (cari KPK dari 3 dan 5)
    • KPK dari 3 dan 5 adalah 15
    • 5/3 = (5 x 5) / (3 x 5) = 25/15
    • 11/5 = (11 x 3) / (5 x 3) = 33/15
  • Langkah 3: Jumlahkan pembilang
    • 25/15 + 33/15 = 58/15
  • Langkah 4: Ubah kembali ke pecahan campuran
    • 58/15 = 3 13/15

Jadi, 1 ⅔ + 2 ⅕ = 3 13/15

Contoh 3: Soal Cerita

Budi memiliki 2 ½ kg apel. Ia membeli lagi 1 ¾ kg apel. Berapa kg apel yang dimiliki Budi sekarang?

  • Penyelesaian:
    • Kita jumlahkan kedua berat apel: 2 ½ kg + 1 ¾ kg
    • Dengan cara yang sama seperti contoh sebelumnya, kita dapatkan hasil: 2 ½ kg + 1 ¾ kg = 4 ¼ kg

Jadi, Budi sekarang memiliki 4 ¼ kg apel.

Ingin mencoba soal lain? Kamu bisa buat soal sendiri dengan mengganti bilangan bulat dan pecahannya. Atau, kamu bisa mencari soal-soal latihan di buku pelajaran atau internet.

Tips:

  • Latihan terus-menerus: Semakin sering berlatih, semakin mahir kamu.
  • Pahami konsep: Pastikan kamu memahami konsep mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa dan mencari KPK.
  • Periksa kembali jawaban: Setelah mendapatkan hasil, periksa kembali perhitunganmu. 

Ingin mencoba soal lain? Atau ada bagian yang belum jelas? Jangan ragu untuk bertanya!

Materi Tambahan yang Mungkin Bermanfaat:

  • Video Tutorial: Banyak video di YouTube yang menjelaskan dengan lebih visual. Coba cari dengan kata kunci "penjumlahan pecahan campuran" atau "pengurangan pecahan campuran".
  • Soal Latihan: Cari buku atau website yang menyediakan soal-soal latihan untuk mengasah kemampuanmu.

Semoga penjelasan ini bermanfaat!

🍄PENDIDIDKAN PANCASILA🍄

78
1. Tanggal 1 Juni 1945 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, Penetapan ini didasarkan pada sejarah ketika Presiden Soekarno melakukan pidato yang menyampaikan konsep dasar Pancasila
dalam sidang ....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Piagam Jakarta
d. Kemerdekaan

2. Bunyi Pancasila yang disebutkan oleh Ir. Soekarno dalam pidato tanggal 1 Juni 1945 adalah ….
a. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat
b. Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Internasionalisme atau perikemanusiaan
Demokrasi, Keadilan
c. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Perikerakyatan, Kesejahteraan
rakyat, Perikebangsaan
d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa

3. Pancasila disahkah dalam sidang PPKI pada tanggal ....
a. 15 Agustus 1945
b. 16 Agustus 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945

4. Perhatikan nama-nama tokoh berikut ini!
(1) Soekarno
(2) Mohammad Hatta
(3) Mr. A.A. Maramis
(4) Bung Tomo
(5) Abikoesno Tjokrosoejoso
(6) Abdul Kahar Muzakir
(7) Agus Salim
(8) Achmad Soebardjo
(9) Wahid Hasjim
(10) Mohammad Yamin.
Tokoh yang termasuk dalam Panitia Sembilan ditandai dengan nomor ….
a. (1), (2), (3), (4)
b. (3), (4), (5), (6)
c. (4), (5), (7), (8)
d. (7), (8), (9), (10)

5. Bunyi sila yang dilambangkan oleh gambar di bawah ini adalah ....

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 1

a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

6. Pengambilan keputusan harus dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama demi kebaikan bersama. Pernyataan tersebut merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari pengambilan keputusan, yaitu nilai ....
a. lapang dada
b. berjiwa besar
c. kebersamaan
d. kebebasan mengemukakan pendapat

7. Indonesia memiliki kekayaan berupa keberagaman. Namun, Indonesia tetap memiliki semangat persatuan yang tercermin dalam semboyan negara kita, yaitu ....
a. Pancasila
b. Persatuan Indonesia
c. UUD 1945
d. Bhinneka Tunggal Ika

8. Nilai-nilai keadilan tercermin dalam Pancasila sila ....
a. kedua
b. ketiga
c. keempat
d. kelima

9. Perhatikan gambar berikut ini !

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 2

Kegiatan anak pada gambar merupakan penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ....
a. rumah
b. sekolah
c. kelas
d. masyarakat

10. Indonesia memiliki keberagaman dalam berbagai aspek. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk-bentuk keberagaman yang ada di Indonesia adalah ....
a. bahasa nasional
b. agama
c. suku
d. rumah adat

11. Pancasila berperan sebagai pembina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa ....
a. Pancasila hanya ada di Indonesia
b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
c. keberadaan Pancasila telah ada sejak dulu
d. sila-sila dalam Pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan

12. Sikap berikut ini yang mencerminkan penerapan sila keempat Pancasila di lingkungan sekolah adalah ….
a. melaksanakan doa
b. menjenguk teman yang sakit
c. memberi alat tulis kepada anak
d. memilih ketua kelas

13. Mengutamakan kepentingan dan keselamatan negara daripada kepentingan golongan pribadi atau kelompok, seperti ras, agama, golongan, dan partai merupakan nilai yang terkandung pada sila ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

14. Sikap yang termasuk pengamalan nilai-nilai sila Pancasila yang dilambangkan seperti gambar berikut ini adalah ….

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 3

a. tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil rapat
b. sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa jika diperlukan
c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
d. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan

15. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan merupakan perwujudan pengamalan sila ....
a. Ketuhanan yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

16. Tidak merugikan kepentingan umum mencerminkan pengamalan nilai Pancasila, yakni sila ....
a. Persatuan Indonesia
b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
c. Ketuhanan yang Maha Esa
d. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

17. Dalam memenuhi semua kebutuhan, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Karena itu, manusia disebut sebagai ....
a. makhluk individu
b. makhluk mandiri
c. makhluk sosial
d. makhluk ciptaan Tuhan

18. Pernyataan berikut ini yang tidak menunjukkan tujuan kegiatan gotong royong adalah ….
a. meningkatkan kekompakan sosial.
b. memperkuat dan menjalin persaudaraan
c. meringankan beban pekerjaan.
d. tercipta keadilan sosial

19. Gotong royong memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Berikut ini kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan cara gotong royong adalah ....
a. piket kelas
b. ujian sekolah
c. kerja bakti
d. membantu korban bencana alam

20. Perilaku saling menolong atau memberi bantuan untuk meringankan beban disebut ....
a. tolong menolong
b. kerja bakti
c. gotong royong
d. persatuan

21. Bentuk tolong-menolong di lingkungan masyarakat adalah ....
a. menjaga kebersihan rumah
b. tidak gaduh ketika pembelajaran berlangsung
c. menolong tetangga yang sedang kesusahan
d. melaksanakan piket kelas

22. Menyayangi dan memperhatikan semua anggota keluarga merupakan bentuk keluarga yang menggambarkan fungsi ....
a. pendidikan
b. cinta kasih
c. perlindungan
d. ekonomi

23. Setiap orang dapat memiliki pendapat yang berbeda mengenal suatu masalah. Jika setiap orang bertekad mempertahankan pendapatnya dan tidak mau menghargai pendapat orang lain, tentu akan terjadi ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. perpecahan
d. hidup rukun

24. Istilah "Bhinneka Tunggal Ika' dipetik dari Kitab Sutasoma karya ....
a. Mpu Gandring
b. Mpu Prapanca
c. Mpu Tantular
d. Gajah Mada

25. Ketika pembelajaran di kelas sedang berlangsung, kewajiban murid adalah ....
a. membantu membersihkan papan tulis
b. mendengarkan penjelasan dari guru
c. bermain dengan teman sebangku
d. mengerjakan tugas mata pelajaran lain

26. Aktivitas bekerja sama, tolong-menolong, dan bantu-membantu disebut ....
a. persatuan
b. kesatuan
c. gotong royong
d. interaksi

27. Rumah gadang merupakan rumah adat yang berasal dari ....
a. Sumatra Utara
b. Sumatra Barat
c. Jawa Barat
d. Jawa Timur

28. Perilaku tolong-menolong di lingkungan masyarakat ialah ….
a. membantu merapikan kamar tidur
b. menjaga kebersihan kelas
c. meminjamkan peralatan sekolah kepada teman
d. membantu orang tua menyeberang jalan

29. Satu di antara fungsi keluarga adalah menyiapkan anak agar menjadi anggota masyarakat yang baik. Hal ini disebut fungsi ....
a. pendidikan
b. sosialisasi
c. perlindungan
d. ekonomi

30. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan perilaku menghormati orang yang lebih tua adalah ….
a. mendengarkan nasihat
b. tidak membantah
c. berbicara dengan sopan
d. rekreasi bersama keluarga

31. Suku berikut ini yang mendiami Pulau Kalimantan adalah ....
a. Jawa
b. Batak
c. Dayak
d. Asmat

32. Perhatikan gambar berikut ini!

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 4

Senjata pada gambar di samping berasal dari ....
a. Jawa Tengah
b. Madura
c. Sumatra Utara
d. Papua

33. Bentuk interaksi berikut ini yang tidak dilakukan di sekolah adalah ....
a. membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
b. mengerjakan tugas dan berdiskusi secara berkelompok
c. membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran
d. membersihkan halaman bersama kakak

34. Pada akhir semester nanti, kelas akan mengadakan rekreasi bersama. Ada beberapa teman yang ingin pergi ke kebun binatang. Beberapa teman lain ingin ke pantai. Sebagian lainnya ingin pergi mengunjungi museum. Untuk menentukan tujuan yang akan didatangi sebaiknya mereka melakukan ....
a. tolong-menolong
b. musyawarah
c. hidup rukun
d. toleransi

35. Keragaman alat musik daerah tersebar di berbagai wilayah. 

Contoh Soal PTS/STS 1 Pendidikan Pancasila Kelas 5 Kurikulum Merdeka Gambar 5

Alat musik seperti pada gambar berasal dari ….
a. Sumatra Barat
b. Sumatra Selatan
c. Kalimantan Barat
d. Sulawesi Utara

Kunci Jawaban

1. b. BPUPKI
2. d. Kebangsaan, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan sosial, Ketuhanan
Yang Maha Esa
3. d. 18 Agustus 1945
4. d. (7), (8), (9), (10)
5. d. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
6. c. kebersamaan
7. d. Bhinneka Tunggal Ika
8. d. kelima
9. d. masyarakat
10. a. bahasa nasional
11. b. dengan Pancasila, bangsa Indonesia dapat bersatu
12. d. memilih ketua kelas
13. c. ketiga
14. c. tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
15. a. Ketuhanan yang Maha Esa
16. b. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
17. c. makhluk sosial
18. d. tercipta keadilan sosial
19. b. ujian sekolah
20. a. tolong menolong
21. menolong tetangga yang sedang kesusahan
22. b. cinta kasih
23. c. perpecahan
24. c. Mpu Tantular
25. b. mendengarkan penjelasan dari guru
26. c. gotong royong
27. b. Sumatra Barat
28. d. membantu orang tua menyeberang jalan
29. a. pendidikan
30. d. rekreasi bersama keluarga
31. c. Dayak
32. a. Jawa Tengah
33. d. membersihkan halaman bersama kakak
34. b. musyawarah
35. b. Sumatra Selatan6.norma agama bersumber dari............

Romawi II

1.norma kesusilaan berasal dari hati nurani, hati nurani kita dapat membedakan antara perbuataan baik dan..................

2.Tuliskan Contoh perilaku yang mencerminkan norma kesopanan adalah...

3. apa yang kamu ketahui tentang hak dan kewajiban ?

4.. berasal dari bahasa apa nama pancasila ............

5.      Tuliskan nama tokoh-tokoh pantia 9 ?

1.    KUNCI

1.      1.Buruk

2.    2. Mengucapkan salam ketika bertemu, menggunakan bahasa yang sopan ketika berbicara

3.    3.  Hak : sesuatu yang secara sah atau moral dapat diterima atau miliki oleh individu        KeWajiBan : tanggung jawab atau tuntunan yang harus dipenuhi

4.    4. Sangsekerta.

1.    5.  Ir. Soekarno

-          Moh. Hatta

-          Moh. Yamin

-          Ahmad soebarjo

-          Kyai Hi. Wahid Hasim

-          Mr. AA .Maramis

-          Abi kusno cokrco Sujoso

-          HI.Agus Salim

-          Abdul Kahar Muzakir

 

 

Mapel Ipas 
Materi bunyi dan cahaya 
Media pembelajaran : LCD proyektor, buku ipas dan modul LKS 
Metode pembelajaran : Tanya jawab soal ipas

Jawaban: 
  1. Sebutkan tiga sifat bunyi!

    • Jawaban: 1) Frekuensi, 2) Amplitudo, 3) Kecepatan.
  2. Jelaskan perbedaan antara gelombang longitudinal dan gelombang transversal!

    • Jawaban: Gelombang longitudinal memiliki arah getaran yang sejalan dengan arah rambat gelombang (misal: bunyi), sedangkan gelombang transversal memiliki arah getaran yang tegak lurus terhadap arah rambat gelombang (misal: gelombang air).
  3. Apa yang dimaksud dengan frekuensi bunyi?

    • Jawaban: Frekuensi bunyi adalah jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik, diukur dalam hertz (Hz).
  4. Bagaimana kecepatan bunyi di udara dibandingkan dengan di air?

    • Jawaban: Kecepatan bunyi lebih cepat di air daripada di udara.
  5. Apa yang terjadi pada bunyi ketika melalui medium yang berbeda?

    • Jawaban: Bunyi dapat berubah kecepatan dan arah, serta mengalami pembiasan dan pemantulan.
  6. Sebutkan satu contoh sumber bunyi alami dan satu contoh sumber bunyi buatan!

    • Jawaban: Sumber bunyi alami: petir; sumber bunyi buatan: gitar.
  7. Apa yang dimaksud dengan resonansi dalam konteks bunyi?

    • Jawaban: Resonansi adalah fenomena ketika frekuensi bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi sejalan dengan frekuensi alami suatu objek, menyebabkan objek tersebut bergetar lebih kuat.
  8. Bagaimana manusia dapat mendengar bunyi? Deskripsikan prosesnya!

    • Jawaban: Bunyi memasuki telinga, getaran menyebabkan gendang telinga bergetar, dan sinyal diteruskan ke otak melalui saraf pendengaran.
  9. Apa yang dimaksud dengan echo?

    • Jawaban: Echo adalah suara yang terdengar kembali setelah bunyi dipantulkan oleh suatu permukaan.

Cahaya

10. Apa itu cahaya?Jawaban: Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh mata manusia.

  1. Jelaskan perbedaan antara cahaya terpantul dan cahaya diteruskan!awaban: Cahaya terpantul adalah cahaya yang memantul kembali setelah mengenai permukaan, sedangkan cahaya diteruskan adalah cahaya yang melanjutkan perjalanannya melalui medium.

  2.  Refleksi pembelajaran hari ini 

  3. Alhamdulillah sebagian peserta didik dapat menyelesaikan soal tentang penjumlahan pecahan campuran dan menyelesaikan pembahasan soal Pendidikan Pancasila.

  4. Dokumentasi kegiatan ini ini















Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer