23-10-2024

 Rabu, 23 Oktober 2024 

   P-5,  dan IPAS



                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin. Pada hari ini kita akan belajar materi P-5 dan musyawarah  serta soal-soal latihan keseimbangan ekosistem

Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah dan pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an.

Baiklah sholih sholiha, sebelum Ibu menjelaskan materi kegiatan P5 hari ini, ibu akan menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu 

Peserta didik dapat mengevaluasi kegiatan P5 dari awal sampai hari ini sebelum. Melaksanakan aksi nyata / praktek membuat makanan khas tradisional. 

Adapun tugas hari ini 

*Aktifitas ke 11*

Kegiatan :

1. Peserta didik mengerjakan tugas yang telah di siapkan guru

2. Kertas tugas Boleh di print atau di tulis di Buku khusus P5  di tampilkan ke proyektor 

3. Guru mengisi Asesmen Formatif Di kelas masing-masing  yang sudah di siapkan oleh team P5 

4. Penilaian setiap dimensi di ceklis (✓) satu satu saja.

Silahkan sholih sholihah kerjakan secara mandiri. Berikut soal P5

IPAS

Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menjawab soal-soal tentang keseimbangan ekosistem dengan baik

Soal No.1
Perhatikan gambar di bawah!
Populasi belalang pada jaring-jaring makanan di atas akan meningkat apabila ....
A. populasi jagung menurun
B. populasi tikus meningkat
C. popukasi ular meningkat
D. populasi katak menurun

Soal No.2
Perhatikan gambar di bawah!
Apabila terjadi perburuan elang untuk diperjualbelikan, maka menyebabkan ....
A. belalang kekurangan makanan
B. katak kekurangan makanan
C. populasi tikus bertambah
D. populasi ular bertambah

Soal No.3
Organisme yang paling banyak memutuskan rantai makanan apabila populasinya menurun yaitu.....
A. Produsen
B. Konsumen tersier
C. Konsumen primer
D. Konsumen sekunder

Soal No.4
Perhatikan gambar di bawah!
Faktor alam yang menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem ditunjukkan oleh gambar nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.4
Menanam kembali tanaman dapat menjaga ekosistem tetap stabil karena dapat. . .
A. mengurangi makanan hewan herbivora
B. meningkatkan populasi dekomposer
C. meningkatkan populasi produsen
D. mengurangi makanan hewan karnivora

Soal No.5
Perhatikan gambar di bawah!
Belalang diburu manusia sehingga populasinya menurun. Peristiwa tersebut menyebabkan ....
A. makanan ulat menurun
B. makanan sawi menurun
C. makanan tikus bertambah
D. makanan katak bertambah

Soal No.6
Manusia memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Berikut ini salah satu tindakan nyatanya yaitu...
A. memperjualbelikan hewan langka
B. menangkap ikan dengan listrik
C. menggunakan sistem tebang pilih
D. membuang sampah di danau

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Aktivitas manusia pada gambar di atas dapat mengakibatkan....
A. populasi tanaman menurun
B. populasi ular meningkat
C. populasi singa menurun
D. populasi ikan meningkat

Soal No.10
Perhatikan makhluk hidup berikut!
  1. produsen
  2. konsumen tingkat 2
  3. konsumen tingkat 3
  4. dekomposer
Transfer energi tidak akan terjadi pada jaring-jaring makanan apabila komponen nomor...hilang
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.10
Ketidakseimbangan ekosistem menyebabkan Pak Anton mengalami gagal panen padi. Penyebab hal tersebut terjadi yaitu....
A. populasi elang menurun
B. populasi ular meningkat
C. populasi tikus meningkat
D. populasi jamur menurun

SOAL ESSAY
    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Beri contoh Faktor alam yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem? 3
  2. Beri contoh Faktor manusia yang bisa mengganggu ketidakseimbangan ekosistem?3
  3. Apakah yang dimaksud rantai makanan berikan contohnya?
  4. Apa peran manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem?
  5. Apa yang terjadi saat konsumen tingkat 3 hilang dari ekosistem?

Refleksi Kegiatan Hari Ini
Alhamdulillah pembelajaran hari ini sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal-soal P5 tentang makanan tradisional Indonesia dan IPAS sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal-soal keseimbangan ekosistem 
Dokumentasi kegiatan hari ini










Komentar

Postingan Populer