10-10-2024
Kamis, 10 Oktober 2024
Bahasa Indonesia, Matematika dan Seni Rupa
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5A
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan kalian mendengarkan tausiah da pahami isinya,sholat dhuaha berjamaah dan membaca Al Qur'an. Kemari kita mempelajari penjumlahan pecahancampuran sekarang kita lanjutkan mpembhahasan soal-soal persiapan STS semster ganjil
Tujuan Pembelajaran :Dengan pembahasan soal - soal persiapan STS menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik
Model Belajar : Tanya Jawab
Alat Perga /Sumber Belajar : LCD dan Modul LKS Cerdas
Kunci Jawaban Romawi I
Kunci Jawaban Romawi II
Mapel Bahasa Indonesia Tp. peserta didik dapat memahami macam- macam majas, kalimat lamgsung dan tak lamgsung, unsur -unsur insttinsik cerita Media pembelajaran : LCD proyektor, PPT, buku cetak B. Indonesia . Metode : Tanya jawab
Materi : majas, kalimat langsung dan tak langsung , unsur- unsur insttinsik cerita
Berikut adalah beberapa macam majas beserta penjelasannya:
1. Majas Personifikasi: Memberikan sifat manusia kepada benda mati atau hal abstrak. Contoh: "Angin berbisik lembut di telingaku."
2. Majas Metafora: Mengganti satu kata dengan kata lain yang memiliki makna yang serupa untuk menciptakan perbandingan. Contoh: "Dia adalah raja di sekolah."
3. Majas Simile: Perbandingan langsung dengan kata penghubung seperti "seperti" atau "bagaikan." Contoh: "Wajahnya bersinar seperti bulan purnama."
4. Majas Hiperbola: Pernyataan yang berlebihan untuk memberikan efek dramatis. Contoh: "Aku sudah menunggu seribu tahun."
5. Majas Litotes: Pernyataan yang merendahkan diri atau situasi untuk menekankan sesuatu. Contoh: "Saya bukan orang yang pintar, tetapi bisa sedikit."
6. Majas Ironi: Menyatakan sesuatu yang bertentangan dengan maksud sebenarnya. Contoh: "Bagus sekali, kamu datang tepat waktu!" (padahal terlambat).
7. Majas Alusio: Mengacu pada suatu peristiwa, tokoh, atau karya terkenal. Contoh: "Dia sangat berbakat, seperti Mozart dalam musik."
8. Majas Antithesis Menggunakan dua ide yang berlawanan untuk menekankan perbedaan. Contoh: "Kau bisa memilih untuk hidup dalam kegelapan atau menerangi hidupmu."
9. Majas Paradox Pernyataan yang tampaknya bertentangan tetapi mengandung kebenaran. Contoh: "Semakin kau tahu, semakin kau merasa bodoh."
10. Majas Asonansi: Pengulangan bunyi vokal dalam kata-kata yang berdekatan. Contoh: "Dia melangkah dengan penuh rasa hati."
Setiap majas memiliki fungsi dan tujuan tertentu dalam bahasa, baik untuk mengekspresikan emosi maupun memperindah ungkapan.
Materi kalimat langsung dan tak langsung Berikut adalah penjelasan tentang kalimat langsung dan tak langsung beserta contohnya:
Kalimat LangsungKalimat langsung adalah kalimat yang menyampaikan ucapan atau pernyataan seseorang secara langsung. Biasanya ditandai dengan tanda petik.
Contoh:1. Ucapannya:"Saya akan pergi ke pasar."2. Dialog:Dia berkata, "Kita harus belajar bersama."
Kalimat Tak LangsungKalimat tak langsung adalah kalimat yang menyampaikan ucapan atau pernyataan seseorang tanpa menggunakan tanda petik. Dalam kalimat ini, biasanya ada perubahan bentuk kata atau struktur kalimat.
Contoh:1. Ucapannya:Dia berkata bahwa dia akan pergi ke pasar.2. Dialog:Dia mengatakan bahwa kita harus belajar bersama. Perbedaan Utama
- Tanda Petik:Kalimat langsung menggunakan tanda petik, sedangkan kalimat tak langsung tidak.- Struktur Kalimat:** Kalimat tak langsung sering kali memerlukan perubahan kata kerja, kata ganti, dan waktu.
Contoh Lain1. Kalimat Langsung:** "Besar sekali cuaca hari ini," kata Rina.2. Kalimat Tak Langsung:** Rina berkata bahwa cuaca hari ini sangat besar.
Memahami perbedaan ini penting dalam penulisan dan pengucapan bahasa yang tepat.
Unsur-unsur intrinsik dalam sebuah cerita meliputi elemen-elemen yang membentuk struktur dan isi cerita tersebut. Berikut adalah beberapa unsur intrinsik yang penting:
1. Tema Ide pokok atau pesan yang ingin disampaikan dalam cerita. Contoh: cinta, persahabatan, perjuangan.
2. Alur Rangkaian peristiwa dalam cerita yang biasanya terdiri dari pengenalan, konflik, klimaks, dan penyelesaian.
3. Karakter: Tokoh-tokoh dalam cerita yang memiliki peran penting. Karakter dapat dibedakan menjadi protagonis (tokoh utama) dan antagonis (tokoh penentang).
4. Latar: Tempat, waktu, dan suasana di mana cerita berlangsung. Latar dapat mempengaruhi mood dan perkembangan cerita.
5. Amanat: Pesan moral atau pelajaran yang dapat diambil dari cerita. Ini sering kali berkaitan dengan tema.
6. Sudut Pandang Perspektif dari mana cerita diceritakan, seperti sudut pandang orang pertama, kedua, atau ketiga.
7. Gaya Bahasa: Cara penulis menggunakan bahasa, termasuk pilihan kata, nada, dan ritme, yang memberikan keunikan pada cerita.
8. Konflik Masalah atau pertentangan yang dihadapi oleh karakter, yang menjadi pendorong utama dalam alur cerita.
Setiap unsur ini saling berhubungan dan berkontribusi dalam membentuk keseluruhan cerita.SENI RUPA1. Karya
seni patung umumnya lebih menonjolkan unsur...
a. Garis dan warna b . Bentuk
dan ruang
c. Tekstur dan warna d. Garis
dan bentuk
2. Dalam
sebuah poster, unsur warna berfungsi untuk...
a. Menarik perhatian b. Memberi
informasi
c. Menciptakan suasana d. Semua jawaban
benar
3. Karya
seni kolase memanfaatkan berbagai macam bahan untuk menciptakan..
a. Tekstur yang beragam c. Bentuk yang unik
b. Warna yang menarik d. Semua jawaban
benar
4. Karya
seni abstrak lebih menekankan pada...
a. Bentuk yang nyata c. Cerita
yang ingin disampaikan
b. Ekspresi perasaan seniman d. Teknik pembuatan yang rumit
5. Unsur
seni rupa yang paling dasar dan menjadi cikal bakal terbentuknya unsur lain
adalah...
a. Garis b. Warna c . Bentuk d. Titik
6.
Bidang yang dibatasi oleh garis dan memiliki ruang di dalamnya disebut..
a. Titik b. Garis c. Bentuk d. Tekstur
7.Contoh bentuk
geometris adalah...
a. Bulat, persegi, segitiga c. Awan, pohon, rumah
b. Kasar, halus, lembut d. Terang, gelap, terang-terangan
8. Perasaan yang ditimbulkan oleh warna merah adalah...
a.Tenang . b. Dingin c. Cerah d, panas
9. Manakah dari berikut ini yang merupakan
contoh ritme repetitif dalam seni rupa?
a. Pola
garis-garis melengkung yang berulang pada sebuah lukisan abstrak
b. Perubahan warna yang gradual dari gelap ke
terang pada lukisan matahari terbenam
c. Bentuk
lingkaran yang semakin besar secara berurutan pada sebuah poster
d. Kombinasi
bentuk organik dan geometris pada sebuah patung
10. Apa yang dimaksud
dengan ritme mengalir dalam seni rupa?
a.
Pengulangan bentuk yang sama secara persis
b. Perubahan bentuk secara bertahap dan
berkelanjutan
c. Perbedaan yang kontras antara dua elemen
desain
d. Penggunaan garis untuk menciptakan batas
yang tegas
11. Contoh
ritme oposisi dapat ditemukan pada...
a. Pola ubin lantai yang berulang
b.
Bentuk-bentuk geometris yang beraturan
c.
Kombinasi garis lurus dan lengkung pada sebuah karya seni
d. Gradien warna pada sebuah logo
12. Gelap terang dalam sebuah karya seni berfungsi
untuk...
a. Membuat gambar menjadi datar
b. Menciptakan kesan ruang dan volume
c.
Membuat gambar menjadi berwarna
d. Membuat gambar menjadi abstrak
13.Motif batik kawung memiliki pola berbentuk irisan buah kawung atau kolang kaling.Dalam Masyarakat Jawa buah ini bermakna berbuat kebaikan tidak perlu diketahui orang lain.. Buah Kolang kaling bersal dari pohon...
a. Pinang b Mangga c.Kelapa d. Aren
14. Unsur seni rupa yang dapat
memberikan kesan gerakan adalah...
a. Garis b Tekstur c.Warna d. Bentuk
15. Dalam lukisan pemandangan, unsur warna digunakan
untuk...
a. Menciptakan suasana yang berbeda-beda
b,Membuat gambar menjadi hitam putih
c. Membuat gambar
menjadi lebih kecil
d. Membuat gambar
menjadi lebih besar
1. Karya seni patung umumnya lebih menonjolkan unsur...
a. Garis dan warna b . Bentuk dan ruang
c. Tekstur dan warna d. Garis dan bentuk
2. Dalam sebuah poster, unsur warna berfungsi untuk...
a. Menarik perhatian b. Memberi informasi
c. Menciptakan suasana d. Semua jawaban benar
3. Karya seni kolase memanfaatkan berbagai macam bahan untuk menciptakan..
a. Tekstur yang beragam c. Bentuk yang unik
b. Warna yang menarik d. Semua jawaban benar
4. Karya seni abstrak lebih menekankan pada...
a. Bentuk yang nyata c. Cerita yang ingin disampaikan
b. Ekspresi perasaan seniman d. Teknik pembuatan yang rumit
5. Unsur
seni rupa yang paling dasar dan menjadi cikal bakal terbentuknya unsur lain
adalah...
a. Garis b. Warna c . Bentuk d. Titik
6.
Bidang yang dibatasi oleh garis dan memiliki ruang di dalamnya disebut..
a. Titik b. Garis c. Bentuk d. Tekstur
7.Contoh bentuk geometris adalah...
a. Bulat, persegi, segitiga c. Awan, pohon, rumah
b. Kasar, halus, lembut d. Terang, gelap, terang-terangan
8. Perasaan yang ditimbulkan oleh warna merah adalah...
a.Tenang . b. Dingin c. Cerah d, panas
9. Manakah dari berikut ini yang merupakan contoh ritme repetitif dalam seni rupa?
a. Pola garis-garis melengkung yang berulang pada sebuah lukisan abstrak
b. Perubahan warna yang gradual dari gelap ke
terang pada lukisan matahari terbenam
c. Bentuk lingkaran yang semakin besar secara berurutan pada sebuah poster
d. Kombinasi bentuk organik dan geometris pada sebuah patung
10. Apa yang dimaksud
dengan ritme mengalir dalam seni rupa?
a.
Pengulangan bentuk yang sama secara persis
b. Perubahan bentuk secara bertahap dan
berkelanjutan
c. Perbedaan yang kontras antara dua elemen
desain
d. Penggunaan garis untuk menciptakan batas
yang tegas
11. Contoh
ritme oposisi dapat ditemukan pada...
a. Pola ubin lantai yang berulang
b.
Bentuk-bentuk geometris yang beraturan
c.
Kombinasi garis lurus dan lengkung pada sebuah karya seni
d. Gradien warna pada sebuah logo
12. Gelap terang dalam sebuah karya seni berfungsi
untuk...
a. Membuat gambar menjadi datar
b. Menciptakan kesan ruang dan volume
c.
Membuat gambar menjadi berwarna
d. Membuat gambar menjadi abstrak
13.Motif batik kawung memiliki pola berbentuk irisan buah kawung atau kolang kaling.Dalam Masyarakat Jawa buah ini bermakna berbuat kebaikan tidak perlu diketahui orang lain.. Buah Kolang kaling bersal dari pohon...
a. Pinang b Mangga c.Kelapa d. Aren
14. Unsur seni rupa yang dapat
memberikan kesan gerakan adalah...
a. Garis b Tekstur c.Warna d. Bentuk
15. Dalam lukisan pemandangan, unsur warna digunakan
untuk...
a. Menciptakan suasana yang berbeda-beda
b,Membuat gambar menjadi hitam putih
c. Membuat gambar
menjadi lebih kecil
d. Membuat gambar
menjadi lebih besar
Hadir buk✋
BalasHapus