03-09-2024

 

SELASA, 03 SEPTEMBER 2024
MATEMATIKA, Pend.PANCASILA dan IPAS 


                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran.

Apa Perbedaan KPK dan FPB? Ini Penjelasannya
Menggunakan Bilangan Prima
Dalam mencari KPK dan FPB dapat menggunakan bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang lebih besar dari 1 dan tidak memiliki faktor kecuali dirinya sendiri. Contoh bilangan prima adalah 3,5,7, 11, 13, 17, 19, 23, dan seterusnya.
Contohnya:
Menentukan FPB
Tentukan FPB dari 35 dan 42

35 = 5 x 7

42 = 2 x 3 x 7

Lalu identifikasi faktor prima dari kedua bilangan di atas. Pilih bilangan yang memiliki faktorisasi yang sama, yaitu angka 7.

Nilai FPB adalah nilai bilangan yang sama dan memiliki pangkat yang lebih kecil. Maka, nilai FPB dari 35 dan 42 adalah 7.
Ibu membeli 60 butir telur ayam dan 80 butir telur itik. Telur-telur tersebut akan dimasukkan ke dalam plastik-plastik dengan isi yang sama dan perbandingannya pun juga sama. Berapa butir telur ayam dan telur itik secara berurut? Kunci Jawaban: Faktorisasi prima dari telur ayam 60 = 2 x2 x 3 x 5 Faktorisasi prima dari telur itik 80 = 2 x 2 x 2 x 2 x 5
Soal Latihan

1. Untuk lauk makan malam, Bibi Inem menggoreng 15 tempe dan 25 tahu. Setelah itu tempe dan tahu goreng diletakkan di atas piring dengan jumlah yang sama. Maka Bibi Inem harus menyediakan pring sebanyak . . . buah

.a. 3                         b. 4                                   c. 5             d. 8

2.Rini membuat rangkaian bunga dari 60 tangkai mawar merah, 90 tangkai mawar putih, dan 105 tangkaimawar merah muda. Setiap rangkaian bunga terdiri dari bunga mawar merah, mawar putih, dan mawarmerah muda dengan jumlah yang sama banyak. Maka rangkaian bunga paling banyak yang dapat dibuat..buah     

    a. 5                         b. 6                        c. 12                    d. 15

3. Nafisa membeli 24 bolpoin, 36 penggaris dan 18 buku tulis yang akan dibagikan kepada teman-temannya yang kurang mampu. Sebelum diberikan alat tulis tersebut dikemas dengan jenis dan jumlahyang sama. Maka jumlah buku tulis disetiap kemasan adalah . . . buah.       

  A.3            B.4       C.6              D.8

4.Suatu hari dalam rangka memperingati hari ulang tahun Konoha, Boruto bersama Sarada ingin membagikan hadiah kue serta coklat (satu paket) kepada beberapa teman dekatnya. Jika kuenya ada 100 sedangkan coklatnya ada 150, berapa paket yang akan dibagikan?

5,Hafid memiliki 40 kelereng warna merah dan 48 kelereng warna biru. Kelereng tersebut akan disimpan dalam kotak dengan komposisi kelereng yang sama. Banyaknya kotak yang diperlukan untuk menyimpan kelereng tersebut adalah ..

Materi Pendidikan Pancasila 

Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik membuat pohon norma ini tentunya supaya bisa menyebarkan kebaikan dan manfaat untuk bisa menginspirasi orang lain. 

Cara Kerja dan Pembuatan Pohon Norma

1. Pohon norma dibuat oleh kelompok yang sudah dibentuk di kelas.

2. Perlu pensil, karton warna, spidol, benang, juga gunting.

3. Perlu daftar bentuk untuk melaksanakan norma yang sudah dituliskan oleh masing-masing anggota kelompok secara bergantian.

4. Buat sketsa "daun" di karton yang beraneka warnanya, buat dengan rapi lalu gunting sampai jadi banyak daun-daun, Kids.

5. Tulis juga berbagai bentuk norma, hak, dan kewajiban menggunakan spidol di daun yang sudah dibuat sebelumnya.

6. Kalau sudah selesai, gunting benang untuk mengikat daun-daunnya supaya bisa ditempelkan dengan mudah ke ranting pohon yang disiapkan oleh bapak ibu guru.

7. Susun semuanya sampai rapi agar bentuk pohonnya cantik dengan banyak daun-daun menempel di rantingnya.

8. Beri nama dan identitas jelas dari anggota kelompok di bagian pot pohon normanya.

9. Pohon norma yang sudah jadi akan ditampilkan di depan kelas.

Pembuatan pohon norma yang dilakukan dengan bekerja sama antara anggota kelompok juga wujud norma dan pelaksanaan kewajiban, lo.

Kalau pohonnya sudah jadi, kamu akan melihat kalau apa yang kamu tuliskan dan buat bisa jadi motivasi dan inspirasi untuk orang lain.

Kamu membagi pengetahuan dan pemahamanmu pada teman-teman di kelompok lain.

 contoh norma agama:

- Menghargai proses ibadah yang dilakukan oleh orang lain

- Menghormati agama lain

Menjalankan kewajiban dan perintah agama yang dianut

- tidak melanggar perintah agama

- Beriman pada keyakinan yang dianut

beberapa contoh norma kesopanan:

- Menghormati orang tua

- Menghargai orang yang lebih muda

- tidak berkata kasar atau bersuara terlalu keras saat bicara

- Meminta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain

- Mengucapkan terima kasih saat dibantu orang lain.

Contoh norma kesusilaan :

Membantu orang lain

- Selalu jujur, baik dalam perkataan maupun perbuatan

- tidak mengganggu orang lain

- Meminta maaf kalau membuat kesalahan

Contoh norma Hukum

Inilah beberapa contoh norma hukum:

- Membayar pajak

Patuh terhadap peraturan lalu lintas

- tidak mencuri

Peserta didik dan guru membuat pohon Norma 

IPAS

Sifat-Sifat Bunyi

Energi bunyi mempunyai sifat dapat berpindah ke tempat lain dengan cara merambat melalui media tertentu. Selain itu bunyi juga dapat dipantulkan dan diserap.
  
1. Bunyi Dapat Merambat Melalui Zat Padat, Zat Cair, dan Gas


Getaran bunyi merambat dalam bentuk gelombang. Oleh karena itu, bunyi yang merambat disebut gelombang bunyi. Gelombang bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair, dan gas. Bunyi dapat merambat melalui benda padat. Perambatan bunyi melalui benda padat dapat kita temukan pada mainan. Misalnya mainan telepon-teleponan.

Perambatan bunyi melalui benda cair dapat kita temukan ketika dua batu diadu di dalam air maka bunyi yang ditimbulkan dapat kita dengar.

Perambatan berlangsung paling cepat melalui udara. Bunyi tidak dapat terdengar di ruangan yang hampa udara, misalnya di angkasa luar. Seorang astronaut tidak dapat mendengarkan suara astronaut yang lain tanpa menggunakan alat bantu. Mereka dapat bercakap-cakap dengan bantuan komunikasi radio. Jadi, bunyi dapat merambat jika ada zat perantara yang dilaluinya. Makin rapat atau padat medium perantara, kecepatan rambat bunyi makin besar.

2. Bunyi Dapat Diserap dan Dipantulkan
Bunyi dapat mengalami pemantulan (refleksi), ini karena bunyi merupakan gelombang longitudinal. Ketika merambat ke tempat lain, bunyi dapat mengenai benda-benda di sekitarnya. Bunyi yang mengenai permukaan suatu benda dapat dipantulkan ataupun diserap. Jika bunyi mengenai dinding, akan dipantulkan. Oleh karena itu, bunyi tersebut mengalami pemantulan. Biasanya benda yang keras, rapat, dan mengkilat bersifat memantulkan bunyi.

Berdasarkan jarak sumber bunyi dan dinding pemantul, maka bunyi pantul dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu :
a. Bunyi pantul memperkuat bunyi asli 
Yaitu bunyi pantul yang dapat memperkuat bunyi asli. Biasanya terjadi pada keadaan antara sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya tidak begitu jauh (kurang dari 10 meter)

b. Gaung 
Adalah bunyi pantul yang terdengar kurang jelas atau tidak sejelas bunyi aslinya. Gaung terjadi karena bunyi pantul bercampur dengan bunyi asli. Akibatnya, bunyi pantul ini mengganggu pendengaran. Gaung biasanya terjadi pada jarak antara 10 sampai 20 meter. Gaung dapat terjadi di dalam gedung bioskop, gedung konser, atau gedung pertemuan. Oleh karena itu, untuk meniadakan gaung pada gedung bioskop atau gedung pertemuan perlu dipasangi bahan peredam bunyi.

c. Gema 
Adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Gema terdengar jelas seperti bunyi aslinya. Gema terjadi jika jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul bunyi cukup jauh. Biasanya terjadi pada jarak lebih dari 20 meter. Gema akan terjadi jika kita berteriak di tengah-tengah stadion sepak bola atau di lereng bukit. Jenis bunyi pantul lain adalah bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli. Sifat bunyi pantul ini yaitu memperkuat bunyi asli. Contohnya suara kita ketika bernyanyi di dalam kamar mandi.

Benda-benda yang dapat menyerap bunyi dinamakan peredam bunyi. Bahan peredam bunyi misalnya styrofoam atau gabus, busa, dan karpet. Bahan-bahan ini banyak dipasang pada dinding sebelah dalam ruangan studio musik ataupun studio rekaman. Dengan dilapisi peredam bunyi, suara musik yang keras tidak terdengar dari luar studio. Selain itu, pemasangan peredam bunyi juga untuk menghindari terjadinya gaung.

3. Bunyi dapat dibiaskan
Salah satu sifat gelombang yang juga berlaku pada bunyi adalah mengalami pembiasan (refraksi). Contohnya adalah fenomena petir yang terdengar lebih keras pada malam hari dibanding siang. Ini karena suhu udara atas pada siang hari lebih dingin dibanding suhu udara bawah. Sementara pada malam hari sebaliknya.

4. Bunyi termasuk gelombang longituginal
Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar/sama dengan arah getarnya.

5. Gelombang bunyi mengalami pelenturan
Gelombang bunyi dapat mengalami pelenturan (difraksi) dengan mudah.karena gelombang bunyi di udara memiliki panjang dalam rentang sentimeter sampai beberapa meter. Gelombang yang panjang itu akan lebih mudah mengalami difraksi.

6. Bunyi atau gelombang bunyi mengalami perpaduan
Bunyi juga dapat mengalami perpaduan (interferensi) yang dibedakan menjadi dua yaitu interferensi konstruktif atau penguatan bunyi dan interferensi destruktif atau pelemahan bunyi. Contohnya ketika kita berada diantara dua buah loud-speaker dengan frekuensi dan amplitudo yang sama atau hampir sama maka kita akan mendengar bunyi yang keras dan lemah secara bergantian.

Manfaat Gelombang Bunyi

Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah :

  • Dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik.
  • Mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik.
  • Mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain.
  • Diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi audiosonik.

Demikianlah pembahasan tentang Energi Bunyi, Sumber Energi Bunyi dan Sifat-sifat Bunyi. Semoga bermanfaat

Latihan soal

Berilah tanda silang pasada jawaban yang benar !

1.Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....

a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi

2.. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
3. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat

4. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa

5. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi 
 
Isilah titik-titik di bawah ini
6. Jelaskam  yang dimaksud dengan Gaung !
7.Bagian telinga yang berfungsi untuk menerima dan menyampaikan getaran adalah …
8.Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi 
9.Jelaskan yang maksud dengan Gema !
10. Jumlah getaran Bunyi Audio sonik adalah ..

SELAMAT BELAJAR

Komentar

Postingan Populer