13-09-2024

 

   JUMAT, 13 SEPTEMBER 2024

   PRAMUKA

                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran

Baris Berbaris: Pengertian, Manfaat dan Tujuan


Dalam pramuka, baris berbaris menjadi satu materi wajib yang patut dipelajari. Pelatihan baris berbaris mengajarkan para anggota pramuka untuk bisa hidup teratur dan tertib setiap harinya. Mengutip dari buku Panduan Resmi Pramuka (2015) karya Zuli Agus Firmansyah, yang dimaksud dengan baris berbaris adalah suatu perwujudan latihan fisik yang ditujukan untuk menanamkan kebiasaan agar membentuk watak tertentu. 

 Manfaat baris berbaris Pelatihan baris berbaris tidak hanya melatih pembentukan watak para anggota pramuka, tetapi juga melatih fisik dan membentuk tanggung jawab. Selain itu, baris berbaris juga turut menanamkan sikap disiplin dan patriotisme.

Melansir dari situs resmi TNI, Peraturan Baris Berbaris atau PBB memiliki beberapa manfaat, yaitu: Menumbuhkan rasa disiplin Pelatihan baris berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan. Menumbuhkan rasa kebersamaan Pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba. Meningkatkan daya konsentrasi Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya. Melatih solidaritas Baris berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antaranggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.

Tujuan baris berbaris Dalam Buku Panduan Pramuka Siaga (2015) karya Agus S. Dani dan Budi Anwari, tujuan baris berbaris dibagi menjadi lima, yaitu:
1.Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin serta tanggung jawab.

 2.Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas mengarahkan pertumbuhan tubuh agar sehat secara jasmani serta dapat menjalankan berbagai tugas pokok dengan sempurna.

 3.Menumbuhkan rasa persatuan, yakni rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan yang terjalin diperlukan untuk menjalankan tugas. 4.Menumbuhkan sikap disiplin, artinya mengutamakan kepentingan tugas dibanding kepentingannya sendiri.

 5.Menumbuhkan rasa tanggung jawab, yaitu berani untuk bertindak, mengambil risiko yang sifatnya menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan atau menimbulkan risiko untuk dirinya.

.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer