2-9-2024

SENIN, 2 September 2024 

BAHASA INDONESIA
 PAK


                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran.

BAHASA INDONESIA🌼

 Sinonim dan Antonim 

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat memahami perbedaan antar kata sinonim dan antonim


Dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia kita pasti sering menemukan kata sinonim dan antonim

Ya, sinonim atau padanan kata adalah kata yang memilki makna yang sama atau hampir sama dengan kata lain dalam bahasa yang sama.

Sedangkan antonim adalah kata yang berlawanan atau kontradiktif atau bertolak belakang dengan kata lain. 

Nah, setelah kita mengetahui apa pengertian dan perbedaan dari antonim dan sinonim, yuk Kids simak contohnya.

Contoh Kata Antonim

1. Besar - Kecil

Contoh kalimat : Rumah nenek saya besar, sedangkan rumah saya kecil.

2. Baru - Lama

Contoh kalimat : Mobil om ku baru, sedangkan mobil ayah saya sudah lama.

3. Panjang - Pendek

Contoh kalimat : Rambut Siti panjang, sedangkan rambut saya pendek.

4. Tinggi - Rendah

Contoh kalimat : Pohon itu sangat tinggi, sedangkan semak-semak disekitarnya rendah.

5. Kuat - Lemah

Contoh kalimat : Kawan ku saya sangat kuat, sedangkan saya sudah mulai lemah.

6. Kaya - Miskin

Contoh kalimat : Keluarga tersebut sangat kaya, sedangkan keluarga tetangga mereka miskin.

7. Cerah - Gelap

Contoh kalimat : Hari ini langit sangat cerah, sedangkan kemarin gelap karena hujan.

8. Tebal - Tipis

Contoh kalimat: Kertas ini sangat tebal, sedangkan kertas koran tipis.

9. Lancar - Macet

Contoh kalimat: Jalan Gatot Subroto lancar, sedangkan Jalan Tendean macet.

10. Lembut - Kasar

Contoh kalimat : Kulit bayi sangat lembut, sedangkan kulit kaki saya kasar.

11. Tua - Muda

Contoh kalimat : Kakek saya sudah tua, sedangkan saya masih muda.. 

12. Jauh - Dekat

Contoh: Kota Jakarta jauh dari kota saya, sedangkan kota tetangga saya dekat.

13. Bagus - Buruk

Contoh: Film ini sangat bagus, sedangkan film itu buruk.

14. Benar - Salah

Contoh: Jawaban yang benar adalah A, sedangkan jawaban yang salah adalah B.

Contoh Kata Sinonim

1. Gembira - Senang

Contoh: Saya merasa gembira/senang karena berhasil menyelesaikan PR dengan baik.

2. Cerdas - Pandai

Contoh: Kusni sangat cerdas/pandai dalam memecahkan masalah matematika yang sulit.

3. Sedih - Murung

Contoh: Revi merasa sedih/murung setelah mendengar kabar bahwa sahabatnya pindah ke luar kota.

4. Pintar - Mahir

Contoh: Saya ingin menjadi pintar/mahir dalam bermain gitar, jadi saya sering berlatih.

5. Cepat - Kencang

Contoh: Mobil itu berjalan dengan cepat/kencang di atas jalan raya tol yang sepi.

6. Banyak - Melimpah

Contoh: Di kebun itu terdapat banyak/melimpah buah-buahan yang bisa dipetik.

7. Baik - Sopan

Contoh kalimat: Juju selalu bersikap baik/sopan terhadap siapa pun, bahkan terhadap orang yang tidak dikenal.

8. Kaya - Makmur

Contoh kalimat : Keluarga itu sangat kaya/makmur karena memiliki bisnis sukses yang sudah berjalan lama.

9. Bising - Ribut

Contoh kalimat: Suara musik yang terlalu bising/ribut bisa menyebabkan kerusakan pendengaran.

10. Sempurna - Ideal

Contoh kalimat : Roni selalu berusaha menciptakan hasil yang sempurna/ideal dalam setiap pekerjaannya.

 PAK
Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menyelesaikan soal-latihan materi kejujuran dengan baik.
LATIHAN SOAL MATERI KEJUJURAN


Komentar

Postingan Populer