24-09-2024

   SELASA, 24 SEPTEMBER 2024

   MATEMATIKA, PANCASILA dan IPAS

                                  

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5A

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5A ,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Sebelum belajar pastikan sudah sarapan, mendengarkan tausiah serta pahami  isinya, shalat dhuha dan membaca Al Quran

🍄MATEMATIKA 🍄

 Minggu lalu kita sudah menyelesaikam materi FPB dan KPK sekarang dilanjutkan dengan latihan soal untuk persipapan Assesmen berikutnya

LATIHAN SOAL MATERI FPB dan KPK

1. Tiga orang satpam mendapat giliran jaga pada malam hari. Satpam pertama mendapat giliran tiap 2 hari sekali. Satpam kedua setiap 5 hari sekali, sedangkan satpam ketiga setiap 6 hari sekali. Jika tanggal 1 Desember 2000 semua bertugas bersama-sama pertama kali, maka mereka bertugas bersama-sama lagi untuk yang ketiga kali pada tanggal...

2. Firdha, Sabrina, dan Sekha menari di sanggar yang sama. Firdha berlatih setiap 6 hari sekali, Sabrina berlatih setiap 8 hari sekali, dan Sekha berlatih setiap 4 hari sekali. Jika pada tanggal 9 September 2013 mereka berlatih bersama-sama, maka mereka akan berlatih bersama-sama lagi untuk yang kedua kalinya pada tanggal...

3. Ibu membeli 90 biskuit, 60 permen cokelat, dan 45 kaleng susu yang akan dikemas untuk acara ulang tahun Adik. Setiap kemasan berisi jenis dan jumlah barang yang sama. Kemasan terbanyak yang dapat dibuat adalah...

4.Pak Umar akan membagikan bingkisan yang terdiri atas 36 buku tulis, 48 pensil, dan 24 tas kepada anak yatim. Setiap anak akan mendapatkan jenis dan jumlah barang yang sama. Jumlah anak terbanyak yang mendapatkan bingkisan dari Pak Umar adalah...

5. Adi menabung setiap 4 hari sekali dan Beni setiap 6 hari sekali. Jika pada tanggal 20 April mereka menabung bersama-sama, maka mereka akan menabung bersama-sama lagi pada tanggal...

🌻Pendididkam Pancasila 🌻

Tujuan Pembelajaran : Dengan banyak belajar pembahasan soal menambah pengetahuan Peserta didik materi jenis-jenis norma

1. Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai....

a. kewajiban

b. hak

c. norma

d. hukum

Jawaban: C

2. Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada....

a. UUD 1945

b. kitab suci

c. Pancasila

d. kitab Negara Kertagama

Jawaban: B

3. Perhatikanlah pernyataan berikut!

1) Mengikuti upacara agama lain

2) Membantu teman yang berbeda agama

3) Menaati segala aturan agama yang berlaku) Mengabaikan tata tertib ketika berkendara

5) Saling menghargai dan bertoleransi

Contoh sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ditunjukkan oleh pernyataan nomor....

a. 1, 2, dan 3

b. 2, 3, dan 5

c. 3, 4, dan 5

d. 1, 4, dan 5

Jawaban: B


4. Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan norma....

a. agama

b. kesusilaan

c. kesopanan

d. hukum

Jawaban: C

5. Perhatikan sanksi berikut!

1) Merasa bersalah

2) Dikucilkan masyarakat

3) Mendapat denda

4) Mendapat dosa

Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 1 dan 4

Jawaban: A

6 Made tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Wayan. Kemudian, Made meminta maaf kepada Wayan. Made telah berprilaku sesuai dengan norma....

a. agama

b. kesusilaan

c. kesopanan

d. hukum

Jawaban: B

7. Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari....

a. kitab suci

b. hati nurani

c. kebiasaan masyarakat

d. peraturan perundang-undangan

Jawaban: D

8. Dimas mendapatkan selembar kertas hasil ulangan matematika. Tampak nilai 60 tertera pada lembaran tersebut. Dimas takut dimarahi oleh ibu. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa hasil ulangan matematika tidak dibagikan. Tindakan Dimas melanggar norma....

a. agama

b. kesusilaan

c. kesopanan

d. hukum

Jawaban: B


9.. Tono beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Tono. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Tono dan teman-temannya yaitu....

a. membuat kegaduhan

b. berteriak keras agar didengar

c. tidak membuat kebisingan

d. memasuki semua rumah warga

Jawaban: C

15. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Berkuasa di antara teman-temannya

2) Menaati segala norma dimanapun berada

3) Nilai ulangan besar meskipun mencontek

4) Disegani semua teman karena pandai berkelahi

Kita semua dapat menjadi anak yang hebat.

Anak yang hebat ditunjukkan oleh pernyataan nomor....

a. satu

b. dua

c. tiga

d. empat

Jawaban: B

16. Norma kesopanan bisa saja hanya berlaku pada kelompok masyarakat tertentu dan tidak berlaku pada kelompok masyarakat yang lain. Pernyataan tersebut sesuai dengan sifat norma kesopanan yaitu....

a. relatif

b. mutlak

c. tetap

d. absolut

Jawaban: A

10. Menyebarkan berita bohong dan menyesatkan di media sosial seperti WhatsApp, merupakan salah satu perbuatan yang melanggar....

a. norma agama

b. norma kesusilaan

c. norma kesopanan

d. norma hukum

Jawaban: D


IPAS Materi : EKOSISTEM

Tujuan pembelajaran  : Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Ekosistem

Apa Itu Ekosistem ?

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Contoh : ekosistem sawah, ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput,dll
Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhanhewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas

Komponen Ekosistem:

  • Komponen Biotik: Makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.
  • Komponen Abiotik: Faktor tak hidup yang mempengaruhi makhluk hidup, seperti air, udara, tanah, cahaya matahari, dan suhu.
  • Hubungan Antar Makhluk Hidup:

    • Rantai Makanan: Urutan makan dan dimakan antar makhluk hidup. Contoh: Rumput → Belalang → Katak → Ular → Elang.
    • Jaring-jaring Makanan: Kumpulan rantai makanan yang saling berkaitan.
    • Piramida Makanan: Peragaan hubungan antar makhluk hidup dalam bentuk piramida, menunjukkan jumlah energi yang berpindah dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya.
  • Peran Makhluk Hidup dalam Ekosistem:

    • Produsen: Makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis, biasanya tumbuhan hijau.
    • Konsumen: Makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, sehingga harus memakan makhluk hidup lain.
    • Pengurai: Makhluk hidup yang menguraikan sisa-sisa organisme mati menjadi zat-zat yang lebih sederhana, seperti bakteri dan jamurjamur
  • Faktor yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem:

    • Faktor Alam: Bencana alam, perubahan musim, dan perubahan iklim.
    • Faktor Manusia: Pencemaran, perburuan liar, dan penebangan hutan.

    Pentingnya Menjaga Keseimbangan

    • Menjaga kelangsungan hidup semua makhluk hidup.
    • Mencegah terjadinya bencana alam.
    • Menjaga ketersediaan sumber daya alam.

    Cara Menjaga Keseimbangan Ekosistem:

    • Tidak membuang sampah sembarangan.
    • Menghemat penggunaan air.
    • Melakukan reboisasi.
    • Tidak melakukan perburuan liar
    • Contoh Ekosistem:

      • Ekosistem Hutan: Hutan hujan tropis, hutan mangrove, hutan pinus.
      • Ekosistem Air Tawar: Sungai, danau, rawa.
      • Ekosistem Air Laut: Laut, samudra, terumbu karang.

      Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua organisme yang hidup berdampingan. Hubungan ini bisa menguntungkan satu sama lain, merugikan salah satu pihak, atau bahkan tidak memberikan pengaruh sama sekali.

      Macam-macam Simbiosis:

      • Simbiosis Mutualisme:
        • Keduanya saling menguntungkan.
        • Contoh: Bunga dan lebah (lebah mendapatkan nektar, bunga dibantu penyerbukan), burung jalak dan kerbau (burung mendapatkan makanan berupa kutu, kerbau terbebas dari kutu).
    • Simbiosis Komensalisme:
      • Salah satu untung, yang lain tidak rugi tidak untung.
      • Contoh: Anggrek dan pohon (anggrek mendapat tempat tumbuh, pohon tidak terpengaruh), ikan remora dan hiu (ikan remora mendapatkan sisa makanan hiu, hiu tidak terpengaruh).
      • Simbiosis Parasitisme:
        • Salah satu untung, yang lain rugi.
        • Contoh: Benalu dan pohon (benalu mendapatkan nutrisi dari pohon, pohon dirugikan), cacing perut dan manusia (cacing mendapatkan makanan dari manusia, manusia sakit
        • Kesimpulan
      • Ekosistem yang harmonis sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Kita sebagai manusia harus berperan aktif dalam menjaga keseimbangan ekosistem agar generasi mendatang dapat menikmati alam yang sehat dan lestari.

        Ingin tahu lebih lanjut?

        Kamu bisa mencari informasi tambahan melalui buku pelajaran, internet, atau bertanya kepada guru.

        Latihan soal 

        1. Komponen utama yang membentuk sebuah ekosistem adalah...

            a. Produsen saja 

          b. Konsumen saja

           c. Pengurai saja 

          d. Produsen, konsumen, dan pengurai

        2. Contoh hubungan simbiosis mutualisme dalam ekosistem adalah... 

           a. Bunga dan kupu-kupu

           b. Kutu dan manusia

           c. Harimau dan rusa

           d. Cacing dan tanah

        3. Peran penting pengurai dalam ekosistem adalah... 

          a. Menghasilkan makanan sendiri

           b. Memangsa hewan lain 

          c. Menguraikan sisa-sisa organisme

           d. Menyerbuki bunga

          1. Rantai makanan yang benar adalah.

              a. Tumbuhan → serangga → burung → ular

             b. Ular → burung → serangga → tumbuhan

             c. Burung → ular → serangga → tumbuhan 

            d. Serangga → tumbuhan → burung → ular

          Soal Uraian:

      • Soal Uraian:

        1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekosistem yang harmonis! Berikan contohnya!
        2. Sebutkan tiga contoh simbiosis yang terjadi di alam dan jelaskan masing-masing!
        3. Bagaimana cara manusia menjaga keseimbangan ekosistem? Berikan minimal 3 contoh!
        4. Buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri dari 5 komponen, mulai dari produsen hingga pengurai!
        5. Jelaskan dampak pembuangan sampah sembarangan terhadap keseimbangan ekosistem
        6. Refleksi kegiatan hari ini 
        7. Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini mapel mtk sebagian besar peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita terkait kpk dan fpb.Pada mapel pendidikan pancasila Peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal materi Norma dengan baik.
        Dokumentasi kegiatan hari ini










Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer