08-09-2025
Senin, 08 September 2025
Bahasa Indonesia dan Matematika
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran IPAS dan Seni Rupa
MATERI Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Teks Narasi
Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.
Struktur Teks Narasi:
Orientasi → pengenalan tokoh, tempat, waktu.
Rangkaian peristiwa → urutan kejadian atau cerita.
Reorientasi (opsional) → penutup atau kesimpulan cerita
Ciri Kebahasaan
Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '
2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).
3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.
Contoh Singkat Narasi:
Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.
2. Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.
Struktur Teks Deskripsi
1 Identifikasi objek → apa/siapa yang dideskripsikan.
2 Deskripsi bagian → rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.
· Kesimpulan (opsional).
Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:
1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).
2 Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium).
3 Kalimat menggambarkan keadaan.
Contoh Singkat Deskripsi:
"Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning, dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
"Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."
Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)
"Cara Membuat Roti Bakar
- Siapkan dua lembar roti tawar.
- Olesi roti dengan mentega dan selai.
- Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
- Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."
3. Teks Prosedur
Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan tercapai.
Struktur Teks Prosedur:
· Tujuan → apa yang ingin dicapai.
· Alat dan bahan (jika ada).
· Langkah-langkah → urutan kerja.
Ciri Kebahasaan Teks Prosedur:
Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan).
Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)
Contoh Singkat Prosedur:
"Cara Membuat Teh Manis
Bahan: gula, teh, air panas.
Langkah-langkah:
1. Siapkan gelas.
2. Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.
3. Tuangkan air panas.
4. Aduk rata dan teh manis siap diminum.
-"Cara Membuat Roti Bakar
Siapkan dua lembar roti tawar.
Olesi roti dengan mentega dan selai.
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan
📊 Tabel Perbedaan
Jenis Teks | Struktur Utama | Ciri Kebahasaan |
Narasi | Orientasi – Rangkaian peristiwa – Reorientasi | Kata waktu, kata kerja tindakan, ada tokoh & latar |
Deskripsi | Identifikasi – Deskripsi bagian – Kesimpulan | Kata sifat, kata pancaindra, menggambarkan keadaan |
Prosedur | Tujuan – Alat/bahan – Langkah-langkah | Kata kerja imperatif, kata urutan, kata bilangan |
Ringkasan
Narasi → menceritakan kejadian.
Deskripsi → menggambarkan sesuatu
Prosedur → memberi petunjuk langkah-langkah.
Latihan soal
1 – Baca dan Pahami
Bacalah teks-teks berikut!
"Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas dan belajar."
Teks B
"Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah membaca."
Teks C
"Cara Membuat Jus Jeruk
Bahan: jeruk, gula, air.
Langkah-langkah:
1. Kupas jeruk.
2. Masukkan jeruk ke dalam blender.
3. Tambahkan gula dan air secukupnya.
4. Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."
Kegiatan 2 – Identifikasi Jenis Teks
Tuliskan jenis teks berikut ini:
1. Teks A adalah teks …………………………………
2. Teks B adalah teks …………………………………
3. Teks C adalah teks …………………………………
Kegiatan 3 – Tentukan Struktur
Lengkapilah tabel berikut berdasarkan teks A, B, dan C!
Teks | Struktur | Contoh Bagian dari Teks |
A | ……………………… | ……………………… |
B | ……………………… | ……………………… |
C | ……………………… | ……………………… |
Kegiatan 4 – Ciri Kebahasaan
Sebutkan 2 ciri kebahasaan dari setiap teks yang kamu temukan!
· Teks A (Narasi) .................
·Teks B (Deskripsi) :
Teks C (Prosedur) : ……
MATERI MATEMATIKA
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan KPK dan FPB.
Metode pembelajaran : PBL (Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Latihan soal KPK dan FPB
Soal Cerita KPK dan FPB untuk Kelas 5
- KPK: Bu Ani memiliki 2 buah pita. Pita merah panjangnya 45 cm dan pita biru panjangnya 60 cm. Bu Ani ingin memotong kedua pita tersebut menjadi potongan-potongan yang sama panjang. Berapa cm panjang potongan pita terpanjang yang bisa dihasilkan?
- FPB: Di sebuah kebun binatang, ada 36 ekor burung merak dan 48 ekor burung beo. Kedua jenis burung tersebut akan ditempatkan dalam beberapa kandang dengan jumlah masing-masing jenis burung dalam setiap kandang sama banyak. Berapa kandang paling banyak yang dapat dibuat?
- KPK: Setiap 4 hari sekali, Andi pergi ke perpustakaan. Setiap 6 hari sekali, Budi pergi ke perpustakaan yang sama. Jika mereka pergi ke perpustakaan bersama pada tanggal 20 Januari, kapan mereka akan pergi ke perpustakaan bersama lagi?
- FPB: Ibu memiliki 36 buah apel dan 42 buah jeruk. Buah-buah tersebut akan dimasukkan ke dalam beberapa kantong plastik dengan jumlah masing-masing jenis buah dalam setiap kantong sama banyak. Berapa banyak kantong plastik yang dibutuhkan?
- KPK: Dua buah lampu A dan B menyala secara bersamaan pada pukul 08.00. Lampu A menyala setiap 15 menit sekali, sedangkan lampu B menyala setiap 20 menit sekali. Pada pukul berapa kedua lampu akan menyala bersamaan lagi untuk kedua kalinya?
- FPB: Pak Andi memiliki 48 pensil merah dan 60 pensil biru. Pensil-pensil tersebut akan dibagikan kepada beberapa anak dengan jumlah masing-masing jenis pensil yang diterima setiap anak sama banyak. Berapa anak paling banyak yang dapat menerima pensil?
- KPK: Setiap 5 hari sekali, Ani membersihkan kamarnya. Setiap 7 hari sekali, Beni membersihkan kamarnya. Jika mereka membersihkan kamar bersama pada tanggal 10 Maret, kapan mereka akan membersihkan kamar bersama lagi?
- FPB: Bu Tina memiliki 40 kue bolu dan 60 kue sus. Kue-kue tersebut akan dikemas dalam beberapa kotak dengan jumlah masing-masing jenis kue dalam setiap kotak sama banyak. Berapa kotak paling banyak yang dapat dibuat?
- KPK: Tiga buah bel berbunyi secara bersamaan pada pukul 09.00. Bel pertama berbunyi setiap 12 menit sekali, bel kedua setiap 15 menit sekali, dan bel ketiga setiap 20 menit sekali. Pada pukul berapa ketiga bel akan berbunyi bersamaan lagi?
- FPB: Di sebuah kebun, ada 72 pohon mangga dan 96 pohon rambutan. Pohon-pohon tersebut akan ditanam dalam beberapa baris dengan jumlah masing-masing jenis pohon dalam setiap baris sama banyak. Berapa baris paling banyak yang dapat dibuat?
Komentar
Posting Komentar