24-09-2025

     Rabu, 24 September  2025

    IPAS dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  IPAS dan Seni Rupa

IPAS

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Metode Penbelajaran : Demostrasi

 

Alat Peraga                : LCD

 

😉Materi cahaya dan bunyi untuk kelas 5 meliputi sifat-sifat keduanya:

1.      Cahaya merambat lurus, dapat dipantulkan, menembus benda bening, dibiaskan, dan diuraikan (menjadi warna pelangi);

2.      Bunyi merambat ke segala arah, membutuhkan medium, dapat dipantulkan (gema/gaung), dan sifatnya bergantung pada sumber getaran. Cahaya dan bunyi adalah bentuk energi yang memiliki sifat berbeda dalam perambatannya, di mana cahaya dapat merambat melalui ruang hampa, sedangkan bunyi memerlukan medium.

Ø   Sifat-sifat Cahaya

v  Cahaya Merambat Lurus:

    Cahaya bergerak lurus dari sumbernya. Contohnya adalah bayangan yang terbentuk ketika cahaya terhalang benda gelap.

v  Cahaya Dapat Dipantulkan:

Kita dapat melihat karena cahaya memantul dari suatu benda ke mata kita, seperti pada cermin.

Cahaya Dapat Menembus Benda Bening:

Cahaya bisa melewati benda-benda transparan seperti kaca, tetapi tidak bisa melewati benda gelap seperti tembok.

v  Cahaya Dapat Dibiaskan:

Arah cahaya dapat dibelokkan atau dibiaskan ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya, misalnya dari udara ke air. Contohnya adalah sendok yang terlihat bengkok di dalam air.

v  Cahaya Dapat Diuraikan:

Cahaya putih (seperti cahaya matahari) dapat diuraikan menjadi warna pelangi dengan bantuan prisma. Fenomena pelangi juga terjadi karena pembiasan cahaya oleh tetesan air hujan.

Ø   Sifat-sifat Bunyi

v  Bunyi Merambat ke Segala Arah:

    Suara dapat terdengar dari berbagai arah karena gelombang bunyi menyebar ke seluruh ruangan.

v  Bunyi Membutuhkan Medium untuk Merambat: 

Bunyi adalah gelombang energi yang memerlukan medium seperti udara, air, atau benda padat untuk merambat dari sumbernya ke telinga.

v  Bunyi Dapat Dipantulkan:

Pantulan bunyi disebut gema (terdengar jelas setelah bunyi asli selesai) atau gaung (terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli).

·         Tinggi Rendah dan Intensitas Bunyi:

Tinggi rendahnya nada bunyi bergantung pada cepat atau lambatnya getaran, sedangkan intensitas bunyi bergantung pada besarnya gaya yang mendorong getaran.

·         Jenis Bunyi Berdasarkan Frekuensi:

1.      Infrasonik (frekuensi sangat rendah,yaitu :kursng dari 20 Hertz , tidak terdengar telinga manusia)

2.      Audiosonik (rentang frekuensi ,20 hingga 20.000 Herzt,yang bisa didengar manusia

3.      Ultrasonik (frekuensi sangat tinggi, yaitu  20.000 Hertz (20 khz)contohnya pada kelelawar).

LATIHAN SOAL

1.Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....

a. sama

b. lebih jauh

c. lebih dekat

d. berbeda

2. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....

a. getaran

b. pemuaian

c. pendinginan

d. perambatan

3. Bunyi dapat merambat melalui ....

a. air dan ruang hampa

b. benda padat dan air

c. udara dan ruang hampa

d. ruang hampa dan benda padat

4. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....

a. udara

b. air

c. tanah

d. ruang hampa

5. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….

a. suara

b. irama

c. nada

d. frekuensi

6. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....

a. gema

b. gaung

c. nada

d. pantulan

7.  Sumber energi utama di bumi ini adalah …

8.    Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui  

9. Tuliskan sifat-sisifat cahaya .

10.Jelaska yang dimaksud dengan bunyi  ultrasonik !

2. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....

a. getaran

b. pemuaian

c. pendinginan

d. perambatan

3. Bunyi dapat merambat melalui ....

a. air dan ruang hampa

b. benda padat dan air

c. udara dan ruang hampa

d. ruang hampa dan benda padat

4. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....

a. udara

b. air

c. tanah

d. ruang hampa

5. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….

a. suara

b. irama

c. nada

d. frekuensi

6. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....

a. gema

b. gaung

c. nada

d. pantulan

7.  Sumber energi utama di bumi ini adalah …

8.    Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui  

9. Tuliskan sifat-sisifat cahaya .

10.Jelaska yang dimaksud dengan bunyi  ultrasonik !

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :Murid dapat;Merancang Karya Seni Rupa Berdasarkan Gagasan yang sudah dikembangkan 

Metode Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)

 Media : LCD

Materi Ajar: Merancang Karya Seni Rupa Berdasarkan Gagasan

B. Uraian Materi

1. Pengertian Rancangan Karya Seni Rupa

  • Rancangan adalah tahap awal dalam membuat karya seni rupa yang berupa sketsa, gambar, atau pola sederhana.

  • Tujuannya untuk menuangkan gagasan sebelum diwujudkan menjadi karya yang sesungguhnya.

2. Gagasan dalam Berkarya Seni Rupa

  • Gagasan diperoleh dari:

    • Pengalaman pribadi (misalnya bermain di taman).

    • Pengetahuan (misalnya bentuk geometri, warna, atau cerita pahlawan).

    • Lingkungan sekitar (misalnya pasar, sawah, sekolah, rumah).

  • Gagasan perlu dikembangkan agar menghasilkan karya yang kreatif dan unik.

3. Langkah Merancang Karya Seni Rupa

  1. Menentukan ide/gagasan

    • Pilih pengalaman atau pengetahuan yang ingin diwujudkan.

    • Contoh: “Pengalaman bermain layang-layang di lapangan.”

  2. Membuat sketsa awal

    • Sketsa berupa gambar sederhana, tidak perlu detail.

    • Contoh: gambar orang, lapangan, dan layang-layang berbentuk belah ketupat.

  3. Menentukan komposisi dan warna

    • Komposisi: susunan objek agar enak dipandang.

    • Warna: pilih sesuai suasana gagasan (cerah, gelap, alami).

  4. Melengkapi detail rancangan

    • Tambahkan objek pendukung agar lebih hidup.

    • Contoh: awan, matahari, rumput, atau teman-teman bermain.

4. Contoh Penerapan

  • Gagasan: “Aku membantu ibu di dapur.”

  • Rancangan: sketsa meja, piring, sayuran, dan sosok ibu serta anak.

  • Karya akhir: gambar dapur berwarna dengan detail benda di sekitarnya.

C. Aktivitas Belajar

  1. Diskusi kelas

    • Guru bertanya: “Apa pengalaman yang ingin kamu wujudkan dalam gambar hari ini?”

  2. Latihan membuat sketsa

    • Murid membuat rancangan gambar dari gagasan yang sudah dipilih.

  3. Presentasi dan apresiasi

    • Murid menunjukkan rancangan karya dan menceritakan gagasannya.

    • Guru dan teman memberikan apresiasi serta masukan.

D. Nilai Karakter yang Dikembangkan

  • Kreativitas

  • Kemandirian

  • Percaya diri

  • Apresiasi terhadap karya seni

REFLEKSI KEGIATAN PEMBELAJARAN HARI INI

Alhamdulillah sebagian besar Murid dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari,Namun masih ada murid yang belum memahami materi tersebut dan akan dijelaskan kembali pada pertemuaan berikutnya

DOKUMENTASI KEGIATAN HARI INI








Komentar

Postingan Populer