29-09-2025
Senin, 29 September 2025
Bahasa Indonesia dan Matematika
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
Materi Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : Menyampaikan pendapat secara lisan dalam diskusi kelompok dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD.
Materi Bahasa Indonesia
Pengertian
Menyampaikan pendapat adalah mengungkapkan pikiran,
gagasan, atau ide kepada orang lain secara lisan atau tulisan.
Cara Menyampaikan Pendapat dengan Sopan
1.Gunakan kata-kata yang baik, misalnya: menurut saya,
sebaiknya, saya setuju/tidak setuju karena…
2.Gunakan intonasi suara yang jelas, tidak membentak.
3.Jangan memotong pembicaraan teman.
4.Dengarkan pendapat orang lain dengan sikap menghargai.
5,Sampaikan dengan kalimat singkat, jelas, dan mudah
dipahami.
Contoh Kalimat
"Menurut saya, sebaiknya kantin sekolah menjual
makanan sehat agar kita tetap bugar."
"Saya setuju dengan pendapat Rani, tetapi saya ingin menambahkan bahwa harga makanan juga sebaiknya
SOAL LATIHAN
1.Dalam sebuah diskusi, Rani tidak setuju dengan pendapat temannya. Tuliskan contoh kalimat sopan yang bisa digunakan Rani untuk menyampaikan ketidaksetujuannya!
2. Saat berdiskusi, Bayu berbicara dengan suara sangat pelan sehingga teman-teman sulit memahami. Menurutmu, apa yang sebaiknya dilakukan Bayu agar pendapatnya dapat dimengerti?
3. Dalam kelompok, Dina selalu ingin pendapatnya yang dipakai tanpa mau mendengarkan pendapat orang lain. Apa yang seharusnya dilakukan Dina agar diskusi berjalan dengan baik?
4. Seorang temanmu menyampaikan pendapat dengan kata-kata yang kurang sopan. Bagaimana cara kamu menanggapi pendapatnya dengan tetap menjaga kesopanan?
5. Saat guru memberikan topik diskusi tentang "makanan sehat di kantin sekolah", tuliskan pendapatmu sendiri dengan kalimat sopan dan mudah dipahami!
Materi Matematika
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat mengurutkan pecahan serta menyelesaikan soal cerita yang melibatkan perbandingan dan pengurutan pecahan.
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD
Langkah-langkah Mengurutkan Pecahan:
- Samakan Penyebut:
- Temukan KPK: Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut dari pecahan-pecahan yang akan diurutkan.
- Ubah Pecahan: Ubah setiap pecahan agar memiliki penyebut yang sama (penyebut KPK tersebut) dengan cara mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sesuai.
- Bandingkan Pembilang:
- Setelah semua pecahan memiliki penyebut yang sama, bandingkan angka-angka pembilangnya.
Jika mengurutkan dari yang terkecil, urutkan pembilang dari nilai terkecil ke terbesar.
Jika mengurutkan dari yang terbesar, urutkan pembilang dari nilai terbesar ke terkecil.
Contoh:
Urutkan pecahan 1/3, 1/6, dan 1/2 dari yang terkecil.
Samakan penyebut:
KPK dari 3, 6, dan 2 adalah 6.
1/3 = 2/6
1/6 = 1/6
1/2 = 3/6
Bandingkan pembilang:
Pecahan dengan pembilang terkecil adalah 1/6.
Selanjutnya adalah 2/6 (atau 1/3).
Terakhir adalah 3/6 (atau 1/2).
Jadi, urutan pecahan dari yang terkecil adalah 1/6, 1/3, 1/2.
Latihan Soal
- Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/2, 3/4, 1/8.
- Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar: 2/3, 1/2, 3/8
- Urutkan pecahan desimal berikut dari yang terkecil: 0,48, 0,375, 0,048.
- Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 0,45, 3/4, 60%.
- Urutkan pecahan 1/5, 4/9, dan 5/8 dari yang terkecil ke yang terbesar.
REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI
Komentar
Posting Komentar