25-09-2025

     Kamis, 25 September  2025

   Pendidikan Pancasila dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  Pendidikan Pancasila dan IPAS

Materi Pendidikan Pancasila

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari – hari hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah

Metode Pembelajaran : Problem Based Learning

Alat Peraga : LCD 

Pengertian Norma

Norma adalah aturan atau ketentuan yang berlaku di masyarakat, keluarga, dan sekolah untuk mengatur perilaku manusia agar kehidupan menjadi tertib, aman, dan harmonis.

3. Jenis Norma

a. Norma Tertulis

Norma yang dibuat secara resmi dan dituliskan, biasanya ada aturan jelas dan sanksi tegas jika dilanggar.

  • Contoh di keluarga: jadwal piket membersihkan rumah yang ditulis di kertas.

  • Contoh di sekolah: tata tertib sekolah, misalnya aturan datang tepat waktu, larangan merokok, memakai seragam lengkap.

b. Norma Tidak Tertulis

Norma yang tidak tertulis di kertas, tetapi tetap berlaku dan dipatuhi oleh anggota keluarga atau warga sekolah.

  • Contoh di keluarga: menghormati orang tua, berbicara sopan kepada kakak/adik.

  • Contoh di sekolah: tidak mengejek teman, mengucapkan salam saat bertemu guru.

4. Fungsi Norma

  1. Menjaga ketertiban dalam keluarga dan sekolah.

  2. Membentuk sikap saling menghargai.

  3. Melatih tanggung jawab setiap anggota keluarga dan warga sekolah.

  4. Mencegah terjadinya perselisihan.

5. Contoh Penerapan Norma

  • Di Keluarga:

    • Norma tertulis → aturan jam belajar malam ditentukan orang tua.

    • Norma tidak tertulis → tidak boleh berteriak saat orang tua beristirahat.

  • Di Sekolah:

    • Norma tertulis → larangan membawa HP ke kelas.

    • Norma tidak tertulis → membantu teman yang kesulitan tanpa disuruh.


  1. Soal Isian

    1. Aturan atau ketentuan yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari disebut __________.

    2. Norma yang dituliskan secara resmi dan biasanya memiliki sanksi tegas disebut norma __________.

    3. Norma yang tidak ditulis tetapi tetap berlaku dalam kehidupan sehari-hari disebut norma __________.

    4. Contoh norma tertulis di sekolah adalah __________.

    5. Menghormati orang tua dan berbicara sopan merupakan contoh norma __________ di keluarga.

    6. Tata tertib sekolah biasanya termasuk dalam norma __________.

    7. Tidak mengejek teman merupakan contoh norma __________ di sekolah.

    8. Fungsi norma adalah menjaga __________ dalam keluarga dan sekolah.

    9. Jika tidak mematuhi norma, maka dapat menimbulkan __________ dalam kehidupan sehari-hari.

    10. Membantu teman yang kesulitan tanpa disuruh termasuk norma __________

    11. Apa perbedaan norma tertulis dan norma tidak tertulis?

    12. Sebutkan 2 contoh norma tertulis dan 2 contoh norma tidak tertulis di sekolahmu!

    13. Bagaimana sikapmu jika ada teman yang melanggar norma di sekolah !

Materi IPAS

Tujuan Pembelajaran     : Murid dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya                                          dalam    kehidupan sehari-hari.

Metode Pembelajaran : Demontrasi

Alat Peraga                    : LCD , alat alat untuk mempraktekkan sifat-sifat cahaya

Materi cahaya dan bunyi untuk kelas 5 meliputi sifat-sifat keduanya:

1.      Cahaya merambat lurus, dapat dipantulkan, menembus benda bening, dibiaskan, dan diuraikan (menjadi warna pelangi);

2.      Bunyi merambat ke segala arah, membutuhkan medium, dapat dipantulkan (gema/gaung), dan sifatnya bergantung pada sumber getaran. Cahaya dan bunyi adalah bentuk energi yang memiliki sifat berbeda dalam perambatannya, di mana cahaya dapat merambat melalui ruang hampa, sedangkan bunyi memerlukan medium.

Ø   Sifat-sifat Cahaya

  1. Cahaya Merambat Lurus:

    Cahaya bergerak lurus dari sumbernya. Contohnya adalah bayangan yang terbentuk ketika cahaya terhalang benda gelap.

2.Cahaya Dapat Dipantulkan:

Kita dapat melihat karena cahaya memantul dari suatu benda ke mata kita, seperti pada cermin.

Cahaya Dapat Menembus Benda Bening:

Cahaya bisa melewati benda-benda transparan seperti kaca, tetapi tidak bisa melewati benda gelap seperti tembok.

3. Cahaya Dapat Dibiaskan:

Arah cahaya dapat dibelokkan atau dibiaskan ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya, misalnya dari udara ke air. Contohnya adalah sendok yang terlihat bengkok di dalam air.

 4. Cahaya Dapat Diuraikan:

Cahaya putih (seperti cahaya matahari) dapat diuraikan menjadi warna pelangi dengan bantuan prisma. Fenomena pelangi juga terjadi karena pembiasan cahaya oleh tetesan air hujan.

Ø   Sifat-sifat Bunyi

v  Bunyi Merambat ke Segala Arah:

    Suara dapat terdengar dari berbagai arah karena gelombang bunyi menyebar ke seluruh ruangan.

v  Bunyi Membutuhkan Medium untuk Merambat: 

Bunyi adalah gelombang energi yang memerlukan medium seperti udara, air, atau benda padat untuk merambat dari sumbernya ke telinga.

v  Bunyi Dapat Dipantulkan:

Pantulan bunyi disebut gema (terdengar jelas setelah bunyi asli selesai) atau gaung (terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli).

·         Tinggi Rendah dan Intensitas Bunyi:

Tinggi rendahnya nada bunyi bergantung pada cepat atau lambatnya getaran, sedangkan intensitas bunyi bergantung pada besarnya gaya yang mendorong getaran.

·         Jenis Bunyi Berdasarkan Frekuensi:

1.      Infrasonik (frekuensi sangat rendah,yaitu :kursng dari 20 Hertz , tidak terdengar telinga manusia)

2.      Audiosonik (rentang frekuensi ,20 hingga 20.000 Herzt,yang bisa didengar manusia

3.      Ultrasonik (frekuensi sangat tinggi, yaitu  20.000 Hertz (20 khz)contohnya pada kelelawar

REFLEKSI PEMBELAJARAN  HARI INI

Alhamdulillah Murid dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya       dalam  kehidupan sehari-hari dengan melakukan percobaan sifat-sifat Cahaya.Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini








Komentar

Postingan Populer