18-09-2025

 Kamis, 18 September  2025

    SUMATIF 2  Pendidikan Pancasila  dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  kegiatan  SUMATIF 2  Pendidikan Pancasila dan IPAS

KISI- KISI SUMATIF 2 Pendidikan Pancasila   

Tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-harI

  1.          Hubungan antara nilai religius pada sila pertama dengan nilai keadilan sosial             pada sila kelima
  2.         Alasan  sila-sila Pancasila tidak dapat dipisahkan satu sama lain 
  3.         Sikap positif Moh
  4.         Ideologi bangsa Indonesia
  5.         Tokoh yang berjiwa religius

  • IPAS

    Tujuan Pembelajaran : Dengan kegiatan remedial dan pengayaan menambah ilmu dan  wawasan peserta didik 

    Metode Penbelajaran : Tanya Jawab 

    Alat Peraga                : LCD


  •     Latihan Soal

        1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....

        a. I

        b. ll

        c. III

        d. IV

        2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....

        a. makan tumbuhan lain

        b. dapat mengolah makanannya sendiri

        c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain

        d. hidup di hutan


        3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....

        a. rantai makanan

        b. metamorfosis

        c. daur hidup

        d. simbiosis 

        4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....

        a. tumbuhan

        b. manusia

        c. herbivora

        d. karnivora


        5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....

        a. konsumen tingkat I

        b. konsumen tingkat II

        c. produsen

        d. pengurai

         

        6. Perhatikan gambar berikut ini !

        Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....

        a. padi

        b. belalang

        c. katak

        d. ular

        7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....

        a. rantai makanan baru

        b. jaring-jaring makanan

        c. ekosistem

        d. komunitas

        8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan          lingkungannya disebut ….

        a. botani

        b. zoology

        c. ekologi

        d. taksonomi

        9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….

        a. padi → belalang → katak → elang → ular

        b. padi → katak→ belalang → elang → ular

        c. padi → belalang → katak→ ular → elang

        d. padi → belalang → ular →katak

        10. Organisme pemakan hewan disebut ....

        a. herbivora

        b. karnivora

        c. omnivora

        d. autotrof 

    • REFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI

    • Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal sumatif 2 mapel Pendidikan Pancasila namun ada beberapa murid yang nilainya.masih di bawah KKM dan akan diadakan remedial

    • DOKUMENTASI PEMBELAJARAN HARI INI









Komentar

Postingan Populer