18-09-2025
Kamis, 18 September 2025
SUMATIF 2 Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan kegiatan SUMATIF 2 Pendidikan Pancasila dan IPAS
KISI- KISI SUMATIF 2 Pendidikan Pancasila
Tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-harI
- Hubungan antara nilai religius pada sila pertama dengan nilai keadilan sosial pada sila kelima
- Alasan sila-sila Pancasila tidak dapat dipisahkan satu sama lain
- Sikap positif Moh
- Ideologi bangsa Indonesia
- Tokoh yang berjiwa religius
IPAS
Tujuan Pembelajaran : Dengan kegiatan remedial dan pengayaan menambah ilmu dan wawasan peserta didik
Metode Penbelajaran : Tanya Jawab
Alat Peraga : LCD
Latihan Soal
1. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....
a. I
b. ll
c. III
d. IV
2. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....
a. makan tumbuhan lain
b. dapat mengolah makanannya sendiri
c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan
3. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis
4. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora
5. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen tingkat I
b. konsumen tingkat II
c. produsen
d. pengurai
6. Perhatikan gambar berikut ini !
Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular
7. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....
a. rantai makanan baru
b. jaring-jaring makanan
c. ekosistem
d. komunitas
8. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….
a. botani
b. zoology
c. ekologi
d. taksonomi
9. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ….
a. padi → belalang → katak → elang → ular
b. padi → katak→ belalang → elang → ular
c. padi → belalang → katak→ ular → elang
d. padi → belalang → ular →katak
10. Organisme pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrofREFLEKSI PEMBELAJARAN HARI INI
Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal sumatif 2 mapel Pendidikan Pancasila namun ada beberapa murid yang nilainya.masih di bawah KKM dan akan diadakan remedial
DOKUMENTASI PEMBELAJARAN HARI INI
Komentar
Posting Komentar