30-09-2025

 Selasa, 30 September  2025

    Matematika,  Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   Matematika,Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

MATEMATIKA


Tujuan Pembelajaran :   Murid dapat membandingkan berbagai pecahan (biasa,                                                       senilai, campuran).

Metode Penbelajaran : Tanya Jawab 

Alat Peraga                : LCD

 

 RANGKUMAN MATERI PECAHAN SENILAI

✅ Pengertian Pecahan Senilai

Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang memiliki nilai yang sama, meskipun bentuk pembilang dan penyebutnya berbeda.

👉 Contoh:

12=24=36

Semua pecahan di atas bernilai setengah.

👉Cara Menentukan Pecahan Senilai

1. Mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

👉Contoh:

232×23×2=46232×53×5=1015

2. Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama

(Asal bisa dibagi habis)

👉Contoh:

8128÷412÷4=2

👉Tujuan Mempelajari Pecahan Senilai

  • Memudahkan dalam membandingkan pecahan.

  • Membantu saat melakukan penjumlahan, pengurangan, dan penyederhanaan pecahan.

  • Berguna dalam konversi satuan dan soal sehari-hari.

 Tips:
  • Pecahan senilai memiliki hasil desimal yang sama.
    Contoh:

    12=0,5,24=0,5,36=0,5 

1.Dina mengatakan bahwa 3/4 dan 6/8 bukan pecahan senilai karena pembilang dan penyebutnya berbeda. Apakah pendapat Dina benar? 

2. Tentukan satu pecahan senilai dengan 5/6 yang memiliki penyebut 18. Jelaskan langkah-langkahmu.

3.Rani memakan 2/5 bagian kue, sedangkan Riko memakan 4/10bagian kue yang sama besar. Siapa yang makan lebih banyak? Jelaskan dengan pecahan senilai.

4.Diberikan pecahan: 2/3,4/6,6/9,8/12

Apakah semua pecahan tersebut senilai? Jelaskan alasanmu dengan perhitungan atau pembuktian.

5.Buatlah dua pecahan senilai dengan 3/5

Bahasa Indonesia


Tujuan Pembelajaran :   Murid dapat memahami macam-macam majas

Metode Penbelajaran :  Tanya Jawab

Alat Peraga                : LCD

Materi Majas

1. Majas Hiperbola

👉 Majas yang melebih-lebihkan suatu kenyataan agar terasa lebih dramatis.

Contoh kalimat:

  • Suaranya menggelegar hingga mengguncang bumi.

  • Tangisannya membanjiri seluruh desa.

2. Majas Personifikasi

👉 Majas yang memberikan sifat manusia kepada benda mati atau hewan.

Contoh kalimat:

  • Bunga-bunga tersenyum menyambut sinar matahari pagi.

  • Ombak berlari mengejar anak-anak di pantai.

3. Majas Metafora

👉 Majas yang membandingkan sesuatu secara langsung tanpa kata pembanding (seperti, bagaikan, laksana).

Contoh kalimat:

  • Dia adalah bintang kelas yang selalu bersinar.

  • Buku adalah jendela dunia

SOAL LATIHAN

  1. "Suara adiknya merdu bagaikan buluh perindu." Kalimat tersebut termasuk majas …
    a. Hiperbola
    b. Metafora
    c. Personifikasi
    d. Simile

  2. "Senyumannya mampu meluluhkan hati yang membeku." Kalimat tersebut menggunakan majas …
    a. Hiperbola
    b. Personifikasi
    c. Metafora
    d. Litotes

  3. "Pohon-pohon di tepi jalan melambai-lambai menyambut para pejalan kaki." Majas yang digunakan adalah …
    a. Personifikasi
    b. Hiperbola
    c. Metafora
    d. Ironi

  4. "Ayah adalah tulang punggung keluarga." Kalimat tersebut termasuk majas …
    a. Metafora
    b. Hiperbola
    c. Personifikasi
    d. Pleonasme

  5. "Dia berlari secepat kilat saat mengejar bola." Kalimat tersebut menggunakan majas …
    a. Personifikasi
    b. Hiperbola
    c. Metafora
    d. Simile

SENI RUPA


Tujuan Pembelajaran :   Murid dapat menghubungkan pengetahuan dari mata pelajaran                                            lain  dengan seni rupa

Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)

Alat Peraga                : LCD

Materi Ajar

1. Seni Rupa dan Ilmu Pengetahuan

·         Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba, misalnya gambar, lukisan, patung, poster, batik.

·         Seni rupa sering berhubungan dengan pelajaran lain, karena karya seni bisa digunakan untuk menyampaikan pengetahuan.

2. Contoh Hubungan Seni Rupa dengan Pelajaran Lain

·         IPA: menggambar siklus air, ilustrasi bagian tubuh manusia, poster menjaga lingkungan.

·         Matematika: membuat motif batik dari bangun datar, menggambar simetri lipat, membuat grafik dengan ilustrasi.

·         IPS: menggambar peta daerah, rumah adat, pakaian tradisional, kenampakan alam.

·         Bahasa Indonesia: membuat ilustrasi untuk cerita rakyat, menggambar isi puisi, membuat komik dari cerita.

3. Langkah Menghubungkan Pengetahuan dengan Seni Rupa

1.       Ingat pelajaran lain yang sudah dipelajari.

2.       Pilih materi yang menarik (misalnya siklus air dari IPA).

3.       Tentukan bagaimana materi itu bisa digambar (misalnya awan, hujan, sungai, laut).

4.       Buat sketsa sederhana.

5.       Selesaikan karya dengan warna, bentuk, dan detail.

4. Manfaat Menghubungkan Ilmu dengan Seni Rupa

·         Mempermudah mengingat materi pelajaran lain.

·         Membuat pembelajaran lebih menarik.

·         Melatih kreativitas dengan menggabungkan ilmu dan seni.

·         Membantu mengekspresikan gagasan melalui visual.

Ringkasan

·         Seni rupa bisa terhubung dengan pelajaran lain seperti IPA, Matematika, IPS, dan Bahasa Indonesia.

·         Pengetahuan dari pelajaran lain bisa menjadi inspirasi dalam berkarya seni rupa.

·         Menghubungkan seni dan ilmu membuat pembelajaran lebih kreatif, menyenangkan, dan bermakna.

Soal Pilihan Ganda

  1. Dalam pelajaran matematika, pengetahuan tentang bangun datar dapat membantu dalam seni rupa untuk…
    a. Menentukan warna gambar
    b. Menggambar pola dan bentuk dengan tepat
    c. Memilih tema karya seni
    d. Menentukan makna karya seni

  2. Pengetahuan IPA tentang daur air dapat dihubungkan dengan seni rupa dengan cara…
    a. Menggambar pola simetri
    b. Membuat poster tentang pentingnya menjaga air
    c. Menentukan bahan karya seni dari plastik
    d. Membuat karya seni berdasarkan rumus matematika

  3. Sejarah dapat menjadi inspirasi seni rupa, contohnya adalah…
    a. Menggambar pemandangan gunung
    b. Membuat lukisan tentang pahlawan kemerdekaan
    c. Mendesain bangunan sekolah baru
    d. Membuat gambar tentang olahraga

  4. Dalam pembuatan poster lingkungan, pelajaran bahasa Indonesia dibutuhkan untuk…
    a. Menentukan jenis cat yang dipakai
    b. Menghitung luas kertas yang digunakan
    c. Menulis slogan yang jelas dan mudah dipahami
    d. Menggambar garis perspektif

  5. IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dapat dihubungkan dengan seni rupa melalui…
    a. Membuat karya seni tentang kehidupan masyarakat sehari-hari
    b. Menggambar rumus-rumus kimia
    c. Membuat sketsa alat musik modern
    d. Menyusun puisi tentang pahlawan


Komentar

Postingan Populer