30-09-2025
Selasa, 30 September 2025
Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika,Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat membandingkan berbagai pecahan (biasa, senilai, campuran).
Metode Penbelajaran : Tanya Jawab
Alat Peraga : LCD
RANGKUMAN MATERI PECAHAN SENILAI
✅ Pengertian Pecahan Senilai
Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang memiliki nilai yang sama, meskipun bentuk pembilang dan penyebutnya berbeda.
👉 Contoh:
Semua pecahan di atas bernilai setengah.
👉Cara Menentukan Pecahan Senilai
1. Mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama
👉Contoh:
2. Membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama
(Asal bisa dibagi habis)
👉Contoh:
👉Tujuan Mempelajari Pecahan Senilai
Memudahkan dalam membandingkan pecahan.
Membantu saat melakukan penjumlahan, pengurangan, dan penyederhanaan pecahan.
Berguna dalam konversi satuan dan soal sehari-hari.
Pecahan senilai memiliki hasil desimal yang sama.
Contoh:
1.Dina mengatakan bahwa dan bukan pecahan senilai karena pembilang dan penyebutnya berbeda. Apakah pendapat Dina benar?
2. Tentukan satu pecahan senilai dengan yang memiliki penyebut 18. Jelaskan langkah-langkahmu.
3.Rani memakan bagian kue, sedangkan Riko memakan bagian kue yang sama besar. Siapa yang makan lebih banyak? Jelaskan dengan pecahan senilai.
4.Diberikan pecahan: 12
Apakah semua pecahan tersebut senilai? Jelaskan alasanmu dengan perhitungan atau pembuktian.
5.Buatlah dua pecahan senilai dengan
Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat memahami macam-macam majas
Metode Penbelajaran : Tanya Jawab
Alat Peraga : LCD
Materi Majas
1. Majas Hiperbola
👉 Majas yang melebih-lebihkan suatu kenyataan agar terasa lebih dramatis.
Contoh kalimat:
-
Suaranya menggelegar hingga mengguncang bumi.
-
Tangisannya membanjiri seluruh desa.
2. Majas Personifikasi
👉 Majas yang memberikan sifat manusia kepada benda mati atau hewan.
Contoh kalimat:
-
Bunga-bunga tersenyum menyambut sinar matahari pagi.
-
Ombak berlari mengejar anak-anak di pantai.
3. Majas Metafora
👉 Majas yang membandingkan sesuatu secara langsung tanpa kata pembanding (seperti, bagaikan, laksana).
Contoh kalimat:
-
Dia adalah bintang kelas yang selalu bersinar.
-
Buku adalah jendela dunia
SOAL LATIHAN
-
"Suara adiknya merdu bagaikan buluh perindu." Kalimat tersebut termasuk majas …a. Hiperbolab. Metaforac. Personifikasid. Simile
-
"Senyumannya mampu meluluhkan hati yang membeku." Kalimat tersebut menggunakan majas …a. Hiperbolab. Personifikasic. Metaforad. Litotes
-
"Pohon-pohon di tepi jalan melambai-lambai menyambut para pejalan kaki." Majas yang digunakan adalah …a. Personifikasib. Hiperbolac. Metaforad. Ironi
-
"Ayah adalah tulang punggung keluarga." Kalimat tersebut termasuk majas …a. Metaforab. Hiperbolac. Personifikasid. Pleonasme
-
"Dia berlari secepat kilat saat mengejar bola." Kalimat tersebut menggunakan majas …a. Personifikasib. Hiperbolac. Metaforad. Simile
SENI RUPA
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menghubungkan pengetahuan dari mata pelajaran lain dengan seni rupa
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Alat Peraga : LCD
Materi Ajar
1. Seni Rupa
dan Ilmu Pengetahuan
·
Seni
rupa adalah karya seni
yang bisa dilihat dan diraba, misalnya gambar, lukisan, patung, poster, batik.
·
Seni
rupa sering berhubungan dengan pelajaran lain, karena karya seni bisa digunakan
untuk menyampaikan pengetahuan.
2. Contoh
Hubungan Seni Rupa dengan Pelajaran Lain
·
IPA: menggambar siklus air, ilustrasi bagian
tubuh manusia, poster menjaga lingkungan.
·
Matematika: membuat motif batik dari bangun datar,
menggambar simetri lipat, membuat grafik dengan ilustrasi.
·
IPS: menggambar peta daerah, rumah adat,
pakaian tradisional, kenampakan alam.
·
Bahasa
Indonesia: membuat
ilustrasi untuk cerita rakyat, menggambar isi puisi, membuat komik dari cerita.
3. Langkah
Menghubungkan Pengetahuan dengan Seni Rupa
1.
Ingat
pelajaran lain yang sudah dipelajari.
2.
Pilih
materi yang menarik (misalnya siklus air dari IPA).
3.
Tentukan
bagaimana materi itu bisa digambar (misalnya awan, hujan, sungai, laut).
4.
Buat
sketsa sederhana.
5.
Selesaikan
karya dengan warna, bentuk, dan detail.
4. Manfaat
Menghubungkan Ilmu dengan Seni Rupa
·
Mempermudah
mengingat materi pelajaran lain.
·
Membuat
pembelajaran lebih menarik.
·
Melatih
kreativitas dengan menggabungkan ilmu dan seni.
·
Membantu
mengekspresikan gagasan melalui visual.
✨ Ringkasan
·
Seni
rupa bisa terhubung dengan pelajaran lain seperti IPA, Matematika, IPS, dan
Bahasa Indonesia.
·
Pengetahuan
dari pelajaran lain bisa menjadi inspirasi dalam berkarya seni rupa.
· Menghubungkan seni dan ilmu membuat pembelajaran lebih kreatif, menyenangkan, dan bermakna.
Soal Pilihan Ganda
-
Dalam pelajaran matematika, pengetahuan tentang bangun datar dapat membantu dalam seni rupa untuk…a. Menentukan warna gambarb. Menggambar pola dan bentuk dengan tepatc. Memilih tema karya senid. Menentukan makna karya seni
-
Pengetahuan IPA tentang daur air dapat dihubungkan dengan seni rupa dengan cara…a. Menggambar pola simetrib. Membuat poster tentang pentingnya menjaga airc. Menentukan bahan karya seni dari plastikd. Membuat karya seni berdasarkan rumus matematika
-
Sejarah dapat menjadi inspirasi seni rupa, contohnya adalah…a. Menggambar pemandangan gunungb. Membuat lukisan tentang pahlawan kemerdekaanc. Mendesain bangunan sekolah barud. Membuat gambar tentang olahraga
-
Dalam pembuatan poster lingkungan, pelajaran bahasa Indonesia dibutuhkan untuk…a. Menentukan jenis cat yang dipakaib. Menghitung luas kertas yang digunakanc. Menulis slogan yang jelas dan mudah dipahamid. Menggambar garis perspektif
-
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dapat dihubungkan dengan seni rupa melalui…a. Membuat karya seni tentang kehidupan masyarakat sehari-harib. Menggambar rumus-rumus kimiac. Membuat sketsa alat musik modernd. Menyusun puisi tentang pahlawan
Komentar
Posting Komentar