22-9-2025
Senin, 22 September 2025
Matematika dan Bahasa Indonesia
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran :Murid dapat menjawab pertanyaan literal (siapa, apa, di mana, kapan) berdasarkan teks lisan
Metode pembelajaran : Demonstrasi
Media Pembelajaran : LCD
Rangkuman Materi: Menjawab Pertanyaan Literal dari Teks Lisan
Pertanyaan literal adalah jenis pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan secara langsung, jelas, dan tersurat di dalam teks. Saat berhadapan dengan teks lisan (misalnya, berita yang dibacakan, pengumuman, atau cerita dari guru), tantangannya adalah kita harus menyimak dengan saksama karena tidak bisa membaca ulang teks tersebut.
Kunci utamanya adalah menyimak aktif dan fokus pada kata kunci.
Pertanyaan literal adalah jenis pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan secara langsung, jelas, dan tersurat di dalam teks. Saat berhadapan dengan teks lisan (misalnya, berita yang dibacakan, pengumuman, atau cerita dari guru), tantangannya adalah kita harus menyimak dengan saksama karena tidak bisa membaca ulang teks tersebut.
Kunci utamanya adalah menyimak aktif dan fokus pada kata kunci.
1. Memahami Fungsi Setiap Kata Tanya
Setiap kata tanya mencari jenis informasi yang spesifik. Fokuskan pendengaran Anda untuk menangkap informasi yang relevan dengan kata tanya tersebut.
SIAPA?
Fungsi: Menanyakan orang, tokoh, pelaku, atau subjek.
Yang perlu didengarkan: Nama orang, sebutan (misal: "ayah", "ibu guru"), nama jabatan (misal: "presiden", "ketua kelas").
Contoh: Jika teksnya "Budi menendang bola di lapangan," maka jawaban untuk "Siapa yang menendang bola?" adalah Budi.
APA?
Fungsi: Menanyakan benda, peristiwa, hal, atau objek.
Yang perlu didengarkan: Nama benda, kegiatan yang dilakukan, judul, atau topik pembicaraan.
Contoh: Jika teksnya "Ibu membeli sayur bayam di pasar," maka jawaban untuk "Apa yang dibeli Ibu?" adalah sayur bayam.
DI MANA?
Fungsi: Menanyakan tempat atau lokasi kejadian.
Yang perlu didengarkan: Nama tempat (sekolah, rumah, pasar), nama kota, nama jalan, atau keterangan lokasi (di atas meja, di dalam tas).
Contoh: Jika teksnya "Upacara bendera dilaksanakan di lapangan sekolah," maka jawaban untuk "Di mana upacara dilaksanakan?" adalah di lapangan sekolah.
KAPAN?
Fungsi: Menanyakan waktu kejadian.
Yang perlu didengarkan: Keterangan waktu seperti hari (Senin, Selasa), tanggal (17 Agustus), jam (pukul 07.00), atau periode waktu (pagi hari, kemarin, minggu depan, saat liburan).
Contoh: Jika teksnya "Ayah akan berangkat ke kantor pada pukul delapan pagi," maka jawaban untuk "Kapan Ayah akan berangkat?" adalah pada pukul delapan pagi.
Setiap kata tanya mencari jenis informasi yang spesifik. Fokuskan pendengaran Anda untuk menangkap informasi yang relevan dengan kata tanya tersebut.
SIAPA?
Fungsi: Menanyakan orang, tokoh, pelaku, atau subjek.
Yang perlu didengarkan: Nama orang, sebutan (misal: "ayah", "ibu guru"), nama jabatan (misal: "presiden", "ketua kelas").
Contoh: Jika teksnya "Budi menendang bola di lapangan," maka jawaban untuk "Siapa yang menendang bola?" adalah Budi.
APA?
Fungsi: Menanyakan benda, peristiwa, hal, atau objek.
Yang perlu didengarkan: Nama benda, kegiatan yang dilakukan, judul, atau topik pembicaraan.
Contoh: Jika teksnya "Ibu membeli sayur bayam di pasar," maka jawaban untuk "Apa yang dibeli Ibu?" adalah sayur bayam.
DI MANA?
Fungsi: Menanyakan tempat atau lokasi kejadian.
Yang perlu didengarkan: Nama tempat (sekolah, rumah, pasar), nama kota, nama jalan, atau keterangan lokasi (di atas meja, di dalam tas).
Contoh: Jika teksnya "Upacara bendera dilaksanakan di lapangan sekolah," maka jawaban untuk "Di mana upacara dilaksanakan?" adalah di lapangan sekolah.
KAPAN?
Fungsi: Menanyakan waktu kejadian.
Yang perlu didengarkan: Keterangan waktu seperti hari (Senin, Selasa), tanggal (17 Agustus), jam (pukul 07.00), atau periode waktu (pagi hari, kemarin, minggu depan, saat liburan).
Contoh: Jika teksnya "Ayah akan berangkat ke kantor pada pukul delapan pagi," maka jawaban untuk "Kapan Ayah akan berangkat?" adalah pada pukul delapan pagi.
2. Strategi dan Langkah-langkah Menjawab
Fokus dan Konsentrasi (Menyimak Aktif): Saat teks lisan dimulai, pusatkan seluruh perhatian Anda. Hindari gangguan di sekitar Anda. Coba visualisasikan atau bayangkan cerita atau informasi yang sedang disampaikan.
Tangkap Kata Kunci (Keyword Spotting): Sambil mendengarkan, latih telinga Anda untuk menangkap informasi yang biasanya menjadi jawaban untuk pertanyaan Siapa, Apa, Di mana, dan Kapan (nama orang, tempat, waktu, benda).
Buat Catatan Singkat (Jika Memungkinkan): Jika situasinya memungkinkan, siapkan kertas dan pulpen. Tuliskan poin-poin penting dalam format sederhana.
Siapa: Budi
Apa: Beli buku
Di mana: Toko buku
Kapan: Kemarin sore
Hubungkan Pertanyaan dengan Informasi: Setelah mendengar pertanyaan, segera hubungkan kata tanya (misal: "Di mana") dengan informasi lokasi yang sudah Anda dengar atau catat.
Jawab Sesuai Teks: Pastikan jawaban Anda benar-benar berasal dari informasi yang disampaikan. Jangan menambahkan opini, asumsi, atau informasi dari luar teks. Jawaban literal harus 100% sesuai dengan sumbernya.
Fokus dan Konsentrasi (Menyimak Aktif): Saat teks lisan dimulai, pusatkan seluruh perhatian Anda. Hindari gangguan di sekitar Anda. Coba visualisasikan atau bayangkan cerita atau informasi yang sedang disampaikan.
Tangkap Kata Kunci (Keyword Spotting): Sambil mendengarkan, latih telinga Anda untuk menangkap informasi yang biasanya menjadi jawaban untuk pertanyaan Siapa, Apa, Di mana, dan Kapan (nama orang, tempat, waktu, benda).
Buat Catatan Singkat (Jika Memungkinkan): Jika situasinya memungkinkan, siapkan kertas dan pulpen. Tuliskan poin-poin penting dalam format sederhana.
Siapa: Budi
Apa: Beli buku
Di mana: Toko buku
Kapan: Kemarin sore
Hubungkan Pertanyaan dengan Informasi: Setelah mendengar pertanyaan, segera hubungkan kata tanya (misal: "Di mana") dengan informasi lokasi yang sudah Anda dengar atau catat.
Jawab Sesuai Teks: Pastikan jawaban Anda benar-benar berasal dari informasi yang disampaikan. Jangan menambahkan opini, asumsi, atau informasi dari luar teks. Jawaban literal harus 100% sesuai dengan sumbernya.
Contoh Penerapan
Teks Lisan yang Anda dengar:
"Selamat pagi. Sekadar informasi, pada hari Sabtu nanti, sekolah kita akan mengadakan lomba kebersihan antarkelas. Lomba ini akan dikoordinasi oleh Pak Tono selaku guru kesenian."
Pertanyaan dan Cara Menjawabnya:
Kapan lomba akan diadakan?
Pikiran Anda: Kata tanya "Kapan" mencari waktu. Saya mendengar ada keterangan hari.
Jawaban: Pada hari Sabtu nanti.
Siapa yang akan mengoordinasi lomba?
Pikiran Anda: Kata tanya "Siapa" mencari orang. Saya mendengar ada nama guru yang disebut.
Jawaban: Pak Tono.
Apa yang akan diadakan oleh sekolah?
Pikiran Anda: Kata tanya "Apa" mencari kegiatan atau peristiwa. Di awal disebutkan ada acara lomba.
Jawaban: Lomba kebersihan antar kelas.
Teks Lisan yang Anda dengar:
"Selamat pagi. Sekadar informasi, pada hari Sabtu nanti, sekolah kita akan mengadakan lomba kebersihan antarkelas. Lomba ini akan dikoordinasi oleh Pak Tono selaku guru kesenian."
Pertanyaan dan Cara Menjawabnya:
Kapan lomba akan diadakan?
Pikiran Anda: Kata tanya "Kapan" mencari waktu. Saya mendengar ada keterangan hari.
Jawaban: Pada hari Sabtu nanti.
Siapa yang akan mengoordinasi lomba?
Pikiran Anda: Kata tanya "Siapa" mencari orang. Saya mendengar ada nama guru yang disebut.
Jawaban: Pak Tono.
Apa yang akan diadakan oleh sekolah?
Pikiran Anda: Kata tanya "Apa" mencari kegiatan atau peristiwa. Di awal disebutkan ada acara lomba.
Jawaban: Lomba kebersihan antar kelas.
Perbandingan Pecahan
Membandingkan pecahan berarti menentukan pecahan mana yang nilainya lebih besar, lebih kecil, atau apakah keduanya sama nilainya. Ada beberapa cara untuk melakukannya:
Ini adalah cara yang paling cepat dan sering digunakan untuk membandingkan dua pecahan.
- Langkah-langkah:
- Kalikan pembilang (angka di atas) pecahan pertama dengan penyebut (angka di bawah) pecahan kedua.
- Kalikan pembilang pecahan kedua dengan penyebut pecahan pertama.
- Bandingkan hasil dari kedua perkalian tersebut.
- Contoh: Mana yang lebih besar antara 3/5 dan 4/7?
- Kalikan silang:
- 3×7=21 (untuk 3/5)
- 4×5=20 (untuk 4/7)
- Karena 21>20, maka 3/5>4/7
Metode ini berguna jika Anda membandingkan lebih dari dua pecahan atau ingin mengurutkannya.
- Langkah-langkah:
- Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari semua penyebut pecahan.
- Ubah setiap pecahan menjadi pecahan senilai dengan penyebut baru (hasil KPK).
- Setelah semua penyebut sama, cukup bandingkan pembilangnya. Pecahan dengan pembilang terbesar adalah yang nilainya paling besar.
- Contoh: Bandingkan 2/3dan 3/4.
- KPK dari 3 dan 4 adalah 12.
- Ubah pecahannya:
- 2/3=2x4/3x4=8/12
- 3/4=3×3/4×3=9/12
- Bandingkan pembilangnya: 8<9.
- Jadi,8/12<9/12 atau 2/3<3/4.
3. Mengubah ke Bentuk Desimal
Cara ini sangat praktis jika Anda boleh menggunakan kalkulator.
- Langkah-langkah:
- Bagi pembilang dengan penyebut untuk setiap pecahan untuk mendapatkan bentuk desimalnya.
- Bandingkan angka desimal yang dihasilkan.
- Contoh: Bandingkan 1/2 dan 3/5.
- 1/2=1÷2=0.5
- 3/5=3÷5=0.6
- Karena 0.5<0.6, maka 1/2<3/5.
Tips Tambahan
- Jika penyebutnya sama: Langsung bandingkan pembilangnya. Semakin besar pembilangnya, semakin besar nilai pecahannya. (Contoh: 5/8>3/8 karena 5>3).
- Jika pembilangnya sama: Bandingkan penyebutnya. Semakin besar penyebutnya, justru semakin kecil nilai pecahannya. (Contoh: 2/7 < 2 /5 karena 7 lebih besar dari 5).
Latihan soal - Berikut adalah lima soal latihan untuk menguji pemahamanmu tentang perbandingan pecahan.
- 1. Penyebut Sama
Tanda perbandingan yang tepat untuk mengisi titik-titik antara 5/9…7/9 adalah...
a. >
b. <
c. =
2. Pembilang Sama
Di antara pecahan berikut, manakah yang memiliki nilai terkecil?
a. 3/5
b. 3/8
c. 3/4
3. Perkalian Silang
Manakah pernyataan di bawah ini yang benar?
a. 4/7>5/8
b. 4/7<5/8
c. 4/7=5/8
4. Mengurutkan Pecahan
Urutan pecahan 1/2,5/6,2 /3dari yang terbesar ke yang terkecil adalah...
a. 1/2,2/3,5/6
b. 5/6,1/2,2/3
c. 5/6,2/3,1/2
5. Soal Cerita
Rina memiliki pita sepanjang 3/4meter, sedangkan Santi memiliki pita sepanjang 4/5 meter. Pita siapakah yang lebih panjang?
a. Rina
b. Santi
c. Sama panjang
- Berikut adalah lima soal latihan untuk menguji pemahamanmu tentang perbandingan pecahan.
- 1. Penyebut Sama
Tanda perbandingan yang tepat untuk mengisi titik-titik antara 5/9…7/9 adalah...
a. >
b. <
c. =
2. Pembilang Sama
Di antara pecahan berikut, manakah yang memiliki nilai terkecil?
a. 3/5
b. 3/8
c. 3/4
3. Perkalian Silang
Manakah pernyataan di bawah ini yang benar?
a. 4/7>5/8
b. 4/7<5/8
c. 4/7=5/8
4. Mengurutkan Pecahan
Urutan pecahan 1/2,5/6,2 /3dari yang terbesar ke yang terkecil adalah...
a. 1/2,2/3,5/6
b. 5/6,1/2,2/3
c. 5/6,2/3,1/2
5. Soal Cerita
Rina memiliki pita sepanjang 3/4meter, sedangkan Santi memiliki pita sepanjang 4/5 meter. Pita siapakah yang lebih panjang?
a. Rina
b. Santi
c. Sama panjang
Komentar
Posting Komentar