02-10-2025

  Kamis, 2 Oktober 2025

    Pendidikan Pancasila dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   IPAS dan Seni Rupa

Pendidikan Pancasila

 

Tujuan Pembelajaran :Murid dapat  menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari hasil identifikasi bebtuk-bentuk norma,hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai         anggota keluarga dan warga sekolah 

Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)

Alat Peraga                : LCD

Hak dan Kewajiban sebagai Anggota Keluarga dan Warga Sekolah 

👉 Hak adalah sesuatu yang pantas kita terima.
👉 Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita laksanakan terlebih dahulu sebelum menuntut hak.

1. Hak dan Kewajiban di Keluarga

·          Contoh Hak di keluarga Contoh Hak di keluarga

o    Mendapat kasih sayang orang tua.

o    Mendapat makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

o    Mendapat perlindungan dan pendidikan.

·         Contoh Kewajiban di keluarga

o    Hormat kepada orang tua.

o    Membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan.

o    Menjaga nama baik keluarga.

2. Hak dan Kewajiban di Sekolah

·         Contoh Hak di sekolah

Mendapat pelajaran dari guru.

o    Menggunakan fasilitas sekolah.

o    Merasa aman dan nyaman belajar di sekolah.

·         Contoh kewajiban di sekolah

o    Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.

o    Mematuhi tata tertib sekolah.

o    Menjaga kebersihan dan ketertiban kelas.

·         Contoh Hak di Masyarakat

o  Mendapat perlindungan hukum dan keamanan.

o  Mendapat layanan kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit.

o  Mendapat kesempatan menggunakan fasilitas umum (jalan, taman, pasar).

o  Mendapat bantuan saat terjadi bencana.

o  Mengemukakan pendapat dengan cara yang sopan dan sesuai aturan.

·         Contoh Kewajiban di Masyarakat

o     Mematuhi aturan hukum dan norma yang berlaku.

o     Menjaga kebersihan lingkungan bersama-sama.

o     Mengikuti kegiatan gotong royong di lingkungan tempat tinggal.

o     Menghormati hak orang lain.

o     Membayar iuran atau pajak sesuai ketentuan.

Soal Latihan

1. Salah satu contoh hak sebagai anggota keluarga adalah …
a. Membersihkan kamar sendiri
b. Mendapat kasih sayang dari orang tua
c. Membantu orang tua bekerja
d. Menjaga kebersihan rumah

2. Contoh kewajiban sebagai anggota keluarga adalah …
a. Mendapatkan pendidikan
b. Mendapatkan makanan dan pakaian
c. Menghormati orang tua
d. Mendapatkan perlindungan

3. Di sekolah, murid berhak untuk …
a. Membayar uang sekolah
b. Mendapatkan pelajaran dari guru
c. Menjaga kebersihan kelas
d. Mematuhi tata tertib sekolah

4. Seorang murid memiliki kewajiban berikut ini, kecuali …

a. Mengikuti pelajaran dengan tertib
b. Membayar iuran sekolah
c. Menghormati guru dan teman
d. Membantu menjaga fasilitas sekolah

5. Jika setiap anggota keluarga melaksanakan kewajibannya dengan baik, maka suasana di rumah akan menjadi …

a. Ramai dan gaduh
b. Tidak teratur
c. Aman, rukun, dan nyaman
d. Membosankan

6. Hak sebagai warga sekolah yang paling utama adalah …

a. Mendapatkan nilai tinggi
b. Mendapat bimbingan belajar dari guru
c. Selalu jadi ketua kelas
d. Tidak pernah mendapat tugas

7. Seorang anak membantu ibu menyapu halaman. Tindakan anak tersebut merupakan contoh

a. Hak di rumah
b. Kewajiban di rumah.
c. Hak di sekolah
d. Hak dan kewajiban di sekolah

8.Hak seorang murid saat sakit dan tidak bisa masuk sekolah adalah …

a. Tetap dihukum guru

b. Mendapat istirahat di rumah
c. Mendapat tambahan tugas lebih banyak
d. Tidak perlu belajar lagi

9. Di sekolah, menjaga kebersihan kelas termasuk …
a. Hak murid
b. Kewajiban murid
c. Tugas guru
d. Hak kepala sekolah

10. Jika seorang murid hanya menuntut hak tetapi tidak melaksanakan kewajibannya, maka yang terjadi adalah …
a. Lingkungan sekolah tetap tertib
b. Kehidupan sekolah tidak seimbang
c. Semua murid merasa senang
d. Guru tetap memberikan nilai baik

IPAS

 

Tujuan Pembelajaran :Muriddapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam                                           kehidupan sehari-hari.

 

Metode Penbelajaran : Demostrasi

 

Alat Peraga                : LCD

1. Pengertian Cahaya

Cahaya adalah energi yang dapat membuat benda tampak oleh mata. Tanpa cahaya, kita tidak dapat melihat apapun. Cahaya juga dapat merambat melalui ruang hampa (misalnya di luar angkasa).

2. Sumber Cahaya

Sumber cahaya terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Sumber cahaya alami: Sumber cahaya yang ada di alam, seperti matahari, bintang, dan api.

  • Sumber cahaya buatan: Sumber cahaya yang dibuat oleh manusia, seperti lampu, lilin, dan senter.

3. Sifat Cahaya

  • Cahaya merambat lurus: Cahaya selalu bergerak dalam garis lurus. Hal ini bisa dilihat pada bayangan yang terbentuk ketika cahaya terkena benda.

  • Cahaya dapat dipantulkan: Ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, cahaya akan dipantulkan. Contoh: cermin.

  • Cahaya dapat diteruskan: Beberapa benda memungkinkan cahaya untuk menembusnya, seperti kaca bening.

  • Cahaya dapat dibelokkan: Cahaya dapat dibelokkan saat melewati benda transparan yang bentuknya melengkung, seperti kaca pembesar.

4. Peristiwa Cahaya

  • Refleksi (Pemantulan): Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus, cahaya akan dipantulkan kembali. Contoh: cermin.

  • Pembiasan Cahaya: Perubahan arah cahaya ketika melewati media yang berbeda (misalnya udara ke air). Contoh: pensil yang tampak patah di dalam air.

  • Dispersi: Pemisahan cahaya putih menjadi warna-warna lain. Contoh: pelangi yang terbentuk setelah hujan.

5. Bayangan

  • Bayangan Tegak: Bayangan yang terbentuk pada benda transparan, seperti kaca.

  • Bayangan Terbalik: Bayangan yang terbentuk dari benda yang terhalang cahaya, seperti bayangan di cermin datar.

    👉 Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar sama

  • Bayangan Lurus: Bayangan yang terbentuk pada benda yang dipantulkan oleh cahaya. Bayangan ini bisa berupa bayangan tajam atau buram, tergantung dari jarak benda dengan sumber cahaya.

6. Cahaya dan Penggunaannya

  • Lampu lalu lintas: Menggunakan cahaya untuk mengatur lalu lintas.

  • Optik: Ilmu yang mempelajari cahaya dan cara cahaya berinteraksi dengan benda. Contoh: penggunaan lensa pada kacamata atau mikroskop.

  • Sumber energi terbarukan: Cahaya matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.

    👉 Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis

7. Kecepatan Cahaya

Cahaya bergerak dengan sangat cepat. Di udara, kecepatan cahaya adalah sekitar 300.000 km per detik. Kecepatan ini memungkinkan cahaya tiba dengan cepat di tempat yang jauh, seperti dari matahari ke bumi.

8. Spektrum Cahaya

Cahaya putih terdiri dari berbagai warna yang dapat dipisahkan menggunakan prisma. Spektrum cahaya terdiri dari warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering disebut sebagai warna pelangi.

Latigan soal

1. Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui!

2. Sumber energi utama di bumi ini adalah …

3. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut .... 

4. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....

5. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah 


Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid dapat mengikuti pembelajarn dan memahami materi dengan baik.Berikut Dokumentasi Kegiatan Hari ini







Komentar

Postingan Populer