02-10-2025
Kamis, 2 Oktober 2025
Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran IPAS dan Seni Rupa
Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran :Murid dapat menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari hasil identifikasi bebtuk-bentuk norma,hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Alat Peraga : LCD
Hak dan Kewajiban sebagai Anggota Keluarga dan Warga Sekolah
1.
Hak dan Kewajiban di Keluarga
·
Contoh Hak di keluarga Contoh Hak di keluarga
o Mendapat kasih sayang orang tua.
o Mendapat makanan, pakaian, dan tempat
tinggal.
o Mendapat perlindungan dan pendidikan.
·
Contoh
Kewajiban di keluarga
o Hormat kepada orang tua.
o Membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan.
o Menjaga nama baik keluarga.
2.
Hak dan Kewajiban di Sekolah
·
Contoh
Hak di sekolah
Mendapat
pelajaran dari guru.
o Menggunakan fasilitas sekolah.
o Merasa aman dan nyaman belajar di sekolah.
· Contoh kewajiban di sekolah
o Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh.
o Mematuhi tata tertib sekolah.
o Menjaga kebersihan dan ketertiban kelas.
·
Contoh
Hak di Masyarakat
o Mendapat perlindungan hukum dan keamanan.
o Mendapat layanan kesehatan dari puskesmas
atau rumah sakit.
o Mendapat kesempatan menggunakan fasilitas
umum (jalan, taman, pasar).
o Mendapat bantuan saat terjadi bencana.
o Mengemukakan pendapat dengan cara yang
sopan dan sesuai aturan.
·
Contoh
Kewajiban di Masyarakat
o
Mematuhi
aturan hukum dan norma yang berlaku.
o
Menjaga
kebersihan lingkungan bersama-sama.
o
Mengikuti
kegiatan gotong royong di lingkungan tempat tinggal.
o
Menghormati
hak orang lain.
o
Membayar
iuran atau pajak sesuai ketentuan.
Soal Latihan
4. Seorang murid memiliki kewajiban berikut ini, kecuali …
5. Jika setiap anggota keluarga melaksanakan kewajibannya dengan baik, maka suasana di rumah akan menjadi …
6. Hak sebagai warga sekolah yang paling utama adalah …
7. Seorang anak membantu ibu menyapu halaman. Tindakan anak tersebut merupakan contoh
8.Hak seorang murid saat sakit dan tidak bisa masuk sekolah adalah …
a. Tetap dihukum guru
IPAS
Tujuan Pembelajaran :Muriddapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
1. Pengertian Cahaya
Cahaya adalah energi yang dapat membuat benda tampak oleh mata. Tanpa cahaya, kita tidak dapat melihat apapun. Cahaya juga dapat merambat melalui ruang hampa (misalnya di luar angkasa).
2. Sumber Cahaya
Sumber cahaya terbagi menjadi dua, yaitu:
Sumber cahaya alami: Sumber cahaya yang ada di alam, seperti matahari, bintang, dan api.
Sumber cahaya buatan: Sumber cahaya yang dibuat oleh manusia, seperti lampu, lilin, dan senter.
3. Sifat Cahaya
Cahaya merambat lurus: Cahaya selalu bergerak dalam garis lurus. Hal ini bisa dilihat pada bayangan yang terbentuk ketika cahaya terkena benda.
Cahaya dapat dipantulkan: Ketika cahaya mengenai permukaan benda yang licin, cahaya akan dipantulkan. Contoh: cermin.
Cahaya dapat diteruskan: Beberapa benda memungkinkan cahaya untuk menembusnya, seperti kaca bening.
Cahaya dapat dibelokkan: Cahaya dapat dibelokkan saat melewati benda transparan yang bentuknya melengkung, seperti kaca pembesar.
4. Peristiwa Cahaya
Refleksi (Pemantulan): Ketika cahaya mengenai permukaan yang halus, cahaya akan dipantulkan kembali. Contoh: cermin.
Pembiasan Cahaya: Perubahan arah cahaya ketika melewati media yang berbeda (misalnya udara ke air). Contoh: pensil yang tampak patah di dalam air.
Dispersi: Pemisahan cahaya putih menjadi warna-warna lain. Contoh: pelangi yang terbentuk setelah hujan.
5. Bayangan
Bayangan Tegak: Bayangan yang terbentuk pada benda transparan, seperti kaca.
Bayangan Terbalik: Bayangan yang terbentuk dari benda yang terhalang cahaya, seperti bayangan di cermin datar.
👉 Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar sama
Bayangan Lurus: Bayangan yang terbentuk pada benda yang dipantulkan oleh cahaya. Bayangan ini bisa berupa bayangan tajam atau buram, tergantung dari jarak benda dengan sumber cahaya.
6. Cahaya dan Penggunaannya
Lampu lalu lintas: Menggunakan cahaya untuk mengatur lalu lintas.
Optik: Ilmu yang mempelajari cahaya dan cara cahaya berinteraksi dengan benda. Contoh: penggunaan lensa pada kacamata atau mikroskop.
Sumber energi terbarukan: Cahaya matahari dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya.
👉 Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis
7. Kecepatan Cahaya
Cahaya bergerak dengan sangat cepat. Di udara, kecepatan cahaya adalah sekitar 300.000 km per detik. Kecepatan ini memungkinkan cahaya tiba dengan cepat di tempat yang jauh, seperti dari matahari ke bumi.
8. Spektrum Cahaya
Cahaya putih terdiri dari berbagai warna yang dapat dipisahkan menggunakan prisma. Spektrum cahaya terdiri dari warna-warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering disebut sebagai warna pelangi.
Latigan soal
1. Tuliskan 3 sifat cahaya yang kamu ketahui!
2. Sumber energi utama di bumi ini adalah …
3. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
4. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....
5. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah
Refleksi/kesimpulan : Alhamdulillah pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar murid dapat mengikuti pembelajarn dan memahami materi dengan baik.Berikut Dokumentasi Kegiatan Hari ini
Komentar
Posting Komentar