06-10-2025
Senin 6 Oktober 2025
Bahasa Indonesia dan Matematika
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
Tujuan Pembelajaran :Murid dapat mengenali struktur dan ciri kebahasaan teks Prosedur
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (Pbl)
Alat Peraga : LCD
Ciri-Ciri Teks Prosedur
Menggunakan Kalimat Perintah:
- Teks ini berisi instruksi langsung, seperti "Masukkan air..." atau "Tekan tombol...".
- Menggunakan Kata Kerja Aktif:
- Kata kerja yang digunakan adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan, seperti "mengaduk", "memotong", atau "menyalakan".
- Ada Panduan yang Harus Dilakukan:
- Teks prosedur memberikan petunjuk yang harus diikuti oleh pembaca.
- Menggunakan Kata Penghubung (Konjungsi):
- Kata seperti "kemudian", "lalu", "selanjutnya", atau "pertama" digunakan untuk mengurutkan langkah-langkah kegiatan.
- Ada Alat dan Bahan:
- Teks prosedur seringkali memuat daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat atau melakukan sesuatu, seperti dalam resep masakan.
- Tahap Kegiatan yang Berurutan:
- Langkah-langkah disajikan secara berurutan agar mudah diikuti dan tidak ada langkah yang terlewat.
- Fungsi Teks Prosedur
- Memberikan petunjuk cara melakukan atau membuat sesuatu.
- Memandu pembaca agar bisa melakukan sesuatu dengan cara yang benar.
- Membantu pembaca mencapai tujuan yang diharapkan.
- Jenis-Jenis Teks Prosedur
- Cara Membuat:
- Memberikan petunjuk langkah-langkah untuk menciptakan suatu benda atau makanan, misalnya resep masakan.
- Cara Melakukan:
- Menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan suatu kegiatan, contohnya cara melakukan senam atau gerakan tari.
- Cara Menggunakan/Memainkan:
- Memberikan instruksi untuk mengoperasikan alat atau menggunakan suatu benda, seperti cara menggunakan komputer atau memainkan alat musik.
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat memahami konversi (mengubah) pecahan biasa ke pecahan campuran
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (Pbl)
Alat Peraga : LCD/PPT
Materi Matematika
Apa itu pecahan biasa? Pecahan yang terdiri dari
pembilang dan penyebut
Pecahan ½
1 = Pembilang : Menunjukkan jumlah bagian keseluruhan.
2 = Penyebut :Menunjukkan
jumlah bagian keseluruhan
Apa itu pecahan campuran?
Pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan
biasa
2 ¼ = 2 + ¼
Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran
Pecahan biasa bisa diubah menjadi pecahan campuran
apabila pembilang lebih besar daripada penyebut
Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran
Contoh ubah 7/3 menjadi pecahan campuran
1.bagi 7 : 3 =2
sisa 1 lebih besar daripada penyebut
2.Angka bulat 2
3.sisa = 1 menjadi pembilang penyebut tetap 3
Jadi 7/3 = 2 1/3
KESIMPULAN MATERI Pecahan biasa bisa diubah menjadi
pecahan campuran apabila pembilang lebih besar daripada penyebut
Cara mengubahnya
1.bagi pembilang dengan penyebut 2. Hasil bagi menjadi bilangan bulatnya
3.Sisa pembagian menjadi pembilang pada pecahan
4.penyebutnya tetap sama.
Dengan memahami materi ini murid dapat lebih mudah
mengerjakan soal-soal pecahan dalam kehidupan sehari
Tugas
- Refleksi/kesimpulan : Alhamduilillah pada kegiatan penbelajaran Bahasa Indonesia dan matematika hari ini sebagian besar murid dapat memahami materi dengan baik melalui kegiatan latihan soal-soal
- Dokumentasi Pembelajaran Hari ini
Komentar
Posting Komentar