21 Oktober 2025

 Selasa 21 Oktober 2025

    Matematika dan Bahasa Indonesia

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   Matematika dan Bahasa Indonesia

MATEMATIKA🌼

Tujuan Pembeljaran   : Peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Metode pembelajaran : Demonstrasi 

Media Pembelajaran   : PPT dan Karton 

 

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Jika kedua pecahan atau lebih memiliki penyebut (angka di bawah garis) yang sama, caranya sangat mudah:
 

Jumlahkan langsung pembilangnya (angka di atas garis).

 

Penyebutnya tetap sama.

Rumus:

a​/b+c/b​=a+c​/b

Contoh:

2/5​+1/5​=2+1/5​=3/5​

2. Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda

Jika kedua pecahan memiliki penyebut yang berbeda, pecahan tersebut tidak bisa langsung dijumlahkan. Anda harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu.

Langkah-langkah:

  1. Cari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari kedua penyebut untuk dijadikan penyebut baru yang sama (disebut juga penyebut bersama).

  2. Sesuaikan Pembilang: Bagi KPK dengan penyebut lama masing-masing pecahan, lalu kalikan hasilnya dengan pembilang lama pecahan tersebut.
  3. Jumlahkan: Setelah penyebutnya sama, jumlahkan kedua pembilang baru, sementara penyebutnya tetap (menggunakan KPK).


Contoh:

1/2​+3/4 ​= ?

    Cari KPK dari penyebut 2 dan 4. KPK-nya adalah 4.

    Sesuaikan Pembilang:

        Untuk 1/2 ​: 4÷2=2, lalu 2×1=2. Jadi, 1​ /2 menjadi 2/4​.

        Untuk 3/4 ​: 4÷4=1, lalu 1×3=3. Jadi, 3​/4 tetap 3/4​.

    Jumlahkan:
    2/4​+3/4​=2+3/4​= 5​/4


Latihan Soal

1.Hasil dari 3⁄10 + 7⁄10 adalah ....

a.   1
b.    10/20
c.    1/3
d.    1/5
 
2. Hasil dari 3⁄8 + ⅙ adalah = ....
a.4/24
a.    10/24
b.    11/24
c.    13/24


3. Hasil dari  5 4⁄5 + 4 ⅛ adalah ....
 
a.    9 36⁄40
b.    9 37/30
c.    9 28/40
d.    9 29/40

4. Hasil dari 3⁄13 + 5⁄13  + 2⁄13 = ....
a.    9/13
b.    10/13
c.    12/13
d.    14/13
 
5. Hasil dari 2⁄5 + 1⁄4 = …
a.    13/20
b.    14/20
c.    15/20
d.    16/20


Bahasa Indonesia

Tujuan Pembeljaran    : Murid  dapat Menyampaikan pendapat secara lisan dalam diskusi   kelompok                                                        dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti.

Metode pembelajaran : PBl

Media Pembelajaran   : LCD

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran antara dua orang atau lebih untuk membahas suatu masalah dan mencari solusi bersama.
Dalam diskusi, setiap anggota kelompok berhak menyampaikan pendapatnya, tetapi juga harus menghargai pendapat orang lain.

Contoh:
Saat kamu dan teman-teman membicarakan “Apakah membawa bekal dari rumah lebih baik daripada jajan di sekolah?” — itu termasuk kegiatan diskusi.

 B. Tujuan Diskusi

  1. Untuk bertukar pendapat dan saling memahami sudut pandang.

  2. Untuk menemukan solusi bersama dari suatu masalah.

  3. Untuk melatih berbicara dan berpikir logis.Untuk belajar bersikap sopan dan menghargai orang lain.

 C. Ciri-Ciri Diskusi yang Baik

  1. Ada topik atau masalah yang dibahas.

  2. Ada pembicara, pencatat, dan moderator/ketua.

  3. Setiap orang mendapat kesempatan berbicara.

  4. Semua menggunakan bahasa yang sopan.

  5. Tidak memotong pembicaraan teman.

  6. Hasil diskusi disimpulkan bersama.

 D. Cara Menyampaikan Pendapat dengan Sopan

  1. Gunakan kata-kata yang baik dan santun, misalnya:

    • “Menurut saya...”

    • “Saya berpendapat bahwa...”

    • “Saya setuju, tetapi...”

    • “Maaf, saya kurang sependapat karena...”

  2. Gunakan suara yang jelas dan tenang, tidak terlalu keras atau pelan.

  3. Lihat lawan bicara saat berbicara (menunjukkan rasa hormat).

  4. Dengarkan pendapat teman sebelum menanggapi.

  5. Jangan mengejek atau menertawakan pendapat orang lain.

  6. Berbicara berdasarkan alasan yang logis dan masuk akal.

 E. Cara Menanggapi Pendapat Teman dengan Sopan

  1. Dengarkan pendapat teman sampai selesai.

  2. Beri tanggapan dengan bahasa yang baik, misalnya:

    • “Saya setuju dengan pendapat itu karena...”

    • “Menurut saya ada tambahan sedikit...”

    • “Pendapat kamu bagus, tetapi saya ingin menambahkan...”

  3. Jangan memaksakan pendapat sendiri.

 F. Contoh Dialog Diskusi

Topik: “Apakah membawa bekal dari rumah itu penting?”

Ketua: “Baik teman-teman, hari ini kita akan berdiskusi tentang membawa bekal dari rumah. Siapa yang mau menyampaikan pendapat dulu?”

Sinta: “Menurut saya membawa bekal dari rumah itu penting karena lebih higienis dan sehat.”

Rafi: “Saya setuju dengan Sinta, tapi kadang saya tidak sempat menyiapkan bekal karena bangun kesiangan.”

Lina: “Saya kurang setuju kalau tidak membawa bekal. Kita bisa menyiapkan malam sebelumnya supaya pagi tidak repot.”

Ketua: “Baik, jadi kita sepakat bahwa membawa bekal dari rumah lebih baik karena lebih sehat dan hemat.”

📜 G. Sikap yang Perlu Diterapkan Saat Diskusi

Sikap    Contohnya
Sopan berbicara :Tidak berteriak, tidak memotong pembicaraan
Menghargai pendapat orang lain :Mendengarkan tanpa menertawakan
Jujur dan terbuka  : Mengatakan pendapat sendiri tanpa meniru orang
Kerjasama :Bekerja sama menyimpulkan hasil diskusi

 H. Kesimpulan
  • Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah bersama.

  • Saat berdiskusi, kita harus menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

  • Siswa yang baik tidak hanya berbicara, tetapi juga mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain.

 I. Latihan Singkat

A. Pilihan Ganda

  1. Tujuan utama berdiskusi adalah ….
    a. Menyalahkan pendapat teman
    b. Bertukar pikiran dan mencari solusi bersama
    c. Membuktikan siapa yang paling benar
    d. Membuat suasana gaduh

  2. Sikap yang baik saat teman berbicara adalah ….
    a. Memotong pembicaraannya
    b. Menyela dengan keras
    c. Mendengarkan dengan tenang
    d. Menertawakan

  3. Kalimat sopan untuk menyampaikan pendapat adalah ….
    a. “Kamu salah!”
    b. “Menurut saya lebih baik jika...”
    c. “Pendapat saya paling benar!”
    d. “Bicaramu tidak jelas!                                                                                                                   REMEDIAL dan PENGAYAAN SENI RUPA
Refleksi kegiatan  hari ini
Alhamdulillah sebagian besar murid dapat memahami penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan

Murid  dapat Menyampaikan pendapat secara lisan dalam diskusi   kelompok                               dengan bahasa yang sopan dan dapat dimengerti.

Dokumentasi pembelajaran hari ini






Komentar

Postingan Populer