09-10-2025

 Kamis, 09 Oktober 2025

    Pendidikan Pancasila  dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  Pendidikan Pancasila  dan IPAS


Tuhuan pembelajaran : Dengan membahas berbagai soal dapat melatih murid lebih terampil dalam mengerjakan berbagai bentuk soal

Metode Pembelajaran: Tanya Jawab

Media                        : LCD 

PEMBAHASAN SOAL PENDIDIKAN PANCASILA 


1.Pada awal tahun 1945, Jepang membentuk sebuah badan untuk menyelidiki dasar negara Indonesia. Badan ini disebut BPUPKI. Sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei – 1 Juni 1945 dan dipimpin oleh seorang tokoh bangsa Indonesia yang disegani. Beliau adalah seorang dokter, pejuang, sekaligus politisi yang ditunjuk sebagai ketua BPUPKI.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, siapakah tokoh yang dimaksud sebagai ketua BPUPKI?
A. Ir. Soekarno
B. Mohammad Yamin
C. Drs. Mohammad Hatta
D. Dr. Rajiman Wedyodiningrat


2. Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Yamin. dan Mr. Soepomo menyampaikan usulan dasar negara. Walaupun usulan mereka berbeda-beda, mereka tetap berdiskusi dengan semangat persatuan, saling menghargai, dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A.Berani berdebat untuk memenangkan pendapat pribadi
B.Mengutamakan persatuan dan saling menghargai pendapat
C.Menyampaikan usulan tanpa memikirkan kepentingan bangsa
D. Memaksakan gagasan agar diakui semua orang


3. Dalam sidang perumusan dasar negara, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, dan Mr. Soepomo berdiskusi dengan sungguh-sungguh. Mereka berbeda pendapat, tetapi tetap sabar mendengarkan, tidak saling memotong pembicaraan, dan berusaha mencari jalan tengah demi kepentingan bangsa Indonesia.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….

A. Saling menghargai dan mengutamakan persatuan
B  Mengutamakan kepentingan kelompok sendiri
C. Memaksakan pendapat agar diterima orang lain
D. Menyalahkan pendapat yang berbeda

 

4.Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa bekerja sama menyampaikan pendapat dan menyusun dasar negara. Walaupun berbeda gagasan, mereka tetap bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama, yaitu merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Apakah Manfaat sikap gotong royong yang ditunjukkan para perumus Pancasila dalam ilustrasi tersebut adalah ….
A. Mempercepat tercapainya tujuan bersama
B. Membuat semua pendapat diterima tanpa diskusi
C. Menumbuhkan sikap saling menjatuhkan
D. Menyebabkan perdebatan semakin Panjang 


5. Gambar tersebut menunjukkan pelaksanaan salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. Nilai yang paling sesuai dengan kegiatan dalam gambar adalah ….

A. Ketuhanan Yang Maha Esa 
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


6. Ani sedang mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Setelah Ani selesai, semua teman-teman memberikan tepuk tangan sebagai tanda menghargai usahanya. Budi pun memuji Ani dengan berkata, “Presentasimu sangat bagus, Ani!”.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, contoh perilaku menghargai di sekolah adalah ….
A Menyela presentasi teman agar lebih cepat selesai
B. Mengabaikan penjelasan teman karena tidak menarik
C. Menertawakan teman yang salah dalam presentasi
D. Memberi tepuk tangan dan pujian setelah teman selesai presentasi

Tabel Pengamalan Sila Kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
No    Contoh Sikap di Sekolah
1    Menolong teman yang jatuh di halaman sekolah
2    Mengejek teman yang tidak bisa menjawab soal
3    Memberikan kesempatan teman berpendapat dalam diskusi
4    Mengucilkan teman karena berbeda agama


7..Berdasarkan tabel di atas, contoh perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila adalah ….
A.      1 dan 2                          B.  2 dan 4
B.     1 dan 3                           D. 3 dan 4


8..Di sebuah sekolah, siswa-siswi berasal dari berbagai daerah dan agama yang berbeda. Mereka tetap rukun, saling menghargai, dan bekerja sama saat mengadakan pentas seni. Walaupun berbeda, mereka tetap bersatu demi kesuksesan acara sekolah.
Perilaku pada ilustrasi tersebut sesuai dengan sila Pancasila yang berbunyi ….
A.    Ketuhanan Yang Maha Esa
B.   Kemanusiaan yang adil dan berada

C.   Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan


9. Perhatikan gambar berikut
Berdasarkan gambar, tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut mencerminkan pengamalan sila ketiga Pancasila. Sikap manakah yang paling tepat menggambarkan nilai sila ketiga yang ditunjukkan dalam gambar?
A. Menjaga kebersihan lingkungan karena ingin mendapatkan pujian guru.
B. Bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan latar belakang.
C. Mengutamakan teman sebangsa sendiri dan mengabaikan teman dari suku lain.
D. Menolak bekerja sama dengan teman yang berbeda pendapat

10.Di sebuah sekolah, semua siswa mendapat kesempatan yang sama untuk menggunakan fasilitas perpustakaan. Tidak ada yang dibeda-bedakan, baik siswa yang pintar maupun yang masih perlu bimbingan, semuanya boleh meminjam buku.
Makna sila kelima Pancasila yang tercermin dalam ilustrasi tersebut adalah 
A. Menjaga persatuan dengan saling menghormati
B. Menghargai perbedaan keyakinan antar teman
C. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga sekolah
D. Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah Bersama

Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Metode Penbelajaran : Demostrasi

 

Alat Peraga                : LCD 

Sifat-sifat Cahaya

Cahaya adalah energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik dan dapat kita lihat. Cahaya memiliki beberapa sifat utama:

1. Cahaya Merambat Lurus 📏

Cahaya selalu bergerak lurus dari sumbernya.

  • Contoh: Sinar matahari yang masuk melalui celah jendela akan tampak sebagai garis lurus. Cahaya dari lampu senter juga merambat lurus.

2. Cahaya Dapat Dipantulkan (Refleksi) 🔄

Cahaya akan kembali (dipantulkan) jika mengenai suatu permukaan.

  • Contoh: Kita bisa melihat bayangan kita di cermin karena cermin memantulkan cahaya yang datang ke arahnya. Jenis pemantulan ada dua:

    • Pemantulan teratur: Terjadi pada permukaan yang rata dan licin (seperti cermin).

    • Pemantulan baur/tidak teratur: Terjadi pada permukaan yang kasar (seperti tembok atau air yang beriak), sehingga cahaya dipantulkan ke berbagai arah.

3. Cahaya Dapat Dibiaskan (Refraksi) 〰️

Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya (misalnya dari udara ke air).

  • Contoh: Pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air akan terlihat bengkok atau patah. Dasar kolam renang juga terlihat lebih dangkal dari sebenarnya.

4. Cahaya Dapat Menembus Benda Bening 💧

Cahaya dapat melewati benda-benda yang transparan atau bening.

  • Contoh: Cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela yang bening.

Jenis Benda Berdasarkan Kemampuannya Meneruskan Cahaya
Benda Bening (Transparan): Meneruskan hampir seluruh cahaya. Contoh: Kaca bening, air jernih.
Benda Gelap (Opaq): Tidak dapat ditembus cahaya, sehingga membentuk bayangan gelap. Contoh: Kayu, batu, tembok.
Benda Remang-remang (Translusen): Meneruskan sebagian cahaya, tetapi menyebarkannya sehingga tampak buram. Contoh: Kaca buram, kertas minyak.
LATIHAN SOAL
  • 1. Cahaya bergerak dengan arah ....
    a. membelok
    b. berputar
    c. lurus,
    d. bergelombang

    2 Benda yang dapat ditembus cahaya disebut benda ....
    a. bening,
    b. buram
    c. gelap
    d. padat

    3  Bayangan terbentuk karena ....
    a. cahaya dapat dibiaskan
    b. cahaya dapat dipantulkan
    c. cahaya dapat menembus benda
    d. cahaya terhalang benda tidak tembus Cahaya.

    4. Cermin datar memantulkan cahaya dengan arah ....
    a. acak
    b. menyebar ke semua arah
    c. tetap sesuai sudut datang dan pantul,
    d. menyerap semua cahaya

    5.Contoh penggunaan pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
    a. melihat bayangan di cermin
    b. mendengar gema di lembah
    c. pensil tampak bengkok di dalam air.
    d. melihat bayangan di dinding

    6. Bunyi dapat merambat melalui ....
    a. udara saja
    b. ruang hampa
    c. benda padat, cair, dan gas.
    d. air saja

    7.Sumber bunyi berasal dari ....
    a. benda diam
    b. benda yang bergetar.
    c. benda yang berputar
    d. benda yang berkilau

    8.  Semakin cepat benda bergetar, maka bunyi yang dihasilkan akan ....
    a. semakin pelan
    b. semakin nyaring.
    c. semakin kecil
    d. semakin lemah

    9. Benda yang dapat memantulkan bunyi dengan baik biasanya terbuat dari ....
    a. kain
    b. busa
    c. kayu
    d. logam.

    10 Contoh peristiwa pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
    a. mendengar gema di pegunungan,
    b. suara petir
    c. mendengar musik dari radio
    d. berbicara di dalam rumah

    Refleksi/kesimpulan: Alhamdulillah  pada kegiatan pembelajaran hari ini sebagian besar peserta didik dapat mengerjakan soal pembahasan latihan Pendidikan Pancasila dan IPAS.
     Berikut dokumentasi kegiatannya:






  • Komentar

    Postingan Populer