09-10-2025
Kamis, 09 Oktober 2025
Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan IPAS
Tuhuan pembelajaran : Dengan membahas berbagai soal dapat melatih murid lebih terampil dalam mengerjakan berbagai bentuk soal
Metode Pembelajaran: Tanya Jawab
Media : LCD
PEMBAHASAN SOAL PENDIDIKAN PANCASILA
1.Pada awal tahun 1945, Jepang membentuk sebuah badan untuk menyelidiki dasar negara Indonesia. Badan ini disebut BPUPKI. Sidang pertama dilaksanakan pada 29 Mei – 1 Juni 1945 dan dipimpin oleh seorang tokoh bangsa Indonesia yang disegani. Beliau adalah seorang dokter, pejuang, sekaligus politisi yang ditunjuk sebagai ketua BPUPKI.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, siapakah tokoh yang dimaksud sebagai ketua BPUPKI?
A. Ir. Soekarno
B. Mohammad Yamin
C. Drs. Mohammad Hatta
D. Dr. Rajiman Wedyodiningrat
2. Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Yamin. dan Mr. Soepomo menyampaikan usulan dasar negara. Walaupun usulan mereka berbeda-beda, mereka tetap berdiskusi dengan semangat persatuan, saling menghargai, dan mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A.Berani berdebat untuk memenangkan pendapat pribadi
B.Mengutamakan persatuan dan saling menghargai pendapat
C.Menyampaikan usulan tanpa memikirkan kepentingan bangsa
D. Memaksakan gagasan agar diakui semua orang
3. Dalam sidang perumusan dasar negara, para tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Mohammad Yamin, dan Mr. Soepomo berdiskusi dengan sungguh-sungguh. Mereka berbeda pendapat, tetapi tetap sabar mendengarkan, tidak saling memotong pembicaraan, dan berusaha mencari jalan tengah demi kepentingan bangsa Indonesia.
Sikap yang dapat kita teladani dari para tokoh perumus Pancasila berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A. Saling menghargai dan mengutamakan persatuan
B Mengutamakan kepentingan kelompok sendiri
C. Memaksakan pendapat agar diterima orang lain
D. Menyalahkan pendapat yang berbeda
4.Dalam sidang BPUPKI, para tokoh bangsa bekerja sama menyampaikan pendapat dan menyusun dasar negara. Walaupun berbeda gagasan, mereka tetap bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama, yaitu merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
Apakah Manfaat sikap gotong royong yang ditunjukkan para perumus Pancasila dalam ilustrasi tersebut adalah ….
A. Mempercepat tercapainya tujuan bersama
B. Membuat semua pendapat diterima tanpa diskusi
C. Menumbuhkan sikap saling menjatuhkan
D. Menyebabkan perdebatan semakin Panjang
5. Gambar tersebut menunjukkan pelaksanaan salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. Nilai yang paling sesuai dengan kegiatan dalam gambar adalah ….
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
6. Ani sedang mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Setelah Ani selesai, semua teman-teman memberikan tepuk tangan sebagai tanda menghargai usahanya. Budi pun memuji Ani dengan berkata, “Presentasimu sangat bagus, Ani!”.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, contoh perilaku menghargai di sekolah adalah ….
A Menyela presentasi teman agar lebih cepat selesai
B. Mengabaikan penjelasan teman karena tidak menarik
C. Menertawakan teman yang salah dalam presentasi
D. Memberi tepuk tangan dan pujian setelah teman selesai presentasi
Tabel Pengamalan Sila Kedua Pancasila (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
No Contoh Sikap di Sekolah
1 Menolong teman yang jatuh di halaman sekolah
2 Mengejek teman yang tidak bisa menjawab soal
3 Memberikan kesempatan teman berpendapat dalam diskusi
4 Mengucilkan teman karena berbeda agama
7..Berdasarkan tabel di atas, contoh perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila adalah ….
A. 1 dan 2 B. 2 dan 4
B. 1 dan 3 D. 3 dan 4
8..Di sebuah sekolah, siswa-siswi berasal dari berbagai daerah dan agama yang berbeda. Mereka tetap rukun, saling menghargai, dan bekerja sama saat mengadakan pentas seni. Walaupun berbeda, mereka tetap bersatu demi kesuksesan acara sekolah.
Perilaku pada ilustrasi tersebut sesuai dengan sila Pancasila yang berbunyi ….
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan berada
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
9. Perhatikan gambar berikut
Berdasarkan gambar, tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut mencerminkan pengamalan sila ketiga Pancasila. Sikap manakah yang paling tepat menggambarkan nilai sila ketiga yang ditunjukkan dalam gambar?
A. Menjaga kebersihan lingkungan karena ingin mendapatkan pujian guru.
B. Bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan latar belakang.
C. Mengutamakan teman sebangsa sendiri dan mengabaikan teman dari suku lain.
D. Menolak bekerja sama dengan teman yang berbeda pendapat
10.Di sebuah sekolah, semua siswa mendapat kesempatan yang sama untuk menggunakan fasilitas perpustakaan. Tidak ada yang dibeda-bedakan, baik siswa yang pintar maupun yang masih perlu bimbingan, semuanya boleh meminjam buku.
Makna sila kelima Pancasila yang tercermin dalam ilustrasi tersebut adalah
A. Menjaga persatuan dengan saling menghormati
B. Menghargai perbedaan keyakinan antar teman
C. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga sekolah
D. Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah Bersama
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat Memahami karakteristik gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Sifat-sifat Cahaya
Cahaya adalah energi yang berbentuk gelombang elektromagnetik dan dapat kita lihat. Cahaya memiliki beberapa sifat utama:
1. Cahaya Merambat Lurus 📏
Cahaya selalu bergerak lurus dari sumbernya.
Contoh: Sinar matahari yang masuk melalui celah jendela akan tampak sebagai garis lurus. Cahaya dari lampu senter juga merambat lurus.
2. Cahaya Dapat Dipantulkan (Refleksi) 🔄
Cahaya akan kembali (dipantulkan) jika mengenai suatu permukaan.
Contoh: Kita bisa melihat bayangan kita di cermin karena cermin memantulkan cahaya yang datang ke arahnya. Jenis pemantulan ada dua:
Pemantulan teratur: Terjadi pada permukaan yang rata dan licin (seperti cermin).
Pemantulan baur/tidak teratur: Terjadi pada permukaan yang kasar (seperti tembok atau air yang beriak), sehingga cahaya dipantulkan ke berbagai arah.
3. Cahaya Dapat Dibiaskan (Refraksi) 〰️
Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya ketika melewati dua medium yang berbeda kerapatannya (misalnya dari udara ke air).
Contoh: Pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air akan terlihat bengkok atau patah. Dasar kolam renang juga terlihat lebih dangkal dari sebenarnya.
4. Cahaya Dapat Menembus Benda Bening 💧
Cahaya dapat melewati benda-benda yang transparan atau bening.
Contoh: Cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui kaca jendela yang bening.
Komentar
Posting Komentar