07-10-2025
Selasa, 07 Oktober 2025
Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika,Bahasa Indonesia dan Seni Rupa
PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA
Tujuan pembelajaran : Dengan membahas berbagai soal dapat melatih murid lebih terampil dalam mengerjakan berbagai bentuk soal
Metode Pembelajaran: Tanya Jawab
Media : LCD
1. Faktorisasi prima dari 24 adalah ....
2. FPB dari 20 dan 25 adalah ....
3. Faktor persekutuan dari 27 dan 45 adalah adalah ….
4. Faktor prima dari 20 adalah
5.Urutan bilangan dari terkecil ke terbesar: 20.892, 20.829, 20.982, 20.298 adalah …
6. Hasil dekomposisi dari 52.408 adalah …7. 12 + 20 x 5 =
8.Seorang pedagang menjual kulkas seharga Rp 3.500.000. Jika pembeli membayar Rp4.000.000, maka kembalian yang diterima pembeli adalah …
9.Tuliskan kelipatan dari 6 yang kurang dari 20 !..
10Tentukan KPK dan FPB dari 40 dan 60 !
1. Teks nonfiksi adalah teks yang berisi …
A. Cerita khayalan
B. Kisah imajinasi
C. Fakta dan informasi nyata
D. Dongeng dan legenda
2. Tujuan utama dari teks petunjuk adalah …
A. Menghibur pembaca
B. Menyampaikan informasi
C. Memberi arahan atau langkah-langkah
D. Menceritakan pengalaman
3. Kalimat berikut yang termasuk kalimat efektif adalah …
A. Saya pergi ke pasar membeli sayur dan ikan.
B. Saya membeli sayur ke pasar dan ikan.
C. Saya ke pasar membeli sayur dan ikan.
D. Pasar saya membeli sayur dan ikan.
4. Kata baku dari “nampak” adalah …
A. Tampak
B. Nampak
C. Tampaklah
D. Menampakkan
5. Teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu disebut …
A. Teks cerita
B. Teks prosedur
C. Teks deskripsi
D. Teks eksplanasi
6. Berikut ini merupakan ciri-ciri teks deskripsi, kecuali …
A. Menggambarkan objek secara rinci
B. Menggunakan pancaindra
C. Menjelaskan langkah-langkah
D. Menggunakan kata sifat
7. Kalimat berikut yang menggunakan kata baku adalah …
A. Ibu menanam bunga dipekarangan rumah.
B. Ibu menanam bunga di pekarangan rumah.
C. Ibu menanam bunga dikebon rumah.
D. Ibu menanam bunga di halaman rumahnya.
8. Antonim dari kata disiplin adalah …
A. Tertib
B. Rajin
C. Malas
D. Patuh
9. Gagasan utama dalam suatu paragraf disebut juga …
A. Ide pokok
B. Kalimat pendukung
C. Penjelasan tambahan
D. Rangkuman
10. Berikut ini yang merupakan kalimat perintah adalah …
A. Saya sedang membaca buku cerita.
B. Tolong tutup pintu itu!
C. Pintu itu terbuka lebar.
D. Ayah membeli buku baru.
11. Kalimat yang menggunakan tanda baca dengan benar adalah …
A. Ibu berkata “Jangan lupa belajar!”
B. Ibu berkata, “Jangan lupa belajar!”
C. Ibu berkata jangan lupa belajar!
D. Ibu berkata; “Jangan lupa belajar!”
12. Tokoh utama dalam sebuah cerita adalah …
A. Tokoh yang muncul di akhir cerita
B. Tokoh yang paling banyak diceritakan
C. Tokoh pembantu saja
D. Tokoh yang tidak memiliki konflik
13. Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut adalah:
“Rina duduk ___ kursi taman.”
A. Di
B. Ke
C. Dari
D. Pada
14. Kalimat berikut yang termasuk kalimat ajakan adalah …
A. Ayo kita menjaga kebersihan lingkungan!
B. Saya akan membersihkan halaman.
C. Halaman rumahku sangat bersih.
D. Kamu membersihkan halaman setiap hari.
15. Makna kata dermawan adalah …
A. Suka membantu orang lain
B. Suka menunda pekerjaan
C. Suka berdebat
D. Suka membanggakan diri
SENI RUPA
Tujuan pembelajaran : Murid dapat mewujudkan gagasan menjadi karya seni rupa bermakna
Metode Pembelajaran : Discovery Learning dan Project-Based Learning (PjBL)
Media : LCD
. Gagasan
dalam Berkarya Seni
·
Gagasan adalah ide atau pemikiran yang muncul dari
pengalaman, perasaan, atau pengamatan.
·
Gagasan
menjadi dasar dalam menciptakan karya seni rupa.
2. Cara
Menemukan Gagasan
·
Dari
pengalaman sehari-hari (di rumah, sekolah, lingkungan sekitar).
·
Dari
perasaan (senang, sedih, bangga, peduli).
·
Dari
masalah nyata (sampah menumpuk, pentingnya persahabatan, menjaga kesehatan).
3.
Mewujudkan Gagasan Menjadi Karya Seni Rupa
1.
Menentukan
ide/gagasan.
2.
Membuat
sketsa awal.
3.
Memilih
unsur rupa (garis, warna, bentuk, tekstur).
4.
Menggambar
sesuai sketsa.
5.
Memberi
warna dan detail.
6.
Menyampaikan
makna dari karya yang sudah jadi.
4. Makna dalam
Karya Seni Rupa
·
Makna
adalah pesan atau nilai yang ingin disampaikan pencipta karya.
·
Contoh:
o Gambar pohon hijau → melambangkan kehidupan
dan harapan.
o Poster membuang sampah → pesan menjaga
lingkungan.
o Gambar keluarga berkumpul → makna
kebersamaan dan kasih sayang.
✨ Ringkasan
·
Setiap
karya seni rupa berawal dari gagasan/ide.
·
Gagasan
bisa datang dari pengalaman, perasaan, atau masalah sehari-hari.
·
Proses
mewujudkan gagasan → ide → sketsa → karya jadi → makna.
- Refleksi/kesimpulan : Alhamduilillah pada kegiatan penbelajaran Matematika ,Bahasa Indonesia dan Seni rupa hari ini sebagian besar murid dapat memahami materi dengan baik melalui kegiatan latihan soal-soal
- Dokumentasi Pembelajaran Hari ini
Komentar
Posting Komentar