07-10-2025

 Selasa, 07 Oktober 2025

    Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran   Matematika,Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA 

 

Tujuan pembelajaran : Dengan membahas berbagai soal dapat melatih murid lebih terampil dalam mengerjakan berbagai bentuk soal

Metode Pembelajaran: Tanya Jawab

Media                        : LCD 

 

1. Faktorisasi prima dari 24 adalah ....
2. FPB dari 20 dan 25 adalah ....

3. Faktor persekutuan dari 27 dan 45 adalah  adalah ….
4. Faktor prima dari 20 adalah

5.Urutan bilangan dari terkecil ke terbesar: 20.892, 20.829, 20.982, 20.298 adalah …

6. Hasil dekomposisi dari 52.408 adalah …7. 12 + 20 x 5 =
8.Seorang pedagang menjual kulkas seharga Rp 3.500.000. Jika pembeli membayar Rp4.000.000, maka kembalian yang diterima pembeli adalah … 

9.Tuliskan kelipatan dari 6 yang kurang dari 20 !..

10Tentukan KPK dan FPB dari 40 dan 60 !


PEMBAHASAN SOAL BAHASA INDONESIA

1. Teks nonfiksi adalah teks yang berisi …
A. Cerita khayalan
B. Kisah imajinasi
C. Fakta dan informasi nyata
D. Dongeng dan legenda

2. Tujuan utama dari teks petunjuk adalah …
A. Menghibur pembaca
B. Menyampaikan informasi
C. Memberi arahan atau langkah-langkah
D. Menceritakan pengalaman

3. Kalimat berikut yang termasuk kalimat efektif adalah …
A. Saya pergi ke pasar membeli sayur dan ikan.
B. Saya membeli sayur ke pasar dan ikan.
C. Saya ke pasar membeli sayur dan ikan.
D. Pasar saya membeli sayur dan ikan.

4. Kata baku dari “nampak” adalah …
A. Tampak
B. Nampak
C. Tampaklah
D. Menampakkan

5. Teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu disebut …
A. Teks cerita
B. Teks prosedur
C. Teks deskripsi
D. Teks eksplanasi

6. Berikut ini merupakan ciri-ciri teks deskripsi, kecuali …
A. Menggambarkan objek secara rinci
B. Menggunakan pancaindra
C. Menjelaskan langkah-langkah
D. Menggunakan kata sifat

7. Kalimat berikut yang menggunakan kata baku adalah …
A. Ibu menanam bunga dipekarangan rumah.
B. Ibu menanam bunga di pekarangan rumah.
C. Ibu menanam bunga dikebon rumah.
D. Ibu menanam bunga di halaman rumahnya.

8. Antonim dari kata disiplin adalah …
A. Tertib
B. Rajin
C. Malas
D. Patuh

9. Gagasan utama dalam suatu paragraf disebut juga …

A. Ide pokok
B. Kalimat pendukung
C. Penjelasan tambahan
D. Rangkuman

10. Berikut ini yang merupakan kalimat perintah adalah …
A. Saya sedang membaca buku cerita.
B. Tolong tutup pintu itu!
C. Pintu itu terbuka lebar.
D. Ayah membeli buku baru.

11. Kalimat yang menggunakan tanda baca dengan benar adalah …
A. Ibu berkata “Jangan lupa belajar!”
B. Ibu berkata, “Jangan lupa belajar!”
C. Ibu berkata jangan lupa belajar!
D. Ibu berkata; “Jangan lupa belajar!”

12. Tokoh utama dalam sebuah cerita adalah …
A. Tokoh yang muncul di akhir cerita
B. Tokoh yang paling banyak diceritakan
C. Tokoh pembantu saja
D. Tokoh yang tidak memiliki konflik

13. Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut adalah:
“Rina duduk ___ kursi taman.”
A. Di
B. Ke
C. Dari
D. Pada

14. Kalimat berikut yang termasuk kalimat ajakan adalah …
A. Ayo kita menjaga kebersihan lingkungan!
B. Saya akan membersihkan halaman.
C. Halaman rumahku sangat bersih.
D. Kamu membersihkan halaman setiap hari.

15. Makna kata dermawan adalah …

A. Suka membantu orang lain
B. Suka menunda pekerjaan
C. Suka berdebat
D. Suka membanggakan diri 

SENI RUPA

Tujuan pembelajaran : Murid dapat mewujudkan gagasan menjadi karya seni rupa bermakna

Metode Pembelajaran   : Discovery Learning dan Project-Based Learning (PjBL)  

Media                        : LCD 

. Gagasan dalam Berkarya Seni

·         Gagasan adalah ide atau pemikiran yang muncul dari pengalaman, perasaan, atau pengamatan.

·         Gagasan menjadi dasar dalam menciptakan karya seni rupa.

2. Cara Menemukan Gagasan

·         Dari pengalaman sehari-hari (di rumah, sekolah, lingkungan sekitar).

·         Dari perasaan (senang, sedih, bangga, peduli).

·         Dari masalah nyata (sampah menumpuk, pentingnya persahabatan, menjaga kesehatan).

3. Mewujudkan Gagasan Menjadi Karya Seni Rupa

1.       Menentukan ide/gagasan.

2.       Membuat sketsa awal.

3.       Memilih unsur rupa (garis, warna, bentuk, tekstur).

4.       Menggambar sesuai sketsa.

5.       Memberi warna dan detail.

6.       Menyampaikan makna dari karya yang sudah jadi.

4. Makna dalam Karya Seni Rupa

·         Makna adalah pesan atau nilai yang ingin disampaikan pencipta karya.

·         Contoh:

o    Gambar pohon hijau → melambangkan kehidupan dan harapan.

o    Poster membuang sampah → pesan menjaga lingkungan.

o    Gambar keluarga berkumpul → makna kebersamaan dan kasih sayang.

Ringkasan

·         Setiap karya seni rupa berawal dari gagasan/ide.

·         Gagasan bisa datang dari pengalaman, perasaan, atau masalah sehari-hari.

·         Proses mewujudkan gagasan → ide → sketsa → karya jadi → makna.

Karya seni rupa yang bermakna bukan hanya indah, tetapi juga memberi pesan bagi orang lain
  • Refleksi/kesimpulan : Alhamduilillah pada kegiatan penbelajaran Matematika ,Bahasa Indonesia dan Seni rupa hari ini sebagian besar murid dapat memahami materi dengan baik melalui kegiatan latihan soal-soal
  • Dokumentasi Pembelajaran Hari ini





Kisi-Kisi.Pendidikan Pancasila
1. Proses Perumusan Pancasila 
2. Tokoh-tokoh tokoh perumus Pancasila 
3. Tokoh BPUPKI
4. Panitia 9 
5. Nilai- nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila 
6. Nilai - nilai juang yang dapat diambil dalam proses perumusan pancasila 
7. Penerapan pancasila dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat 
Materi Norma 
1. Pengertian norma/ aturan 
2. Macam- macam norma ( Agama, hukum, kesusilaan, kesopanan) 
3. Contoh penerapan macam-macam norma 
4. Pengettian Hak dan kewajiban 
5. Contoh hak dan kewajiban 
6. Manfaat menerapkan norma dan aturan di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. 
Dokumentasi 

Komentar

Postingan Populer