23 Oktober 2025
Kamis, 23 Oktober 2025
Pendidikan Pancasila dan IPAS
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
Pendidikan Pancasila
Tujuan Pembelajaran :Murid dapat menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari hasil identifikasi bebtuk-bentuk norma,hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga dan warga sekolah
Metode Penbelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Alat Peraga : LCD
. Hubungan antara Norma, Hak, dan Kewajiban dalam Kehidupan Sehari-hari
· Norma menjadi dasar agar pelaksanaan hak dan kewajiban berjalan seimbang.
· Hak harus diterima, tetapi hanya bisa berjalan baik jika kita melaksanakan kewajiban.
· Tanpa norma, hak dan kewajiban bisa menimbulkan benturan antaranggota keluarga atau antarwarga sekolah.
Contoh Hubungan Norma, Hak, dan Kewajiban
Di Keluarga
Norma: Anak harus menghormati orang tua.
Hak: Anak berhak mendapatkan kasih sayang dan perlindungan dari orang tua.
Kewajiban: Anak wajib membantu orang tua dan menaati nasihat mereka.
Di Sekolah
Norma: Siswa harus mematuhi tata tertib sekolah.
Hak: Siswa berhak mendapatkan ilmu pengetahuan dari guru.
Kewajiban: Siswa wajib belajar dengan sungguh-sungguh dan menjaga ketertiban.
Hubungan: Saat siswa menaati norma sekolah (misalnya disiplin), mereka dapat menjalankan kewajiban belajar, lalu memperoleh hak berupa pengetahuan.
Di Masyarakat
Norma: Warga harus menjaga kebersihan lingkungan.
Hak: Warga berhak tinggal di lingkungan yang sehat.
Kewajiban: Warga wajib ikut kerja bakti membersihkan lingkungan.
Hubungan: Jika warga menjalankan kewajiban menjaga kebersihan sesuai norma, maka hak semua orang untuk hidup di lingkungan sehat dapat terwujud.
👉 Kesimpulan: Norma, hak, dan kewajiban saling terkait. Kita bisa memperoleh hak jika menjalankan kewajiban dengan mematuhi norma.
Soal Latihan
Aturan atau ketentuan yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari disebut __________.
Setiap anak berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tua, sedangkan kewajiban anak adalah __________ orang tua.
Di sekolah, siswa berhak mendapatkan ilmu dari guru, namun juga berkewajiban untuk __________ dengan sungguh-sungguh.
Jika warga menaati norma menjaga kebersihan lingkungan, maka hak yang diperoleh adalah __________.
Norma di rumah mengajarkan anak untuk __________ orang tua dan kakak.
Hak dan kewajiban akan berjalan dengan baik apabila setiap orang mematuhi __________ yang berlaku.
Salah satu kewajiban siswa di sekolah adalah mematuhi __________ sekolah.
Di masyarakat, kewajiban warga adalah ikut __________ agar lingkungan tetap bersih dan sehat.
Jika kita tidak melaksanakan kewajiban, maka hak kita akan __________.
Hak, kewajiban, dan norma saling berhubungan karena dengan melaksanakan kewajiban sesuai norma, kita akan memperoleh __
- MATERI IPAS
Tujuan Pembelajaran :Peserta didik dapat menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
Metode Penbelajaran : Demostrasi
Alat Peraga : LCD
Bunyi dapat merambat melalui medium padat, cair, dan gas sebagai gelombang mekanik, namun tidak dapat merambat di ruang hampa. Kecepatan rambat bunyi bervariasi, lebih cepat di medium padat karena partikelnya lebih rapat, lalu di medium cair, dan paling lambat di medium gas. Contoh perambatan bunyi melalui media ini termasuk suara telepon kaleng (padat), bunyi kapal selam (cair), dan suara percakapan sehari-hari (gas).
1. Perambatan Bunyi Melalui Zat Padat
Karakteristik:
Partikel-partikel dalam zat padat tersusun sangat rapat dan teratur dengan gaya tarik-menarik antarmolekul yang kuat.
Kecepatan:
Bunyi merambat paling cepat melalui zat padat karena jarak antarmolekul yang pendek memungkinkan perpindahan energi lebih cepat.
Contoh:
Suara dapat terdengar jelas ketika dua batu dibenturkan dalam air, atau saat bermain telepon kaleng dihubungkan dengan benang.
2. Perambatan Bunyi Melalui Zat Cair
Karakteristik:
Bunyi juga dapat merambat melalui medium cair, meskipun tidak secepat pada zat padat.
Kecepatan:
Kecepatan rambat bunyi lebih cepat dibandingkan medium gas karena partikel cair lebih padat daripada partikel gas.
Contoh:
Penggunaan sonar di bidang kelautan untuk mengukur kedalaman laut adalah contoh pemanfaatan perambatan bunyi melalui air.
3. Perambatan Bunyi Melalui Zat Gas
Karakteristik: Udara (gas) merupakan medium rambatan bunyi yang kita alami sehari-hari.
Kecepatan: Bunyi merambat paling lambat melalui gas karena partikel-partikel gas memiliki jarak antarmolekul yang lebih jauh dan gerakan yang lebih bebas.
Contoh: Suara percakapan atau musik dapat terdengar melalui udara. Namun, bunyi tidak dapat terdengar di ruang hampa seperti di luar angkasa karena tidak ada medium yang bisa merambatkan gelombang bunyi.- SOAL LATIHAN
A. Pilihan Ganda
(Pilihlah jawaban yang paling tepat!)
-
Gelombang adalah getaran yang ...
a. merambat melalui zat padat saja
b. tidak dapat merambat di air
c. merambat melalui suatu medium
d. tidak dapat merambat di udara -
Sumber bunyi berasal dari benda yang ...
a. diam
b. bergetar
c. berputar
d. bergerak maju -
Gelombang bunyi tidak dapat merambat melalui ...
a. udara
b. air
c. ruang hampa
d. besi -
Semakin besar getaran suatu benda, maka bunyi yang dihasilkan akan semakin ...
a. pelan
b. kecil
c. keras
d. tinggi -
Cepat rambat bunyi paling besar terjadi pada ...
a. udara
b. air
c. besi
d. kayu -
Frekuensi adalah banyaknya ... dalam satu detik.
a. gelombang
b. getaran
c. suara
d. tekanan -
Alat musik seperti gitar menghasilkan bunyi karena ...
a. dipukul
b. ditiup
c. dipetik
d. digoyangkan -
Bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli disebut ...
a. gaung
b. gema
c. resonansi
d. interferensi -
Supaya bunyi dapat terdengar lebih keras, digunakan ...
a. peredam
b. pengeras suara
c. penghalang
d. penyerap -
Getaran yang merambat tanpa memindahkan zat perantaranya disebut ...
a. bunyi
b. gaya
c. gelombang
d. energi
✍️ B. Isian Singkat
-
Bunyi dapat terdengar karena adanya benda yang ________.
-
Gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya disebut gelombang ________.
-
Bunyi dapat merambat melalui medium ________, ________, dan ________.
-
Satuan frekuensi adalah ________.
-
Gema terjadi karena bunyi dipantulkan oleh permukaan yang ________.
-
Suara petir terdengar setelah kilat karena bunyi merambat lebih ________ dari cahaya.
-
Semakin rapat suatu medium, bunyi merambat semakin ________.
-
Getaran bolak-balik secara teratur disebut ________.
-
Contoh benda yang menghasilkan gelombang adalah ________.
-
Bunyi yang frekuensinya sangat tinggi dan tidak dapat didengar manusia disebut ________.
Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga dan warga sekolah dan murid dapat menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
- Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini
-







Komentar
Posting Komentar