30-10-2025

Kamis, 30 Oktober 2025

    Pendidikan Pancasila dan IPAS

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  Pendidikan Pancasila dan  IPAS

Pendidikan Pancasila

 

Tujuan Pembelajaran 

   Tujuan Pembelajaran    :Menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari – hari hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah LCD

Metode Penbelajaran : Tanya Jawab

Alat Peraga                : LCD


Pembahasan Soal materi

Menyajikan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari – hari hasil identifikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai

 Soal Pilihan Ganda (15 Soal)

1. Norma adalah…
A. Aturan yang dibuat pemerintah
B. Aturan atau pedoman yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat
C. Keinginan setiap orang untuk berbuat baik
D. Nilai-nilai budaya yang diwariskan nenek moyang

2. Salah satu contoh norma yang berlaku di sekolah adalah…
A. Datang terlambat
B. Tidak memakai seragam sekolah
C. Menghormati guru dan teman
D. Tidak mengerjakan PR

3. Tujuan adanya norma dalam masyarakat adalah…
A. Membatasi kebebasan
B. Menjaga ketertiban dan kedamaian
C. Membuat orang takut
D. Menyulitkan kehidupan

4. Kewajiban seorang anak di rumah adalah…
A. Minta uang jajan setiap hari
B. Membantu orang tua dengan tulus
C. Menonton televisi setiap malam
D. Bermain sepanjang hari

5. Hak seorang siswa di sekolah adalah…
A. Mendapatkan pendidikan dan bimbingan dari guru

B.Membolos jika bosan
C. Tidak mengerjakan tugas
D. Mengatur teman sendiri

6. Contoh pelaksanaan norma sopan santun di sekolah adalah…
A. Berbicara kasar kepada teman
B. Mengejek teman
C. Berlari di koridor
D. Menyapa guru dengan hormat

7. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara…
A. Sepihak
B. Seimbang
C. Terpisah
D. Bergantian
Jawaban: B

8. Jika kita melanggar norma, maka akibatnya adalah…
A. Dihargai orang lain
B. Dimaafkan tanpa alasan
C. Mendapatkan sanksi atau hukuman
D. Menjadi panutan
Jawaban: C

9. Norma agama bersumber dari…
A. Peraturan pemerintah
B. Ajaran Tuhan
C. Keputusan kepala sekolah
D. Kesepakatan masyarakat
Jawaban: B

10. Contoh hak sebagai anggota keluarga adalah…
A. Mendapat kasih sayang dari orang tua
B. Membentak orang tua
C. Tidak membantu pekerjaan rumah
D. Menolak nasihat orang tua
Jawaban: A

11. Norma kesopanan biasanya bersumber dari…
A. Hukum negara
B. Kitab suci
C. Kebiasaan masyarakat
D. Peraturan sekolah
Jawaban: B

12. Jika kita sudah mendapatkan hak, maka kita juga harus…
A. Mengabaikan kewajiban
B. Tidak peduli pada aturan
C. Menuntut lebih banyak hak
D. Melaksanakan kewajiban

13. Contoh pelaksanaan kewajiban di sekolah adalah…
A. Mengerjakan tugas tepat waktu
B. Membayar uang jaja
C. Menyontek saat ujian
D. Tidak hadir di upacara

14. Salah satu bentuk norma hukum adalah…
A. Kebiasaan masyarakat
B. Sopan santun
C. Nasihat orang tua
D. Peraturan lalu lintas

15. Menghormati guru dan orang tua merupakan contoh penerapan norma…
A. Agama
B. Kesopanan
C. Hukum
D. Adat istiadat

📝 B. Soal Isian (10 Soal)

1. Norma berfungsi untuk menjaga __________ dalam kehidupan masyarakat.

2. Hak adalah sesuatu yang __________ oleh setiap orang.

3. Kewajiban adalah sesuatu yang harus __________ oleh setiap orang.

4. Contoh kewajiban siswa di sekolah adalah __________ tugas yang diberikan guru.

5. Norma hukum dibuat oleh __________.

6. Contoh pelaksanaan norma agama di rumah adalah __________.

7. Setiap siswa memiliki hak mendapatkan __________ dari guru.

8. Jika kita tidak melaksanakan kewajiban, maka hak kita bisa __________.

9. Norma kesopanan mengatur tentang cara kita __________ terhadap orang lain.

10. Menjaga kebersihan kelas merupakan contoh kewajiban sebagai __________.

SUMATIF 3 IPAS

Tujuan Pembelajaran :Murid dapat menyelasaikan soal-soal sumatif  IPAS dengan baik

Mede pembelajaran :    Tanya Jawab

Media Pembelajaran :      LCD

1. Adanya pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....

a. kacamata

b. lampu penerang kendaraan bermotor

c. lampu senter

d. fatamorgana

2. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....

a. getaran

b. pemuaian

c. pendinginan

d. perambatan

12. Bunyi dapat merambat melalui ....

a. air dan ruang hampa

b. benda padat dan air

c. udara dan ruang hampa

d. ruang hampa dan benda padat

3. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....

a. udara

b. air

c. tanah

d. ruang hampa

4. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ….

a. suara

b. irama

c. nada

d. frekuensi

5. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....

a. gema

b. gaung

c. nada

d. pantulan

6. Ketika kamu melihat kilat terlebih dahulu baru mendengar suara guntur, hal ini terjadi karena…
A. Bunyi bergerak lebih cepat dari cahaya
B. Cahaya bergerak lebih cepat dari bunyi
C. Bunyi dan cahaya bergerak dengan kecepatan yang sama
D. Cahaya memantul lebih lambat dari bunyi

7. Ketika kamu berteriak di pegunungan, terdengar suara pantulan. Peristiwa ini menunjukkan sifat bunyi yaitu…
A. Dapat diserap oleh benda
B. Dapat dipantulkan
C. Dapat dibiaskan
D. Dapat merambat di ruang hampa

8. Pada siang hari di ruang kelas, Andi menutup semua jendela dan tirai sehingga ruangan menjadi gelap. Ia menyalakan senter dan mengarahkannya ke cermin. Cahaya dari senter kemudian mengenai tembok. Percobaan ini menunjukkan bahwa cahaya dapat…
A. Diserap oleh cermin
B. Menembus benda buram
C. Dipantulkan oleh permukaan cermin
D. Menghilang setelah dipantulkan

9. Jika kamu menutup telinga dengan tangan saat ada suara keras, maka kamu sedang berusaha…
A. Memperkuat getaran bunyi
B. Menghalangi rambatan bunyi ke telinga
C. Mempercepat datangnya bunyi
D. Menyerap bunyi agar terdengar jelas

10. Saat kamu melihat ikan di kolam, posisi ikan tampak lebih dekat ke permukaan air dari posisi sebenarnya. Hal ini menunjukkan bahwa cahaya mengalami…
A. Pemantulan
B. Pembiasan
C. Penyerapan
D. Perambatan

Referensi Kegiatan Pembelajaran Hari ini

Alhamdulilah sebagaian murid dapat menyelesaikan soal sumatif 3 IPAS dengan baik.Berikut dokumentasi pembelajaran hari ini







Komentar

Postingan Populer