28-10-2025

  Selasa, 28 Oktober 2025

   Matematika dan Bahasa Indonesia

 

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan  pembelajaran  Matematika dan Bahasa Indonesia

Tujuan pembelajaran :   Peserta didik dapat melakukan pembagian pecahan dengan bilangan asli

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD  

MATEMATIKA🌼

Secara umum, pecahan merupakan a/b, di mana a adalah pembilang dan b disebut juga penyebut. Jika pada penghitungan pecahan penjumlahan dan pengurahan, cara yang paling banyak digunakan adalah menyamakan penyebutnya. Namun, hal tersebut tidak bisa diaplikasikan pada perhitungan perkalian dan pembagian.

1.Perkalian Pecahan
Perkalian dua atau lebih pecahan diperoleh dengan mengalikan pembilang dengan pembilang serta penyebut dangan penyetut.
Rumus yang digunakan adalah a/b x c/d = a x c/b x d.

Pembagian Pecahan

Membagi sebuah pecahan dengan pecahan lain dengan mengalikan pecahan tersebut dengan kebalikan dari pecahan lainnya.

Contoh 1

5/8 x 3/7
Jawab 5/8 x 3/7 = 5 x 3/8 x 7
= 15/56

Contoh 2

4 3/5 x 2 2/3
Jawab
4 3/5 x 2 2/3 = (4 x 5) + 3/5 x (2 x 3) + 2/3
= 20 + 3/5 x 6 + 2/3
= 23/5 x 8/3
= 184/15
= 12 4/15

Contoh 3

4/7 : 3/5
Jawab
4/7 : 3/5 = 4/7 x 5/3
= 20/21

Contoh 4

4 3/5 : 1 5/7
Jawab
4 3/5 : 1 5/7 = (4 x 5) + 3/5 : (1 x 7) + 5/7
= 20 + 3/5 : 7 + 5/7
= 23/5 : 12/7
= 23/5 x 7/12
= 161/60
= 2 41/60

LATIHAN SOAL
1, Hasil pengerjaan dari 4 : 2/3 adalah ...
.a. 1,5
.b. 1,75
c. 2
d. 6
2. Hasil dari 4/5 : 1/5 adalah ....
a. 3  
b. 4
c. 5
d. 6

3. Hasil pembagian dari 3 : 2/3 adalah ....
a. 4 1/2
b. 4 2/3     
c. 4 1/4     
d. 4 1/54.
4.Jika   4  x  n  = 2  , maka nilai n adalah ....
a. 1/2 
 b. 1/3
c. 1/4
d. 1/5

5. Hasil dari 4: 1/4  adalah ....
a. 2
b. 4
c. 8
d. 16
    • Bahasa Indonesia

      Tujuan Pembelajaran   : Murid dapat memahami kalimat langsung dan tak langsung.

      Metode pembelajaran : Demontrasi

      Media Pembelajaran   : LCD 

     DefinisiUcapan yang disampaikan langsung oleh pembicara tanpa perantara atau   perubahan. 
    • Kalimat Langsung

    • Ciri-ciri:
      • Menggunakan tanda petik ("..."). 

    • Ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat kutipan.
    • Tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) digunakan di dalam tanda petik. 

    • Contoh"Saya akan pergi ke pasar sekarang," kata Ibu.
    Kalimat Tidak Langsung
    • DefinisiKalimat yang menyampaikan kembali ucapan orang lain secara tidak langsung, seperti melaporkannya. 
Ciri-ciri:
  •  Tidak menggunakan tanda petik. 
  • Menggunakan kata hubung seperti "bahwa", "agar", "supaya", dan lainnya.
  • Terjadi perubahan kata ganti orang (misalnya, 'saya' menjadi 'dia'). 
  • Intonasinya cenderung datar.
  • ContohIbu berkata bahwa beliau akan pergi ke pasar sekarang.
Tabel Perbandingan
Ciri
Kalimat Langsung
Kalimat Tidak Langsung
Tanda Baca
Menggunakan tanda petik ("...")
Tidak menggunakan tanda petik
Kata Hubung
Tidak ada
Menggunakan "bahwa", "agar", dll.
Perubahan Kata Ganti
Tidak ada
Terjadi perubahan kata ganti (misalnya, 'saya' menjadi 'dia')

 
 
 
 
 
 

 
Sesuai dengan ucapan asli
 
 
 Refleksi pembelajaran hari  ini
Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal.perkalian dan pembagian pecahan.Namum.masih ada murid yang belum memahami materi
Berikut dokumentasi pembelajaran hari.ini
 
 





 
 
 
Datar

 



                  

 

  
 

Komentar

Postingan Populer