28-10-2025
Selasa, 28 Oktober 2025
Matematika dan Bahasa Indonesia
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelumbelajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan pembagian pecahan dengan bilangan asli
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
MATEMATIKA🌼
Secara umum, pecahan merupakan a/b, di mana a adalah pembilang dan b disebut juga penyebut. Jika pada penghitungan pecahan penjumlahan dan pengurahan, cara yang paling banyak digunakan adalah menyamakan penyebutnya. Namun, hal tersebut tidak bisa diaplikasikan pada perhitungan perkalian dan pembagian.
1.Perkalian Pecahan
Perkalian dua atau lebih pecahan diperoleh dengan mengalikan pembilang dengan pembilang serta penyebut dangan penyetut.
Rumus yang digunakan adalah a/b x c/d = a x c/b x d.
Pembagian Pecahan
Membagi sebuah pecahan dengan pecahan lain dengan mengalikan pecahan tersebut dengan kebalikan dari pecahan lainnya.
Contoh 1
5/8 x 3/7
Jawab 5/8 x 3/7 = 5 x 3/8 x 7
= 15/56
Contoh 2
4 3/5 x 2 2/3
Jawab
4 3/5 x 2 2/3 = (4 x 5) + 3/5 x (2 x 3) + 2/3
= 20 + 3/5 x 6 + 2/3
= 23/5 x 8/3
= 184/15
= 12 4/15
Contoh 3
4/7 : 3/5
Jawab
4/7 : 3/5 = 4/7 x 5/3
= 20/21
Contoh 4
4 3/5 : 1 5/7
Jawab
4 3/5 : 1 5/7 = (4 x 5) + 3/5 : (1 x 7) + 5/7
= 20 + 3/5 : 7 + 5/7
= 23/5 : 12/7
= 23/5 x 7/12
= 161/60
= 2 41/60
LATIHAN SOAL
1, Hasil pengerjaan dari 4 : 2/3 adalah ...
.a. 1,5
.b. 1,75
c. 2
d. 6
2. Hasil dari 4/5 : 1/5 adalah ....
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
3. Hasil pembagian dari 3 : 2/3 adalah ....
a. 4 1/2
b. 4 2/3
c. 4 1/4
d. 4 1/54.
4.Jika 4 x n = 2 , maka nilai n adalah ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 1/5
5. Hasil dari 4: 1/4 adalah ....
a. 2
b. 4
c. 8
d. 16
Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat memahami kalimat langsung dan tak langsung.
Metode pembelajaran : Demontrasi
Media Pembelajaran : LCD
- Kalimat Langsung
- Ciri-ciri:
- Menggunakan tanda petik ("...").
- Ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat kutipan.
- Tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda tanya (?), dan tanda seru (!) digunakan di dalam tanda petik.
- Contoh: "Saya akan pergi ke pasar sekarang," kata Ibu.
Kalimat Tidak Langsung- Definisi: Kalimat yang menyampaikan kembali ucapan orang lain secara tidak langsung, seperti melaporkannya.
- Tidak menggunakan tanda petik.
- Menggunakan kata hubung seperti "bahwa", "agar", "supaya", dan lainnya.
- Terjadi perubahan kata ganti orang (misalnya, 'saya' menjadi 'dia').
- Intonasinya cenderung datar.
- Contoh: Ibu berkata bahwa beliau akan pergi ke pasar sekarang.
Tabel Perbandingan
Ciri | Kalimat Langsung | Kalimat Tidak Langsung |
|---|---|---|
Tanda Baca | Menggunakan tanda petik ("...") | Tidak menggunakan tanda petik |
Kata Hubung | Tidak ada | Menggunakan "bahwa", "agar", dll. |
Perubahan Kata Ganti | Tidak ada | Terjadi perubahan kata ganti (misalnya, 'saya' menjadi 'dia') |
Sesuai dengan ucapan asli Refleksi pembelajaran hari ini Alhamdulillah sebagian besar murid dapat menyelesaikan soal.perkalian dan pembagian pecahan.Namum.masih ada murid yang belum memahami materi Berikut dokumentasi pembelajaran hari.ini | Datar |







Komentar
Posting Komentar