Materi Ajar Kelas VI F Hari Jumat, 17 Januari 2020

Materi Ajar Kelas VI F Jumat, 17 - 1 - 2020

MUATAN IPA
MENJAGA KESEHATAN REMAJA PEREMPUAN PADA MASA PUBERTAS
Baik pria maupun wanita penting menjaga kesehatan reproduksi masing-masing. Ada pun kategori reproduksi yang sehat adalah sehat secara fisik, psikis, dan sosial yang berkaitan dengan sistem fungsi, dan proses reproduksi pada wanita dan pria agar dapat bertanggung jawab dan menjaga serta memelihara organ reproduksi.Berikut cara menjaga kesehatan remaja perempuan pada masa pubertas.
1.Pakaian dalam dan celana dalam (CD) diganti minimal dua kali sehari.
2. Menggunakan CD berbahan menyerap keringat.
3. Pakai handuk yang bersih, kering, tidak lembab, dan bau.
4. Bagi wanita, setelah buang air kecil cara cebok yang benar dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak ikut ke organ reproduksi.
5. Mandi, menggosok gigi,mencuci muka,dan mencuci rambut secara teratur.
MUATAN BAHASA INDONESIA
MEMBANDINGKAN INFORMASI YANG DIPERKIRAKAN SETELAH MEMBACA TEKS NONFISKI DALAM BENTUK DIAGRAM
Sebuah teks memiliki gagasan utama pada setiap paragraf. Kita dapat memperkirakan informasi yang terdapat pada teks nonfiksi dengan membaca judulnya.setelah mencatat perkiraan tersebut, kita dapat membaca teks secara keseluruhan. Setekah itu, catat kembali informasi pada teks yang telah dibaca.
Tulis kembali adakah persamaan dan perbedaan informasi tersebut, kita dapat menyajikannya dalam bentuk diagram. Diagram memudahkan pembaca untuk mengetahui hasil dari penyajian data.

Muatan Bahasa Indonesia
Menyimpulkan Isi Teks Bacaan
Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf – Gagasan Utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Dalam setiap paragraf juga selalu memiliki gagasan utama, bisa itu di awal, akhir, atau disemua kalimat dalam paragraf.
Gagasan utama dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Dibawah ini penulis berikan informasi langkah-langkah cara menemukan gagasan utama pada paragraf.
Muatan PPKn
Melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara
Berikut tanggung jawab sebagai warga negara:
a Menjaga nama baik negara Indonesia dimata dunia sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, serta makmur dengan tidak membuat kerusuhan.
b. Menginterpretasikan dan mengamalkan Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
c. Menjaga kerukunan dan solidaritas antar warga negara satu sama lain.
d. Saling menghargai dan menjunjung tinggi sikap toleransi.
e. Saling tolong menolong antar sesama warga tanpa membedakan perbedaan.
Pembahasan
Pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Kita hidup didunia ini mempunyai tanggung jawab yang harus kita kerjakan, entah itu tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap Tuhan YME, tanggung jawab terhadap masyarakat, tanggung jawab terhadap bangsa dan negara dan lainya. Pada konteks ini, kita membahasa mengenai tanggung jawab sebagai warga negara. Sebagai warga negara Indonesia, kita bertanggung jawab untuk membangun kesadaran hidup berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
Hal tersebut dapat kita kerjakan antara lain dengan cara berikut ini:
1.Memaha serta mengamalkan Pancasila dan UUD 1945  dalam kehidupan sehari-hari.
2.Berperan serta aktif dalam rangka menegakkan dasar Negara dan konstitusi
3.Mengembangk pola hidup taat pada aturan yang berlaku
Muatan SBDP 
Langkah langkah membuat poster 
1. menentukan topik dan tujuan
2. membuat kalimat singkat dan mudah diingat
3.menggunakan gambar
4. menggunakan media yang tepat

Komentar

Postingan Populer