Materi Ajar Kelas VI F Hari Selasa 28 Januari 2020

Materi Ajar Kelas VI F, Selasa 28-1-2020

MUATAN IPA TENTANG MENJAGA POLA MAKAN PADA MASA PUBERTAS
Pada masa pubertas,terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang cepat, sehingga pola makan perlu dijaga dengan baik. Menjaga pola makan dapat dilakukan dengan menyeimbangkan porsi makan dengan aktivitas fisik yang dilakukan untuk menghindari obesitas.
Pola Makan Sehat
1.Mak aneka ragam makanan. 
Makanlah kelima kelompok pangan setiap harinya, yakni makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah, serta minuman. Ingat, tidak ada satupun makanan yang mengandung semua komponen gizi secara sempurna. Makanya konsumsi makanan yang beragam menjadi sangat penting, supaya setiap zat gizi yang kita butuhkan bisa terpenuhi dengan seimbang dan proporsional. Diet seimbang dengan aneka ragam makanan juga penting dalam menunjang pertumbuhan anak-anak[1] serta menjaga keseimbangan komposisi mikrobiota usus.
2.Sering makan sayur dan buah.
 Tidak hanya anak kecil atau orang sakit yang perlu makan buah dan sayur. Orang sehat juga harus rajin memakan dua kelompok makanan kaya mikronutrien ini agar tetap bugar. Menurut Pedoman Gizi Seimbang, jumlah sayur dan buah yang kita makan hendaklah menyusun setengah dari keseluruhan makanan yang kita makan, lho. Jadi, ayu makan sayur.
3. Konsumsi lauk-pauk tinggi protein. 
Lauk-pauk sebagai sumber protein bisa berjenis hewani seperti daging, telur dan ikan, ataupun nabati seperti tempe dan tahu. Jumlah yang disarankan per harinya adalah 2-4 porsi, tentunya dengan jenis sumber protein yang beragam.
4 .Variasikan makanan pokokmu. 
Makanan pokok umumnya berupa makanan kaya karbohidrat kompleks. Selain nasi, masih banyak jenis bahan makanan lain yang bisa menjadi makanan pokok, seperti kentang, ubi, maupun jagung.
.5.Batasi makanan tinggi gula, garam, dan lemak. 
Asupan harian gula lebih dari 50 g (4 sendok makan), natrium lebih dari 2000 mg (1 sendok teh) dan lemak atau minyak total lebih dari 67 g (5 sendok makan) per orang akan meningkatkan risiko hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung. Makanan yang kaya gula, natrium (kebanyakan berasal dari garam), ataupun lemak umumnya berupa makanan cepat saji juga cemilan atau kue kekinian yang padat kalori. Daripada keseringan makan makanan yang seperti ini, ganti saja cemilanmu dengan buah-buahan.
6.Biasakan sarapan.
 Sarapan merupakan bekal penting untuk mengawali hari. Dengan sarapan yang cukup kita pun terhindar dari kelaparan saat beraktifitas sehingga kita bisa mencegah diri dari makan atau ngemil yang berlebihan di siang harinya
7.Minum air putih yang cukup.
 Seperti yang sudah kamu tahu, air penting untuk berbagai aktifitas fisiologis tubuh. Oleh karena itu, minumlah air yang cukup setiap harinya. Menurut Pedoman Gizi Seimbang sendiri, rata-rata orang Indonesia perlu meminum sekitar delapan gelas air putih setiap harinya.
.8Perhatikan label makanan.
 Selain untuk mengecek tanggal kadaluarsa produk, kamu juga bisa tahu bagaimana komponen gizi dari produk makanan olahan dengan membaca label pada kemasannya. Sebagai konsumen cerdas, sudah sepatutnya kamu memanfaatkan informasi yang tercantum di label makanan sebagai bahan pertimbangan dalam mengkonsumsi makanan).
9.Mencuci tangan. 
Pola makan sehat perlu ditunjang oleh perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk kebiasaan mencuci tangan. Cuci tangan pakai sabun berguna untuk menghindari penyebaran kuman penyakit dan terbukti dapat menurunkan resiko diare sekitar 45%[4]. Sayang kan, kalau makanan yang mestinya menjadi sumber gizi serta energi, malah membuat kita jatuh sakit gara-gara terkotori tangan yang tidak bersih? Yuk biasakan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan ataupun menangani bahan makanan.
10.Hidup aktif dan menjaga berat badan. Aktifitas fisik berhubungan erat dengan gizi, karena berperan untuk membakar kalori yang kamu peroleh dari makanan. Sempatkan olahraga dan pantau berat badan secara berkala untuk memastikan berat badanmu senantiasa dalam kondisi normal.

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENYAMPAIKAN TEKS PIDATO

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
Pidato memiliki beberapa tujuan. Tujuan dari pidato yaitu sebagai berikut.
  1. Pidato digunakan untuk memberikan suatu pemahaman maupun informasi terhadap orang lain atau bersifat informatif.
  2. Pidato digunakan untuk meyakinkan pendengar atau dinamakan dengan argumentatif.
  3. Pidato digunakan untuk membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang bersifat menghibur atau yang dinamakan dengan rekreatif.
  4. Pidato digunakan untuk memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator secara suka rela atau dinamakan dengan persuasif.
Setelah memahami tentang tujuan – tujuan dalam pidato, selanjutnya kita akan mempelajari tentang bagian – bagian pidato. Hal itu bermanfaat untuk membantu kita dalam menyusun hal – hal yang pokok dalam pidato.

Bagian – bagian Pidato

Isi pidato dibagi atas tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Merupakan bagian dari pidato yang berisikan tentang salam pembuka, rasa syukur, memberikan sapaan pada pendengar, menyampaikan tujuan pidato, dan menegaskan konteks dalam pertemuan atau acara.
  2. Merupakan bagian dari pidato yang menguraikan tentang pokok – pokok permasalahan yang disesuaikan dengan topik pidato. Selain itu, untuk menguraikan hal – hal yang telah direncanakan atau hal – hal yang ingin disampaikan.
  3. Merupakan bagian dari pidato yang berisikan tentang imbauan, ajakan, kesimpulan, ucapan terima kasih dan permohonan maaf, dan salam penutup.
Ketiga bagian tersebut harus ada dalam pidato yang akan dilakukan di depan khalayak umum. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus dikuasai oleh seseorang yang melakukan kegiatan pidato. Hal – hal tersebut yaitu sebagai berikut.
  1. Memahami latar belakang dari pendengar pada umumnya.
  2. Menguasai isi dari pidato yang disampaikan.
  3. Orang yang berpidato mampu mengungkapkan pikirannya secara lisan dengan lancar.
  4. Memiliki wawasan pengetahuan yang luas, berkaitan dengan topik pidato.
  5. Mampu mengatur suara dengan menggunakan lafal, intonasi, jeda, volume, dan artikulasi yang baik.
  6. Orang yang berpidato harus mampu membangun komunikasi yang baik dengan pendengar atau komunikatif.
  7. Orang yang berpidato perlu memiliki keberanian untuk tampil di depan umum. Tanpa keberanian, tujuan dari pidato yang disampaikan, tidak akan dapat terealisasikan.
  8. Belajar untuk menghayati suasana dan audien yang akan dihadapi, ketika menyampaikan pidato.
Dalam berpidato sebenarnya seseorang ingin menyampaikan pesan – pesan tertentu melalui pidatonya.Sehingga pendengar pidato yang baik adalah pendengar yang mampu memahami dan menyimpulkan pesan yang ingin disampaikan orang yang berpidato. Untuk memahami dan menyimpulkan pesan pidato, ada beberapa hal yang harus kita memperhatikan, antara lain:
  • Mendengarkan pidato dengan seksama
  • Berusaha menemukan gagasan-gagasan pokok yang terungkap dalam pidato
  • Dalam mendengarkan pidato tidak melakukan aktivitas lain yang dapat mengurangi konsentrasi
  • Membuat catatan tambahan tentang informasi pendukung dallm pidato.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kesimpulan pidato diantaranya adalah: 1.Kesimpulan harus memuat seluruh hal pokok pidato. Hal pokok pidato merupakan isi atau materi dalam pidato.
2.Kesimpulan tidak menyimpang dari isi pidato.
3.Kesimpulan bukan merupakan komentar, melainkan ringkasan isi pidato.

MUATAN IPS
KERJASAMA NEGARA INDONESIA DAN NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA

Dilakukannya kerja sama antar negara - negara di asia tenggara dalam bidang sosial budaya untuk menumbuhkan serta menciptakan kerukunan dan kemajuan bersama. Negara - negara tersebut di harapkan untuk berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama tersebut guna mendukung kesejahteraan negara itu sendiri.  
Berikut contoh kerja sama indonesia dengan negara asia tenggara di bidang budaya sosial antara lain :
1.Diadakannya pesta olahraga dengan waktu dua tahun sekali yakni SEA-Games.
2.Adanya pengembangan SDM.
3.Diciptakannya peningkatan kesejahteraan.
4.Adanya pertukaran seni dan budaya.
5.Penandatanganan kesepakatan bersama mengenai bidang pariwisata di negara – negara asia tenggara.
6.Pemberian bantuan terhadap kaum - kaum wanita dan para pemuda dalam melakukan usaha - usaha pembangunan.
7.Adanya pemberian bantuan merata.
8.pertukaran pemuda dan pelajar antarnegara ASEAN.
Jadi, dapat disimpulkan Indonesia begitu berperan aktif dan ikut serta dalam upaya kerja sama tersebut yang mana untuk mendukung kesejahteraan negara indonesia sendiri. Contoh kerja sama yang paling sering kita dengar dan kita ketahui adalah adanya pesta olahraga dengan waktu dua tahun sekali yakni SEA-Games.

 Muatan Matematika
Menyelesaikan Soal Soal Tentang Balok dan Kubus
1.Sebuah bak mandi berbentuk balok dengan panjang 1,5 m, lebarnya 1 m, dan tinggi 1,2 m. Bak tersebut telah berisi 4/5 nya. Berapa liter lagi untuk memenuhi bak mandi tersebut?
Jawab:................................................ ............
2. B kolam ikan berbentuk balok-mula berisi udara sebanyak 2000 liter. Kolam dikuras hingga volume udara tersisa 2/5 dari sebelumnya. Berapa cm kedalaman udara yang tersisa di kolam jika luas kolam 10 m²?
Jawab:................................................ ............
3. Sebuah akuarium dengan ukuran 85 cm x 65 cm x 40 cm. Berapa luas akuarium itu?
Jawab:........................................................................
4. Pak dalang memiliki kotak wayang berbentuk balok. Panjang kotak wayang 1,4 meter, lebarnya 0,5 dan tinggi 0,75 meter. Kotak wayang tersebut akan dicat. Tiap m² menghabiskan biaya sebesar Rp 22.500,00. Berapa biaya yang harus dikeluarkan pak dalang untuk mengecat kotak wayang tersebut
Jawab........................................... ............................


5. Adik memiliki kotak pensil berbentuk balok dengan ukuran 20 cm, 10 cm, dan 6 cm. Tentukan volume dan luas kotak pensil tersebut
Jawab.............................................

Komentar

Postingan Populer