Materi Ajar Kelas VI F Hari Rabu tanggal 15 Januari 2020

Materi Kelas VI F Rabu, 15 - 1 - 2020
Muatan PKN
Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab adalah tiga hal berbeda, namun saling nerkaitan erat serta tidak dapat dipisahkan. Alasannya, Hak dan Kewajiban bersifat kodrati, dimana keduanya melekat sejak manusia lahir. 
Hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat. Adapun kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai masyarakat dengan rasa tanggung jawab. Sementara itu, tanggung jawab sebagai warga masyarakat adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan seseorang dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Jadi, hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara bertanggung jawab. Sebaliknya, tanggung jawab tercermin dari terlaksananya hak dan kewajiban dengan baik.
Bentuk tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negara antara lain :
1. Belajar dengan baik
2. Membela nama baik negara
3. Mengabdi kepada negara dengan penuh rasa iklas

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENENTUKAN LETAK GAGASAN UTAMA DAN KALIMAT UTAMA SUATU PARAGRAF

Teks atau bacaan terdiri dari beberapa paragraf. Paragraf yang baik memiliki beberapa syarat. Syarat tersebut berisi hanya satu ide pokok atau gagasan utama. Dan gagasan utama ada di kalimat utama.
Gagasan utama merupakan unsur penting dalam paragraf. Paragraf yang baik hanya memiliki satu gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas.

Gagasan utama sering juga disebut gagasan pokok, ide pokok, atau pikiran utama.
Pemahaman gagasan utama paragraf merupakan aspek penting untuk memahami isi paragraf secara menyeluruh.
Gagasan utama berada dalam kalimat utama. Dalam satu paragraf, kalimat utama merupakan kalimat yang lebih umum daripada kalimat-kalimat lainnya.

 Biasanya, kalimat utama terletak di awal atau di akhir paragraf.
Setidaknya ada 3 ciri kalimat utama:
  1. Bersifat umum 
  2. Kalimat yang dapat dijelaskan oleh kalimat lain 
  3. Kata kuncinya selalu diulang, baik secara langsung atau dengan kata ganti.
  4. Contoh :
(1) Bukan berlebihan bila dikatakan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya. (2) bukan hanya kaya alamnya, tetapi juga budayanya. (3) alamnya sudah jelas terlihat dari banyaknya hutan, luasnya lautan, hingga pemandangan yang begitu elok. (4) Sementara itu, flora dan faunanya juga sangat beragam.
Dari ke empat kalimat tersebut yang menjadi kalimat utama atau gagasan utama adalah kalimat yang di tandai nomor (1).
Pembahasan:
Kalimat utama pada paragraf diatas terletak di awal paragraf yang ditandai dengan nomor (1). Karena kalimat tersebut merupakan kalimat yang bersifat umum dan dapat dijelaskan oleh kalimat lainnya yang terdapat pada kalimat nomor (2), (3), (4).
Dalam kalimat utama tersebut terdapat gagasan utama yakni Indonesia merupakan negeri yang kaya.


MUATAN IPS
MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA


Proklamasi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “ Proclamatio ” yang berarti sebuah pengumuman kepada seluruh rakyatnya. Pengumunan yang dimakasud di sini adalah hal-hal yang berkaitan dengan ketatanegaraan.
Proklamasi Kemerdekaan ini merupakan sebuah pengumuman yang akan disampaikan kepada seluruh rakyatnya, yang akan mewakili kemerdekaan.  Proklamasi Kemerdekaan Pada
 Pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengarkan kabar lewat radio, bangsa Jepang sudah menyerah tanpa sekutu.
Hal ini lah yang membuat para pejuang dari Bangsa Indonesia semakin bersemangat untuk mempersiapkan kemerdekaannya. Pada saat kembalinya Soekarno dari Dalat, Sutan Syahrir kemudian meminta sang proklamator untuk mengumumkan kemerdekaan Indonesia.
Nah, pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang sudah benar-benar diterima oleh Sekutu. Kemudian pada dini hari, dibahas pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak cocok oleh Jepang.
Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarni dan juga Drs. Mohammad Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.

klamasi Bagi Bangs

Setelah mengetahui diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia, rakyat sangat bersuka cita, bahkan teriakan gembira merdeka terdengar di mana-mana, pada saat itu suasananya sangat berbeda dibandingkan dengan keseharian mereka sebelumnya.
Makna dari pembacaan proklamasi untuk rakyat dan juga Bangsa Indonesia ini, yaitu antara lain diuraikan di bawah ini:

1. Sebagai Puncak Dari Perjuangan Bangsa Indonesia

2. Sebagai Pernyataan De Facto

Proklamasi memiliki arti sebagai persetujuan fakta yang berarti kebebasan sesuai dengan kenyaataan yang ada, yang proklamsi kemerdekaan telah disampaikan ke seluruh wilayah Indonesia dan juga dunia.
Pernyataan ini benar-benar ada dan nyata, dimana pernyataan ini sudah diabadika
dimana pernyataan ini sudah diabadikan suaranya lebih dari seluruh siaran radio yang sudah ada pada saat itu.

3. Makna Proklamasi, Sebagai Awal Perjuangan Baru

Muatan SBdP
Jenis reklame Poster dan Brosur

Pengertian poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.
Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah,  pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat mengajak.
Poster juga merupakan salah satu bentuk dari seni grafis dua dimensi yang memadukan antara huruf, angka, dan gambar pada media kertas yang besar. Umumnya ditempelkan di bidang dengan permukaan yang rata, seperti dinding atau papan, di pusat-pusat keramaian.

Secara umum tujuan dari poster adalah sebagai bentuk publikasi agar dibaca oleh masyarakat luas dan mau mengikuti ajakan dari isi poster tersebut.
Adapun fungsi dari poster adalah untuk memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat akan tersampaikan melalui tulisan dan gambar yang ditampilkan.

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan staplerbenang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tetapi tidak menggunakan jilid keras. Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul.[1]

Muatan IPA
Ciri-Ciri Masa Pubertas
A. Pada Laki- Laki
Pada laki- laki perubahan fisik ini ditandai dengan beberapa hal berikut
1. Organ kelamin yang mulai berfungsi dan menghasilkan sperma dalam testis.
  1. 2. Erek spontan, pada remaja laki- laki ditandai dengan pertama kali mengalami ‘mimpi basah’ 
  2. 3. Tumbuh kumis dan jenggot.
  3. 4. Jakun mulai membesar dan tampak, yang 
  4. 5. Suara berubah menjadi lebih besar dan berat.
  5. 6. Tumbuh rambut di beberapa area (ketiak, kaki, dada, organ kelamin)
  6.  7.Ot tubuh mulai terbentuk, dengan latihan 
  7.  8.Bahu melebar melebihi panggul,dan
  8. jaringan kulit berubah, pori- pori tampak lebih besar.
  9. 9. Muncul jerawat.
  10. 10. Laki- laki tumbuh tinggi dan besar lebih cepat dan Kekuatan otot bertambah.
B. Pada Perempuan
  1. 1. Organ kelamin mulai berfungsi, produksi sel telur dimulai, rahim menjadi lebih kuat dan siap membuahi.Ditandai dengan menstruasi pertama. 
  2. 2. Payudara dan puting susu mulai timbul dan membesar, tubuh perempuan juga mulai membentuk indah. Lekukan badan mulai terlihat.
  3. 3. Tumbuh rambut di beberapa area (ketiak dan organ kelamin)
  4. 4.Suara lebih nyaring dan lembut
  5. 5. Kadang kadang muncul jerawat di wajah. 6.Lebih cepat tumbuh tinggi dan besar.
pengertian tabung rumus volume tabung rumus luas permukaan tabung

Komentar

Postingan Populer