Materi Ajar Kelas VI F Hari Kamis 23 Januari 2020

Materi Kelas VI F Hari Kamis, 23 - 1 -  2020

MUATAN  SBdP TENTANG TANGGA NADÀ DAN INTERVAL NADA
Mengetahui Jenis-Jenis Tangga Nada

Mengetahui Jenis-Jenis Tangga Nada
Tangga nada adalah  susunan nada yang disusun dengan menggunakan rumus interval nada tertentu. Interval nada adalah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. Ada yang jaraknya ½, 1, 1 ½ dan 2. Jarak inilah yang menentukan variasi nada dan jenis tangga nada. Dalam tangga nada, terdapat 3 jenis tangga nada; tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis, dan tangga nada kromatis. Di bawah ini adalah penjelasan tentang ketiganya.
Tangga Nada Diatonis
Yaitu tangga nada yang mempunyai 7 nada dan mempunyai 2 macam interval nada yaitu 1 (satu) dan ½ (setengah). Tangga nada diatonis dibagi menjadi 2 macam. Berikut ini adalah penjelasannya.
  • Tangga Nada Mayor
Tangga nada ini sangat umum digunakan untuk lagu-lagu pop yang bernuansa ceria, semangat dan bahagia.
  • Tangga Nada Minor
Tangga nada minor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu; tangga nada minor asli, tangga nada minor harmonis, dan tangga nada minor melodis. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Tangga Nada Minor Asli
Yaitu tangga nada minor yang hanya memiliki nada-nada pokok dan tanpa adanya nada sisipan. Misalnya A-B-C-D-E-F-G-A (tidak menggunakan tanda kromatis).
2. Tangga Nada Minor Harmonis
Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-7 nya dinaikkan ½ nada, pada saat naik dan turun nadanya tetap sama.
3. Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-6 dan ke-7 nya dinaikkan ½ nada pada saat naik (menggunakan simbol kres). Kemudian, diturunkan ½ (menggunakan simbol mol) nada  pada saat turun.
Tangga Nada Pentatonis
Sesuai namanya, tangga nada pentatonis, penta (lima), dan tone (nada) adalah tangga nada yang hanya menggunakan 5 nada pokok. Tangga nada ini populer dikalangan musik bluesrock n’ roll, dan variasi lagu-lagu pop. Tangga nada pentatonis dibagi menjadi 2 yaitu, slendro; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 2 – 3 – 5 – 6, dan pelog; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 3 – 4 – 5 – 7.
Tangga Nada Kromatis
Tangga nada ini menggunakan 12 nada yang berjarak 1/2. Kemudian, tangga nada kromatis ini dipengaruhi oleh tanda kromatis, yaitu tanda # (kruis) dan b (mol)
Muatan Matematika
Penilaian Harian I Bangun Ruang dan Sifat- Sifatnya
MUATAN PPKn TENTANG PENERAPAN SILA PERTAMA DAN KEDUA PANCASILA)
Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Butir-butir Pancasila tidak dapat diubah karena kandungan isi dari Pancasila tersebut sangat sesuai dengan kepribadian masyarakat Indonesia. Maka dari itu kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia harus menerapkan isi kandungan dari Pancasila tersebut, yaitu dengan :

a.           Penerapan sila pertama  “ Ketuhanan Yang Maha Esa” yang dilambangkan dengan BINTANG :

1.           Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
2.           Hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga terbina kerukunan hidup.
3.           Saling menghormati kebebasan menjalankan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya.
4.           Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.

b.           Penerapan Sila kedua “Kemanusiaan yang adil dan beradab” yang dilambangkan dengan RANTAI EMAS :

1.           Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.
2.           Saling mencintai sesama manusia.
3.           Mengembangkan sikap tenggang rasa.
4.           Tidak semena-mena terhadap orang lain.
5.           Menjunjung  tinggi nilai kemanusiaan.
6.           Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
7.           Berani membela kebenaran dan keadilan.

MUATAN SBdP TENTANG TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA

Tangga nada merupakan susunan berjenjang, misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dalam seni musik ada jenis tangga nada diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas delapan nada. Tangga nada diatonis dibagi lagi dalam dua jenis tangga nada, yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga Nada Diatonis Mayor 
Tangga nada diatonis mayor memiliki interval (jarak nada) 1 1 ½ 1 1 1 ½. Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis mayor berikut.
Diatonis Mayor
Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut.
  1. Bersifat riang gembira.
  2. Bersemangat.
  3. Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Contoh Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Pelajar.

Tangga Nada Diatonis Minor
Tangga nada diatonis minor memiliki interval (jarak nada) 1 ½ 1 1 1 ½ 1 1. Tangga nada diatonis minor ada bermacam-macam, salah satunya tangga nada diatonis minor harmonis. Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah.
Perhatikan contoh urutan tangga nada diatonis minor harmonis berikut.
Diatonis Minor
Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.
  1. Lagu bersifat sedih.
  2. Lagu kurang bersemangat.
  3. Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga, Ayat-ayat cinta dan Bubuy Bulan

Secara umum lagu bertangga nada diatonis minor bersifat sedih dan kurang bersemangat. Namun, ada pula lagu bertangga nada minor yang gembira dan bersemangat, misalnya lagu “Ayam Den Lapeh” dan “Bungong Jeumpa”. 

Komentar

Postingan Populer