Materi Ajar Kelas VI F Hari Selasa 21 Januari 2020

Materi Ajar Kelas VI F Selasa 21 - 1 - 2020

MUATAN IPA TENTANG PERBANDINGAN FISIK SEBELUM, SAAT DAN SETELAH MASA PUBERTAS

Pada anak perempuan, perubahan fisik pubertas dimulai pada usia sekitar 10 atau 11 tahun. Sebagian besar memperlihatkan beberapa tanda perkembangan di usia 13 tahun dan cenderung tak ada perubahan selanjutnya setelah usia 16 tahun.
Perubahan tubuh wanita disebabkan oleh kerja dua hormon, estrogen dan progesteron. 
Tanda pertama pubertas adalah berkembangnya payudara, lalu rambut mulai tumbuh di daerah ketiak dan pubis. Rambut kaki menebal dan bentuk tubuh berubah, dengan penambahan lemak tubuh. Rambut dan kulit mulai berminyak, yang dapat menimbulkan jerawat. Akhirnya menstruasi (haid) dimulai. Anak perempuan merasa dapat merasa lelah, serta memiliki suasana hati yang berubah-ubah, dan perasaan sensitif.
Tinggi Badan
Anak perempuan mencapai setengah tinggi dewasanya tepat sebelum ulang tahun kedua mereka; pertumbuhan cepat saat pubertas dimulai dua tahun lebih cepat pada anak perempuan daripada laki-laki
Rambut Ketiak berbulu
Perkembangan Payudara
Daerah di sekitar puting membesar dengan sejumlah kecil jaringan payudara di dalamnya
Pinggul Melebar
Pelvis dan pinggul melebar dan pinggang menyempit akibat penyebaran lemak yang dipengaruhi oleh hormon wanita.
Tumbuh Rambut Pubis di kemaluan
Perubahan Dalam Tubuh
Tingkat pertumbuhan lebih cepat di awal pubertas, sebelum mulai menstruasi, dan mencapai puncaknya pada usia sekitar 12 tahun, saat pertumbuhan mencapai 9 cm dalam setahun.
Pertumbuhan melambat, biasanya berhenti pada usia 14 dan 16, saat hormon membuat pertumbuhan epifisis di tulang panjang berosifikasi sehingga tidak lagu dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan.

MUATAN SBdP TENTANG TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA
Interval (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
  • 1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
  • 2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
  • 3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
  • 4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  • 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
  • 6. Sekt: adalah interval enam nada.
  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  • 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  • 5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
  • 6. Sekt: adalah interval enam nada.
  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  • 8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG ISI TEKS PIDATO

Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Nah, sebelum berpidato biasanya pembicara akan membuat teks pidato terlebih dahulu sebagai panduan saat berbicara di depan umum. Setelah mengetahui maknanya, sekarang kita akan mulai membedah teks pidato. Apa saja unsur dan struktur teks pidato yaitu :
A. Pembukaan
1. Salam Pembuka
Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato.
2. Ucapan Penghormatan
Bagian selanjutnya dalam pembukaan adalah ucapan penghormatan. Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi yang hadir dalam kegiatan pidato. Misalnya, jika pidato dilakukan di sekolah ucapan penghormatan dapat dimulai dari penyebutan kepala sekolah yang memiliki jabatan tertinggi di sekolah, kemudian bapak dan ibu guru pengajar, dan terakhir teman-teman yang hadir.
3. Ucapan syukur
Bagian pembukaan selanjutnya adalah ucapan syukur. Pada bagian ini, biasanya orator (orang yang berpidato) mengucapkan syukur karena dapat hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang datang.
B. Isi Pidato
Struktur yang kedua setelah pembukaan adalah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara akan menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan.
Contoh isi pidato:

Penutup
Struktur terakhir adalah penutup. Pada bagian penutup akan disampaikan kesimpulan tentang topik utama pidato. Terkadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk orang lain.
MUATAN IPA TENTANG PERAN ORANG TUA PADA MASS PUBERTAS
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menyikapi anak yang menjelang masa remaja awal, yaitu:
1. Menjalin komunikasi dua arah
2. Bekerja sama dengan guru
3. Menghilangkan persepsi “pacaran adalah penyemangat belajar
4. Memperkenalkan anak pada ajaran, norma dan nilai agama
5. Mengawasi mereka dalam penggunaan telepon pintar, tablet dan menonton televisi.
Muatan Matematika
Contoh Soal tentang Bangun Ruang
1.Tangki air berbentuk prisma persegi panjang memiliki panjang 3 m, lebar 80 cm, dan tingginya 60 cm. Tentukan volume tangki dalam satuan liter! 
2. Tentukan volume tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 21 cm! 
3. Tentukan volume limas persegi dengan panjang sisi alas 10 cm dan tingginya 12 cm
4. Tentukan volume bola yang berdiameter 40 cm! Jari-jari = 20cm !
5. Tentukan volume kerucut terpancung jika diameter alasnya 10 dm, diameter sisi atas 4 dm, dan tinggi 4 dm! Jari-jari alas = 5dm , Jari-jari atas = 2 dm !
6. Tentukan volume sebuah balok yang memiliki ukuran 6 m x 2 m x 2,5 m! 
7. Tentukan volume sebuah bola jika panjang jari-jarinya 35 mm!

MUATAN PPKN TENTANG MAKNA SILA PERTAMA PANCASILA  DAN PENERAPANNYA SEHARI-HARI

Makna Sila ke 1 Pancasila

Adapun makna sila ke 1 (satu) pancasila ialah pengakuan seluruh Bangsa Indonesia terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta ini.

Contoh Penerapan Sila Ke 1

Sila Dalam kehidupan Bermasyarakat, sangat sering terjadi dan terindikasi perbedaan – perbedaan beragama dalam menganut Agama di antaranya Agama Islam, Kristen, Dan Khatolik. Biasanya setiap manusia yang memeluk agma dalam merayakan hari raya biasanya ada sikap tolong menolong antar umat beragama.
Sila Dalam Kehidupan Sehari – Hari, Tentang Sila pertaman pancasila Misalnya adanya persatuan seorang mahasiswa yang menganut agama islam Menempuh pendidikan di dalam lembaga kristen di kaih kesempatan untuk melaksanakan sholat walaupun dalam jam Belajar.
Sila Dalam Pekerjaan, contoh kali ini dalam Sila pertama Pancasila adanya seseorang profesianal dalam bekerja di sebuah perusahaan besar Milik Agama Kristen di perbolehkan untuk Melakukan Cuti Di Hari Raya Agamanya Baik Agama Islam ataupun khong Hu Chu Bahkan sebaliknya aturan Agama – Agama Lainya.
Adapula bentuk dan pengamalan yang terkandung dalam Nilai – Nilai Sila ketuhanan yang Maha Esa sangat banyak kaitan dan berhubungan dengan Negara Dan Agama, Adapun Nilai – Nilai Tersebut Adalah :
  1. Keyakinan dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
  2. Solidaritas dan toleransi
  3. Bebas untuk melakukan Ritual Beribadah
  4. Menghormati Setiap Agama
  5. Adanya Sikap Bekerja sama dalam Beragaman
  6. Kerukunan dalam Beragama




Komentar

Postingan Populer