Langsung ke konten utama

Materi Ajar Kelas VI F Hari Selasa 14 Januari 2020

Materi Ajar Hari Selasa 14 - 1 -  2020

MUATAN IPA
PERILAKU DAN SIFAT REMAJA PADA MASA PUBERTAS
Memasuki masa remaja,biasanya terjadi pertumbuhan dan perkembangan fisik yang sangat pesat. Hal ini juga berpengaruh pada perubahan perilaku dan sifat yang dialami remaja. Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon yang dihasilkan oleh tubuh.

Ciri-ciri anak yang mengalami masa pubertas adalah sebagai berikut :
  1. Mencari pergaulan di luar keluarga, usaha melepaskan diri dari ikatan keluarga. 
  2. Minat subjektif dan sosial, timbul ke dalam batin sendiri.
  3. Kepribadian tumbuh dan si puber menemukan diri sendiri, ia mulai meneliti hidupnya.
  4. Penemuan nilai-nilai, sikapnya menjadi emosional.
  5. Daya pikir melepaskan sifat-sifat konkret dan menuju sifat-sifat abstrak.
  6. Perkembangan anak laki-laki dan anak perempuan berbeda.
  7. Anak puber mengalami sikap ketidak-tenangan, tidak seimbang dan menunjukkan sifat yang bertentangan.
MUATAN BAHASA INDONESIA
MENGGALI INFORMASI DARI TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks nonfiksi dapat ditemukan dalam artikel surat kabar atau majalah, misalnya jurnal tentang sejarah atau ilmiah, biografi, karya sastra.
Teks nonfiksi dapat dipahami isinya dengan cara membaca dengan seksama dan selanjutnya menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibaca.
Menentukan ide pokok dalamteks nonfiksi, ide pokok teks adalah inti permasalahan dari suatu teks. Ada beberapaistilah dari ide pokok teks diantaranya pikiran pokok, pikiran utama, gagasan utama.
Menemukan ide pokok penting yang didengar, dengan cara dengarkan tek nonfiksi dengan saksama, catat kata kunci, gunakan kata tanya untuk menemukan ide pokok
Membuat ringkasan teks nonfiksi,menyajikan teks nonfiksi secara lebih singkat dengan mengambil inti dari tekstersebut. Yang perlu diperhatikan membaca dengan saksama, menentukan ide pokoksetiap paragraf, menyusun ide pokok ke dalam beberapa kalimat, memperhatikanpemilihan diksi dan EYD
Selain menjelaskan informasi dengan kalimat dan tabel dapat juga dengan peta pikiran. Peta pikiran merupakan suatu cara mencatat kreatif dan efektif yang disajikan secara ringkas biasanya berbentuk cabang seperti pohon. Membuat daftar pertanyaan dan menjawab setelah itu masukan ke dalam suatu peta pikiran.
Peta pikiran yang dibuat dapat dipresentasikan dengan memperhatikan sikap tubuh yang tegap ketika presentasi, adanya kontak mata dengan pendengar, penggunaan lafal dan intonasi ketika menjelaskan, pemilihan kata yang tepat.
Ide pokok dapat dikembangkanmenjadi kalimat utama setelah terlebih dahulu menentukan ide pokok, hal yangperlu diperhatikan membaca dengan saksama
Untuk mengembangkan ide pokok menjadi paragraf nonfiksi yang perlu diperhatikan menentukan topik, membuat kosa kata sebanyak banyaknya, menuliskan ide pokok berdasarkan kosa kata yang ditentukan, membuat kalimat utama, mencari informasi tambahan untuk mendukung ide pokok, membuat kalimat pendukung, menyusun kalimat utama dan kalimat penjelas.
Cara menggali informasi denganmembaca secara saksama dan membuat pertanyaan dengan 5W1H, untuk menemukan maknakosakata dapat dicari dalam KBBI

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENENTUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS NONFIKSI

Setiap teks terdapat paragraf-paragraf yang mengandung gagasan utama,dengan cara membaca teks tersebut dengan cermat.
Gagasan utama merupakan pokok pikiran setiap paragraf.pokok pikiran setiap paragraf dapat diketahui dengan menentukan kalimat utama paragraf tersebut.
Kalimat utama dapat terletak di awal paragraf, tengah, atau akhir paragraf.

MUATAN PPKN
MANFAAT PEMENUHAN HAK SEBAGAI WARGA NEGARA

Semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang melekat atas dirinya. Pemenuhan kewajiban dan hak ini harus selaras sebab keduanya memang tidak bisa dipisahkan. Seseorang baru bisa menuntut apa yang menjadi haknya apabila kewajibannya sudah terlaksana dengan baik. Apabila hak dan kewajiban ini tidak seimbang maka muncul pelanggaran terhadak hak-hak, kekacauan, ketidakharmoniasan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pemenuhan kewajiban warga ini harus diseimbangkan dengan pemenuhan hak seperti perlindungan hukum, pendidikan dan pengajaran, fasilitas kesehatan dan lain sebagainya.

Manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara Indonesia adalah sebagai berikut:
1.Untuk mendukung tercapai dan terwujudnya tujuan nasional bangsa.
2.Untuk mempercepat proses pembangunan nasional bangsa.
3.Untuk mewujudkan pemerintahan yang ideal dan demokratis.
MUATAN SBDP
GERAK TARI KANDAGAN
Tari Kandagan merupakan tarian yang dibawakan oleh penari putri.  Tari ini merupakan kreasi baru dari pengembangan dari tari renggarini di tahun 1960 oleh tokoh pembaharu tari Sunda, Raden Tjetje Somantri. Tari ini tergolong tarian putri yang karakternya gagah. Kandagan artinya wadah, tempat menyimpan perhiasan dan barang-barang berharga lainnya. Oleh karena itu, nama tari Kandagan bisa juga dimaksudkan tempat kumpulan gerak-gerak tari.

Gerak Tari
Tari Kandagan termasuk kategori tari putri yang gagah yang artinya tari ini memerlukan keterampilan bakat dan latihan yang lama untuk menguasainya. Untuk membentuk koreografi tari Kandagan untuk pemula biasanya dimulai dengan mengolah badan untuk persiapan menari.
Tari Kandagan biasanya dipertunjukkan secara tunggal ataupun secara berbarengan. Namun jika berbarengan tentu saja dengan semua karakter penari harus sama yaitu karakter putri gagah. Gerakan tari Kandagan memiliki kekayaan gerak yang beragam yang dibangun oleh gerak pokok dan gerak peralihan

Muatan Matematika

Rumus Luas Permukaan Limas

Untuk mencari luas permukaan limas dapat di cari menggunakan rumus berikut ini.
L = Luas alas + luas selimut
L = Luas alas + 1/4 x keliling alas x tinggi segitiga

Volume Limas

Rumus untuk mencari volume limas adalah :
Volume = 1/3 x luas alas x tinggi

Contoh Soal

1. Sebuah limas memiliki alas berbentuk persegi panjang dengan panjang sisi 8 cm dan tinggi segitiga pada bidang tegak 6 cm. Hitunglah luas permukaan limas!
Jawab :
Banyak bidang tegak alas segi empat adalah 4
Luas permukaan limas = luas alas + 4(luas segitiga pada bidang tegak)
L = s x s + 4 ( 1/2 x alas x tinggi)
L = 8 x 8 + 4 (1/2 x 6 x 8)
L = 64 + 4 (24)
L = 64 + 94
L = 160 cm2
2. Sebuah limas memiliki alas berbentuk persegi dengan sisi 12 cm. Tentukan volume limas jika tingginya 30 cm!
Diketahui :
sisi alas = 12 cm
tinggi limas = 30 cm
Ditanya : volume limas?
Jawab :
V = 1/3.Luas alas.tinggi
V = 1/3.(sxs).t
V = 1/3.(12×12).30
V = 1440 cm3



    Komentar

    Postingan Populer