01-09-2025
Senin, 01 September 2025
Bahasa Indonesia dan Matematika
Fitri Daryani, S.Pd
Kelas 5B
Good morning my students....
Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.
Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
Teks Narasi
Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.
Struktur Teks Narasi:
- Orientasi → pengenalan tokoh, tempat, waktu.
- Rangkaian peristiwa → urutan kejadian atau cerita.
- Reorientasi (opsional) → penutup atau kesimpulan cerita
🔹 Ciri Kebahasaan
Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '
2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).
3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.
📖 Contoh
Singkat Narasi:
- Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
- Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.
2. Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.
🔹 Struktur Teks Deskripsi
1 Identifikasi objek → apa/siapa yang dideskripsikan.
2 Deskripsi bagian → rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.
·
Kesimpulan (opsional).
🔹 Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:
1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).
2 Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium).
3 Kalimat menggambarkan keadaan.
📖 Contoh Singkat Deskripsi:
- "Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning, dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
- "Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."
Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)
- "Cara Membuat Roti Bakar
-
Siapkan dua lembar roti tawar.
-
Olesi roti dengan mentega dan selai.
-
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
-
Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."
Siapkan dua lembar roti tawar.
Olesi roti dengan mentega dan selai.
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."
3. Teks
Prosedur
Teks prosedur
adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan
tercapai.
🔹 Struktur Teks
Prosedur:
·
Tujuan → apa yang ingin dicapai.
· Alat dan bahan (jika ada).
·
Langkah-langkah → urutan kerja.
🔹 Ciri
Kebahasaan Teks Prosedur:
- Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan).
- Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
- Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)
📖 Contoh Singkat Prosedur:
"Cara Membuat Teh Manis
Bahan: gula, teh, air panas.
Langkah-langkah:
1.
Siapkan gelas.
2.
Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.
3.
Tuangkan air panas.
4. Aduk rata dan teh manis siap diminum.
-"Cara Membuat Roti Bakar
Siapkan dua lembar roti tawar.
Olesi roti dengan mentega dan selai.
Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.
Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan
📊 Tabel Perbedaan
Jenis Teks |
Struktur
Utama |
Ciri
Kebahasaan |
Narasi |
Orientasi –
Rangkaian peristiwa – Reorientasi |
Kata waktu,
kata kerja tindakan, ada tokoh & latar |
Deskripsi |
Identifikasi
– Deskripsi bagian – Kesimpulan |
Kata sifat,
kata pancaindra, menggambarkan keadaan |
Prosedur |
Tujuan –
Alat/bahan – Langkah-langkah |
Kata kerja
imperatif, kata urutan, kata bilangan |
|
- Narasi → menceritakan kejadian.
- Deskripsi → menggambarkan sesuatu
- Prosedur → memberi petunjuk langkah-langkah.
Latihan soal
1 – Baca dan
Pahami
Bacalah
teks-teks berikut!
"Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan
kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas
dan belajar."
Teks B
"Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku
berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah
membaca."
Teks C
"Cara Membuat Jus Jeruk
Bahan: jeruk, gula, air.
Langkah-langkah:
1.
Kupas jeruk.
2.
Masukkan jeruk ke dalam blender.
3.
Tambahkan gula dan air secukupnya.
4.
Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."
Kegiatan 2 –
Identifikasi Jenis Teks
Tuliskan jenis
teks berikut ini:
1.
Teks A adalah teks …………………………………
2.
Teks B adalah teks …………………………………
3.
Teks C adalah teks …………………………………
Kegiatan 3 –
Tentukan Struktur
Lengkapilah
tabel berikut berdasarkan teks A, B, dan C!
Teks
Struktur
Contoh
Bagian dari Teks
A
………………………
………………………
B
………………………
………………………
C
………………………
………………………
Kegiatan 4 –
Ciri Kebahasaan
Sebutkan 2
ciri kebahasaan dari setiap teks yang kamu temukan!
·
Teks A (Narasi) : ……………………………………………………
·
Teks B (Deskripsi) : ……………………………………………………
·
Teks C (Prosedur) : ……
Latihan soal
1 – Baca dan
Pahami
Bacalah teks-teks berikut!
"Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan
kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas
dan belajar."
Teks B
"Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku
berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah
membaca."
Teks C
"Cara Membuat Jus Jeruk
Bahan: jeruk, gula, air.
Langkah-langkah:
1.
Kupas jeruk.
2.
Masukkan jeruk ke dalam blender.
3.
Tambahkan gula dan air secukupnya.
4.
Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."
Kegiatan 2 –
Identifikasi Jenis Teks
Tuliskan jenis
teks berikut ini:
1.
Teks A adalah teks …………………………………
2.
Teks B adalah teks …………………………………
3.
Teks C adalah teks …………………………………
Kegiatan 3 –
Tentukan Struktur
Lengkapilah
tabel berikut berdasarkan teks A, B, dan C!
Teks |
Struktur |
Contoh
Bagian dari Teks |
A |
……………………… |
……………………… |
B |
……………………… |
……………………… |
C |
……………………… |
……………………… |
Kegiatan 4 –
Ciri Kebahasaan
Sebutkan 2
ciri kebahasaan dari setiap teks yang kamu temukan!
·
Teks A (Narasi) : ……………………………………………………
·
Teks B (Deskripsi) : ……………………………………………………
· Teks C (Prosedur) : ……
Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menyelesaikan soal yang berhubungan denagn KPK dan FPB
Metode pembelajaran : PBL(Problem based Learning)
Media Pembelajaran : LCD
1.Mila les piano setiap 3 hari sekali. Imut les piano setiap 4 hari sekali, dan Eni setiap 6 hari sekali. Jikamereka les piano bersamaan pada hari Rabu. Maka mereka akan les piano bersamaan lagi pada hari .
a. a.Senin b. Selasa c. Sabtu d. Minggu
2.2.Anggun les menari setiap 6 hari sekali.Bunga les menari setiap 9 hari sekali, dan Cinta les menari setiap12 hari sekali. Jika mereka les menari pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Maka mereka akan les menari bersamaan lagi pada . . .
a. Minggu, 7 September 2023 b. Senin, 8 September 2023
C.Selasa,21 September 2023 d. Rabu, 22 September 2023
3. Satria menabung setiap 5 hari sekali. Sedangkan Tedi menabung setiap 6 hari sekali. Dan Upinmenabung setiap 10 hari sekali. Jika mula-mula mereka menabung bersamaan pada tanggal 14 Juni 2023maka mereka akan menabung bersamaan lagi pada tanggal . . .
a. 11 Juli 2023 b.12 Juli 2023 c. 13 Juli 2023 d. 14 Juli 20237
4. Irwan selalu menserviskan sepeda motor kesayangannya. Irwan mengganti oli mesin setiap 3 bulan sekali, sedangkan mengganti kampas rem setiap 5 bulan sekali, dan mengganti oli gardan sepeda motornyasetiap 6 bulan sekali. Jika mula-mula Irwan melakukan ketiga servis tersebut bersamaan pada bulanAgustus, maka Irwan akan melakukan servis ketiga tersebut bersamaan lagi pada bulan . .
a. Mei b. April c. Maret d. Februari
5. Kak Mila berbelanja ke pasar setiap 4 hari sekali, sedangkan Kak Herni berbelanja ke pasar 6 harisekali, dan Kak Rahma berbelanja ke pasar setiap 7 hari sekali. Jika mula-mula mereka berbelanja bersamaan pada tanggal 2 Maret 2023. Maka mereka akan berbelanja ke pasar bersamaan lagi pada tanggal. . . .
a. 30 Maret 2023 b. 13 April 2023 c. 17 Mei 2023 d.25 Mei 2023
Komentar
Posting Komentar