01-09-2025

 Senin, 01 September  2025

  Bahasa Indonesia dan Matematika

Fitri Daryani, S.Pd

Kelas 5B

Good morning my students....

Tabik pun ,,,!!

Apa kabar anak sholeh sholehah kelas 5B,Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT  serta tetap bersemangat di hari ini.Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.Sebelum belajar pastikan kalian melaksanakan sholat dhuha  dan membaca Al Qur'an serta morojaah juz amma.

Baiklah anak-anak semua,sebelum kita masuk ke materi  kita akan menyanyikan lagu kebiasaan anak Indonesia hebat,kita melakukan tepuk semangat selanjutnya kita akan  melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika

MATERI Bahasa Indonesia 

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD

Teks Narasi

Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara runtut.

Struktur Teks Narasi:   

  1. Orientasi pengenalan tokoh, tempat, waktu.
  2. Rangkaian peristiwa urutan kejadian atau cerita.
  3.  Reorientasi (opsional) penutup atau kesimpulan cerita

🔹 Ciri Kebahasaan 

Teks Narasi: Menggunakan kata yang menunjukkan waktu (kemudian, lalu, setelah itu) '

2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan (berlari, membaca, berjalan).

3. Ada tokoh, latar tempat, dan waktu.

📖 Contoh Singkat Narasi:

  • Pada hari Minggu, Sinta pergi ke taman. Ia bermain ayunan bersama teman-temannya. Setelah itu, mereka makan bekal bersama.
  • Pada sore hari, Rani bermain sepeda di halaman rumah. Ia berputar-putar sambil tertawa riang. Setelah lelah, Rani duduk di teras sambil minum segelas air.

2. Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau suasana secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakannya.

🔹 Struktur Teks Deskripsi  

1  Identifikasi objek apa/siapa yang dideskripsikan.

 2 Deskripsi bagian rincian bentuk, warna, ciri, sifat, atau keadaan objek.

·         Kesimpulan (opsional).

🔹 Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:

 1 Banyak menggunakan kata sifat (indah, wangi, sejuk).

Menggunakan kata pancaindra (melihat, mendengar, mencium). 

Kalimat menggambarkan keadaan.

📖 Contoh Singkat Deskripsi:

  •  "Taman sekolahku sangat indah. Bunganya berwarna-warni, ada merah, kuning,  dan putih. Udara di sana sejuk dan membuat nyaman."
  • "Kandang ayam di belakang rumahku sangat bersih. Lantainya beralaskan papan kayu, dindingnya terbuat dari bambu. Di dalamnya ada ayam berwarna putih dengan bulu yang lebat."

    Contoh Teks Prosedur (Langkah-langkah)

  • "Cara Membuat Roti Bakar

  1. Siapkan dua lembar roti tawar.

  2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

  3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

  4. Angkat, potong, dan roti bakar siap disajikan."

3. Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu agar tujuan tercapai.

🔹 Struktur Teks Prosedur:

·         Tujuan apa yang ingin dicapai.

·        Alat dan bahan (jika ada).

·         Langkah-langkah urutan kerja.

🔹 Ciri Kebahasaan Teks Prosedur:

  • Menggunakan kata kerja imperatif (cuci, ambil, masukkan). 
  • Menggunakan kata penghubung urutan (pertama, kedua, lalu, terakhir).
  • Menggunakan kata bilangan (satu sendok, dua gelas)

📖 Contoh Singkat Prosedur:

"Cara Membuat Teh Manis
Bahan: gula, teh, air panas.
Langkah-langkah:

1.   Siapkan gelas.

2.   Masukkan satu sendok gula dan satu kantong teh.

3.   Tuangkan air panas.

4.   Aduk rata dan teh manis siap diminum.

-"Cara Membuat Roti Bakar

  1. Siapkan dua lembar roti tawar.

  2. Olesi roti dengan mentega dan selai.

  3. Panggang roti di atas teflon sampai kecokelatan.

  4. Angkat, potong, dan roti bakar siap dimakan

📊 Tabel Perbedaan

Jenis Teks

Struktur Utama

Ciri Kebahasaan

Narasi

Orientasi – Rangkaian peristiwa – Reorientasi

Kata waktu, kata kerja tindakan, ada tokoh & latar

Deskripsi

Identifikasi – Deskripsi bagian – Kesimpulan

Kata sifat, kata pancaindra, menggambarkan keadaan

Prosedur

Tujuan – Alat/bahan – Langkah-langkah

Kata kerja imperatif, kata urutan, kata bilangan


 Ringkasan

  • Narasi menceritakan kejadian.
  • Deskripsi menggambarkan sesuatu
  •  Prosedur memberi petunjuk langkah-langkah.
  • Latihan soal

    1 – Baca dan Pahami

    Bacalah teks-teks berikut!

    "Pada pagi hari, Edo berangkat sekolah bersama adiknya. Mereka berjalan kaki melewati jalan setapak. Sesampainya di sekolah, Edo langsung masuk kelas dan belajar."

    Teks B
    "Perpustakaan sekolahku luas dan nyaman. Rak buku tersusun rapi, buku-buku berjejer sesuai jenisnya. Suasananya tenang, sehingga membuat siswa betah membaca."

    Teks C
    "Cara Membuat Jus Jeruk
    Bahan: jeruk, gula, air.
    Langkah-langkah:

    1.   Kupas jeruk.

    2.   Masukkan jeruk ke dalam blender.

    3.   Tambahkan gula dan air secukupnya.

    4.   Blender hingga halus, lalu tuang ke gelas."

    Kegiatan 2 – Identifikasi Jenis Teks

    Tuliskan jenis teks berikut ini:

    1.   Teks A adalah teks …………………………………

    2.   Teks B adalah teks …………………………………

    3.   Teks C adalah teks …………………………………

    Kegiatan 3 – Tentukan Struktur

    Lengkapilah tabel berikut berdasarkan teks A, B, dan C!

    Teks

    Struktur

    Contoh Bagian dari Teks

    A

    ………………………

    ………………………

    B

    ………………………

    ………………………

    C

    ………………………

    ………………………

    Kegiatan 4 – Ciri Kebahasaan

    Sebutkan 2 ciri kebahasaan dari setiap teks yang kamu temukan!

    ·         Teks A (Narasi) : ……………………………………………………

    ·         Teks B (Deskripsi) : ……………………………………………………

    ·         Teks C (Prosedur) : ……

Tujuan Pembelajaran : Murid dapat menyelesaikan soal yang berhubungan denagn KPK dan                                                 FPB

Metode pembelajaran :    PBL(Problem based Learning)

Media Pembelajaran :      LCD

MATERI MATEMATIKAKPK dan FPB
Mencari KPK dan FPB dengan Faktorisasi
- KPK dapat dicari dengan cara mengalikan semua faktor prima kedua bilangan atau lebih. Dengan catatan jika ada faktor prima yang sama dapat dipih salah satu faktor prima yang jumlahnya lebih banyak (pangkatnya lebih besar

- FPB dapat ditemukan dengan mengalikan faktor prima yang dimiliki oleh kedua bilangan atau lebih, dengan catatan jika ada faktor prima yang sama, dipilih salah satu faktor prima yang jumlahnya lebih sedikit (pangkatnya lebih kecil)

Agar lebih mudah memahami KPK dan FPB, perhatikan contoh soal berikut ini



125 = 5 x 5 x 5 = 53

250 = 2 x 5 x 5 x 5 = 2 x 53

KPK = 53 X 2 = 250

FPB = 53 = 125

2. Berapa KPK dan FPB dari 105 dan 135?

 

105 = 3 x 5 x 7

135 = 3 x 3 x 3 x 5 = 33 x 5

KPK = 33 x 5 X 7 = 945

FPB = 3 X 5 = 15

Baca juga:
Apa Perbedaan KPK dan FPB? Ini Penjelasannya
Menggunakan Bilangan Prima
Dalam mencari KPK dan FPB dapat menggunakan bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang lebih besar dari 1 dan tidak memiliki faktor kecuali dirinya sendiri. Contoh bilangan prima adalah 3,5,7, 11, 13, 17, 19, 23, dan seterusnya.

Contohnya:

Menentukan FPB
Tentukan FPB dari 35 dan 42

35 = 5 x 7

42 = 2 x 3 x 7

Lalu identifikasi faktor prima dari kedua bilangan di atas. Pilih bilangan yang memiliki faktorisasi yang sama, yaitu angka 7.

Nilai FPB adalah nilai bilangan yang sama dan memiliki pangkat yang lebih kecil. Maka, nilai FPB dari 35 dan 42 adalah 7.

Menentukan KPK
Dalam mencari KPK juga menggunakan faktorisasi prima yaitu mengalikan semua bilangan faktor dan jika ada yang sama ambilah nilai yang paling terbesar, jika keduanya sama maka ambil salah satunya.

Misalnya tentukan KPK dari 30 dan 48

30 = 2 x 3 x5

48 = 2 x 2 x 2 x 2 x 3 = 24 x 3

KPK dari 30 dan 48 adalah 24 x 3 x 5 = 240

-24 diambil karena dari masing-masing bilangan ada faktor prima 2 dengan pangkat yang berbeda dan pangkat terbesar di antara keduanya adalah pangkat 4.
-3 merupakan faktor prima yang sama dari kedua bilangan, diambil salah satu saja.
-5 merupakan faktor prima yang hanya dimiliki 30, jadi langsung dikalikan.
SOAL LATIHAN

1.Mila les piano setiap 3 hari sekali. Imut les piano setiap 4 hari sekali, dan Eni setiap 6 hari sekali. Jikamereka les piano bersamaan pada hari Rabu. Maka mereka akan les piano bersamaan lagi pada hari .

a.     a.Senin      b. Selasa        c. Sabtu          d. Minggu 

2.2.Anggun les menari setiap 6 hari sekali.Bunga les menari setiap 9 hari sekali, dan Cinta les menari setiap12 hari sekali. Jika mereka les menari pada hari Minggu, 13 Agustus 2023. Maka mereka akan les menari bersamaan lagi pada . . .

a. Minggu, 7 September 2023               b. Senin, 8 September 2023

C.Selasa,21 September 2023                 d. Rabu, 22 September 2023

3. Satria menabung setiap 5 hari sekali. Sedangkan Tedi menabung setiap 6 hari sekali. Dan Upinmenabung setiap 10 hari sekali. Jika mula-mula mereka menabung   bersamaan pada tanggal 14 Juni 2023maka mereka akan menabung bersamaan lagi pada tanggal . . . 

a. 11 Juli 2023                        b.12 Juli 2023             c. 13 Juli 2023                d. 14 Juli 20237

  4. Irwan selalu menserviskan sepeda motor kesayangannya. Irwan mengganti oli mesin setiap 3   bulan sekali, sedangkan mengganti kampas rem setiap 5 bulan sekali, dan mengganti oli gardan sepeda motornyasetiap 6 bulan sekali. Jika mula-mula Irwan melakukan ketiga servis tersebut bersamaan pada bulanAgustus, maka Irwan akan melakukan servis ketiga tersebut bersamaan lagi pada bulan . . 

    a. Mei     b. April                     c. Maret                     d. Februari

5. Kak Mila berbelanja ke pasar setiap 4 hari sekali, sedangkan Kak Herni berbelanja ke pasar 6 harisekali, dan Kak Rahma berbelanja ke pasar setiap 7 hari sekali. Jika mula-mula mereka berbelanja bersamaan pada tanggal 2 Maret 2023. Maka mereka akan berbelanja ke pasar bersamaan lagi pada tanggal. . . .

    a. 30 Maret 2023                b. 13 April 2023        c. 17 Mei 2023                     d.25 Mei  2023

Refleksi Kegiatan Pembelajaran Hari ini
Alhamdulillah murid sebagian besar dapat Membedakan struktur dan ciri kebahasaan teks narasi, deskripsi, dan prosedur secara sederhana untuk mapel matematika murid dapat memahami menyelesaikan soal yang berhubungan dengan KPK dan FPB

Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran hari Ini












Komentar

Postingan Populer